4 Tips agar Selalu Tenang saat Menstruasi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Maret 2021
4 Tips agar Selalu Tenang saat Menstruasi4 Tips agar Selalu Tenang saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu tiba-tiba ingin menangis atau marah tanpa alasan yang jelas ketika mendekati tanggal menstruasi? Bukan asal, kondisi ini dikenal dengan istilah mood swing PMS. Perubahan suasana hati ini bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari, lho, salah satunya adalah sulit berkonsentrasi karena emosi yang tidak stabil.

Perubahan suasana hati karena premenstrual syndrome (PMS) belum diketahui secara pasti penyebabnya. Namun, diyakini kalau kondisi ini ada kaitannya dengan kadar hormon estrogen yang tidak stabil selama siklus menstruasi berlangsung.

Tidak hanya itu, berbagai gejala pra menstruasi lainnya, seperti perut kembung, jerawat, badan pegal-pegal, dan nyeri pada payudara juga semakin membuat suasana hati menjadi tidak menentu.

Baca juga: Pemahaman Tentang Menstruasi yang Masih Keliru

Tips agar Selalu Tenang saat Menstruasi

Tentu kamu tidak ingin suasana hati yang buruk berdampak pada aktivitas sehari-hari, bukan? Nah, agar bisa selalu tenang saat menstruasi, beberapa tips berikut ini mungkin bisa kamu coba lakukan: 

1. Perbaiki Pola Makan

Pertama, coba perbaiki pola makan ketika kamu sedang mengalami perubahan suasana hati kala menstruasi. Misalnya, batasi asupan garam, lemak, dan gula. Hindari pula makanan maupun minuman yang mengandung kafein maupun minuman beralkohol.

Pasalnya, makanan dan minuman tersebut justru akan membuat pencernaan menjadi kurang nyaman. Kamu akan merasakan gejala, seperti mual dan perut kembung, dan ini sudah pasti akan membuat kamu semakin tidak nyaman. Bahkan, makanan atau minuman dengan kandungan gula yang tinggi, alkohol, dan kafein juga dapat membuat mood swing semakin memburuk.

Sebagai gantinya, penuhi asupan nutrisi harian tubuh dengan makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang, seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, kalsium, dan asam lemak omega-3. Agar perut tidak cepat penuh atau kembung, makanlah dengan porsi lebih kecil dan tingkatkan frekuensinya.

Baca juga: Ini Bahaya Tidak Membersihkan Menstruasi dengan Bersih

2. Olahraga Teratur

Tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan tubuh, olahraga secara teratur juga membantu memperbaiki suasana hati. Aktivitas ini ternyata membantu meningkatkan produksi hormon bahagia.

Agar kamu tidak malas olahraga, pilihlah jenis olahraga yang kamu sukai, seperti berjalan kaki, bersepeda, atau bermain tenis, sehingga kamu tetap konsisten melakukannya. Tidak harus lama, cukup 30 sampai 45 menit saja setiap hari..

3. Kelola Stres dengan Baik

Stres memang menjadi hal yang normal. Akan tetapi, jika kamu tidak mampu mengendalikan atau mengelolanya dengan baik, stres justru akan membuat suasana hatimu semakin buruk. Mengelola stres sebenarnya tidak sulit, kamu bisa melakukan yoga, meditasi, atau menjalani hobi.

4. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Gejala menstruasi, seperti nyeri perut akan membuat tidak nyaman dan semakin memperburuk mood swing yang kamu alami. Agar tidak terjadi, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Namun, jika kamu ragu, sebaiknya tanyakan dulu pada dokter. Jangan lupa pakai aplikasi Halodoc. ya, karena aplikasi ini sudah bisa kamu pakai untuk tanya jawab dengan dokter dan membeli obat tanpa perlu keluar rumah. 

Baca juga: Siklus Menstruasi Tak Teratur? Awasi 5 Penyakit Ini

Penerapan tips di atas diharapkan mampu mengendalikan suasana hati dan emosimu, sehingga kamu akan selalu tenang ketika menstruasi datang di saat kamu harus aktif bergerak.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. How to Deal with Premenstrual Mood Swings.
Web MD. Diakses pada 2021. Premenstrual Syndrome (PMS).
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Premenstrual Syndrome (PMS).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan