4 Ramuan Alami Menghilangkan Mata Ikan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Januari 2023

“Ada berbagai ramuan alami yang bisa menghilangkan mata ikan di kaki. Beberapa di antaranya menggunakan bawang putih hingga kunyit.”

4 Ramuan Alami Menghilangkan Mata Ikan4 Ramuan Alami Menghilangkan Mata Ikan

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami munculnya penebalan kulit yang berbentuk bulat dengan kondisi nyeri? Wah, bisa jadi kondisi ini menunjukkan gejala mata ikan. Selain menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas, mata ikan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan kulit.

Kondisi ini umumnya terjadi akibat adanya gesekan dan tekanan yang berulang pada salah satu bagian kulit. Selain menggunakan pengobatan secara medis, mata ikan juga bisa kamu atasi menggunakan berbagai ramuan yang terbuat dari bahan-bahan alami maupun obat herbal.

Inilah Ramuan Alami untuk Menghilangkan Mata Ikan

Mata ikan merupakan gangguan kulit yang tidak berbahaya. Namun, kondisi ini bisa memicu rasa tidak nyaman saat beraktivitas. Bukan hanya pada bagian kaki, mata ikan juga bisa terjadi pada tangan, khususnya bagian jari tangan dan jari kaki.

Mata ikan bisa terjadi akibat adanya gesekan dan tekanan secara berulang pada salah satu bagian tubuh. Biasanya, hal ini terjadi akibat beberapa faktor, seperti:

  • Penggunaan sepatu yang terlalu kecil.
  • Tidak mengenakan kaus kaki saat menggunakan sepatu.
  • Memainkan alat musik dengan jari tangan.
  • Melakukan kegiatan yang menggunakan tangan, seperti mencangkul.

Namun jangan khawatir, mata ikan bisa diatasi dengan pengobatan secara medis dan alami.

Pengobatan secara medis biasanya dilakukan mengoleskan krim khusus: Ini Pilihan Obat Mata Ikan yang Bisa Dicoba.

Kemudian memperban bagian yang mengalami mata ikan agar tidak terpapar bakteri sehingga memicu infeksi.

Kamu juga bisa mengatasi mata ikan di kaki dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari berbagai bahan alami.

Namun ingat, alangkah lebih baik untuk bertanya dulu dengan dokter mengenai keamanana penggunaan bahan alami ini. Sebab bisa saja bahan-bahan ini malah bisa menyebabkan efek samping lain yang tidak kamu inginkan.

Beberapa bahan alami yang mungkin bisa kamu coba, seperti:

1. Bawang putih

Bawang putih bukan hanya membuat cita rasa masakan kamu semakin lezat. Namun, antioksidan dalam bawang putih mampu membantu kamu mengatasi mata ikan karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

Caranya haluskan bawang putih dan bubuhkan di atas mata ikan. Kemudian, tutup dengan perban yang bersih. Biarkan selama satu malam.

Bersihkan mata ikan menggunakan air hangat pada pagi hari. Keringkan dan gunakan pelembap untuk membuat mata ikan membaik.

2. Lemon

Kandungan asam dalam lemon membantu kamu untuk mengatasi mata ikan secara perlahan. Kamu bisa memotong tipis lemon dan meletakkannya pada bagian mata ikan yang telah bersih.

Diamkan selama satu malam dengan ditutup menggunakan perban yang bersih. Kamu bisa menggunakan cara ini secara rutin setiap malam hingga mata ikan benar-benar menghilang.

3. Bawang bombay dan cuka apel

Kamu juga bisa membuat ramuan alami untuk mengatasi mata ikan dengan menggunakan cuka apel dan bawang bombay.

Caranya, iris bawang bomay dan campurkan dengan cuka apel di dalam wadah. Diamkan beberapa jam sebelum digunakan.

Kamu bisa gunakan ramuan ini pada malam hari, saat kondisi mata ikan sudah bersih.

Tempel bawang bombay yang telah direndam cuka apel pada mata ikan. Tutup dengan perban dan biarkan selama satu malam. Hindari menggunakan ramuan ini pada mata ikan yang sudah mengalami infeksi.

4. Kunyit

Gunakan bubuk kunyit dan campurkan dengan air hingga berubah menjadi pasta. Kemudian, oleskan pasta kunyit pada mata ikan. Tunggu hingga kering kemudian bersihkan.

Lakukan sebanyak dua kali dalam satu hari. Penggunaan pasta kunyit secara rutin membuat mata ikan bisa pulih dengan baik.

Penggunaan bahan-bahan alami ini bukanlah sebagai pengobatan utama. Bila perlu tanyakan pada dokter mengenai khasiat pengobatan alami ini.

Jika terdapat efek samping atau keluhan pada mata ikan, segera tanyakan langsung pada dokter menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Corn and Calluses.
The Healthy. Diakses pada 2023. 8 Reliable Home Remedies for Corns and Calluses.
Best Health. Diakses pada 2023. 10 Reliable Home Remedies for Corns and Calluses.
Times of India. Diakses pada 2023. Treat Stubborn Corns with These Home Remedies.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan