Ini 5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Bumil

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Januari 2024

“Bumil perlu mencukupi asupan asam folat untuk mencegah masalah tumbuh kembang pada janin. Beberapa rekomendasi produknya, yaitu Blackmores I-Folic, Folamil Genio, Folavit, Folavicap, dan Hy-Folic.”

Ini 5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk BumilIni 5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Bumil

DAFTAR ISI

Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Perkuat Imun dengan Infus Immune Booster di Rumah Pakai Halodoc


Halodoc, Jakarta – Asam folat adalah versi sintetis dari vitamin folat atau yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Jenis vitamin ini berguna untuk membantu tubuh membuat sel darah merah yang sehat.

Bagi ibu hamil, asam folat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, tengkorak, serta sumsum tulang belakang janin di dalam kandungan. Vitamin ini juga mampu mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat tak hanya diperlukan selama kehamilan berlangsung, tetapi juga masa sebelum kehamilan. Calon ibu membutuhkan 400 mcg asam folat setiap hari sampai kehamilannya menginjak 12 minggu.

Ini beberapa rekomendasi produk asam folat yang bisa ibu konsumsi:

1. Blackmores I-Folic 60 Tablet

Blackmores I-Folic menjadi rekomendasi produk asam folat pertama yang berisi 60 tablet. Suplemen ini berisi kombinasi antara yodium dan asam folat yang berperan dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Asupan asam folat yang cukup disertai dengan diet gizi seimbang dapat mengurangi resiko neural tube defect pada janin. Yodiumnya sendiri berperan penting untuk menyeimbangkan kadar hormon tiroid.

Rentang harga: Rp113.100 – Rp116.500 per botol.

Dapatkan Blackmores I-Folic 60 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Folamil Genio 30 Kapsul

Folamil Genio tersedia dalam bentuk kapsul dan mengandung asam dokosaheksaenoat (DHA), multivitamin, dan mineral yang diperlukan bumil. Kombinasi dari nutrisi tersebut berperan penting dalam perkembangan sistem saraf dan otak janin. 

Penggunaan Folamil Genio harus sesuai dengan petunjuk dan rekomendasi dari dokter dan tidak disarankan untuk ibu hamil yang mengidap hipersensitif. Umumnya dikonsumsi 1 kapsul lunak per hari setelah makan.

Rentang harga: Rp154.800 per botol

Dapatkan Folamil Genio 30 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Folavit 400 mcg 10 Tablet

Folavit 400 mcg 10 Tablet adalah suplemen asam folat yang berfungsi untuk membantu memelihara sistem saraf, dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

Folavit bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan, tetapi tidak bisa dipakai sebagai obat tunggal pada terapi anemia pernisiosa dan defisiensi vitamin B12. Suplemen ini juga tidak bisa dipakai untuk tujuan terapi jangka panjang.

Rentang harga: Rp12.600 – Rp13.700 per strip.

Dapatkan Folavit 400 mcg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Ada juga beberapa rekomendasi vitamin ibu hamil lainnya yang efektif membantu menjaga kesehatan tubuh. Ketahui produknya dalam artikel ini: Catat, Ini 9 Rekomendasi Vitamin Ibu Hamil yang Bagus

4. Folavicap 1000 mcg 10 Tablet

Fungsi utama dari Folavicap 1000 mcg 10 Tablet adalah membantu proses perkembangan otak dan saraf janin. Suplemen ini juga berguna untuk membantu memproduksi asam deoksiribonukleat (DNA) dan pembentukan sel darah merah.

Folavicap tersedia dalam dua varian dosis, yaitu Folavicap 400 mcg dan Folavicap 1000 mcg. Kamu bisa menggunakannya salah satunya sesuai dengan kebutuhan. Ibu hamil bisa mengonsumsi 1 tablet per hari dalam ukuran 1000 mcg.

Rentang harga: Rp22.200 – Rp28.000 per strip.

Dapatkan Folavicap 1000 mcg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Hy-Folic 2 Strip (6 Tablet/Strip)

Rekomendasi suplemen asam folat yang terakhir adalah merek Hy-Folic 2 Strip (6 Tablet/Strip). Suplemen ini berfungsi untuk mencegah sekaligus mengobati defisiensi folat, termasuk darah rendah (anemia).

Dosis penggunaannya dan jangka waktunya akan tergantung dari gangguan yang mendasari. Suplemen ini biasanya dikonsumsi dalam rentang waktu 4 minggu hingga 4 bulan lamanya.

Rentang harga: Rp56.700 – Rp60.200 per 2 strip.

Dapatkan Hy-Folic 2 Strip (6 Tablet/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi vitamin asam folat yang bisa didapatkan melalui Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli dan dikirim dari apotek tepercaya!

Diskusikan dengan dokter spesialis kandungan jika memiliki masalah atau keluhan yang berlangsung selama kehamilan. Dapatkan juga saran kesehatan yang sesuai dengan gangguan untuk mencegah komplikasi lanjutan.

Perkuat Imun dengan Infus Immune Booster di Rumah Pakai Halodoc

Sebagai sistem pertahanan tubuh, sistem imun tentu harus selalu berfungsi dengan baik. Namun, tak jarang sistem imun terganggu sehingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Cara yang paling tepat dan bisa kamu lakukan adalah infus immune booster cukup di rumah saja dengan layanan Halodoc Home Lab.

Saat ini, kamu tak perlu lagi pergi ke klinik atau antre di rumah sakit, lho!

Sebab, kamu bisa melakukan Infus Immune Booster dari rumah dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya).

Layanan dari Halodoc Home Lab akan mendatangkan tenaga medis profesional ke rumah atau lokasi mana pun yang kamu pilih untuk melakukan Infus Immune Booster.

Ada beberapa keunggulan dari layanan vitamin booster di Halodoc:

✔ Injeksi Vitamin diberikan 100% oleh tenaga medis profesional. 

✔ Vitamin yang diberikan terdaftar di BPOM.

✔ Vitamin diberikan sesuai dosis harian.

✔ Petugas profesional dan responnya cepat. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Vitamin diberikan secara aman dan steril. 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi. 

✔ Tak perlu antre.

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Aman, nyaman dan praktis.

Jadi, kapan saja kamu atau keluarga hendak mendapatkan asupan vitamin tambahan untuk perkuat sistem imun, cukup pesan langsung melalui Halodoc. Caranya, download dan buka layanan Home Lab, lalu, pilih menu Infus Immune Booster.

Setelah memilih profil yang hendak mendapatkan Infus Immune Booster, admin Home Lab akan menghubungi melalui WhatsApp untuk mengonfirmasi jadwal dan alamat. 

Booking Injeksi Vitamin C di Rumah Lebih Mudah Lewat Halodoc.

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa order dengan cara menghubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2024. About folic acid.
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Vitamins, supplements and nutrition in pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan