Ini 9 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah dengan Mudah dan Ampuh

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Oktober 2023

“Masalah flek hitam dapat dipicu oleh paparan sinar matahari secara berlebihan. Kamu bisa mengaplikasikan pepaya, kunyit, minyak almond, yoghurt, dan tomat sebagai cara menghilangkan bintik di wajah.”

Ini 9 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah dengan Mudah dan AmpuhIni 9 Cara Menghilangkan Bintik-Bintik di Wajah dengan Mudah dan Ampuh

Halodoc, Jakarta – Bintik hitam di wajah terjadi akibat hiperpigmentasi, karena wajah terlalu banyak memproduksi melanin. Faktor lainnya, yaitu paparan matahari, jaringan parut, penuaan, dan lain-lain. 

Secara kasat mata tampilannya memang tidak mengganggu.  Namun, bagi seseorang yang selalu aktif di depan kamera, bintik kehitaman lambat laun dapat menurunkan rasa percaya diri. 

Nah, mau tahu cara menghilangkan bintik di wajah? Berikut ulasannya!

Cara Menghilangkan Bintik di Wajah dengan Bahan Alami

Bagaimana cara menghilangkan bintik di wajah? Kamu perlu melakukan perawatan tepat untuk menyamarkan bintik hitam pada wajah.

Untuk menyamarkan dan menghilangkan bintik hitam di wajah, kamu bisa menggunakan buah, rempah, atau minyak esensial. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal dan mempercepat penyembuhan.

1. Tomat

Sebuah penelitian yang terbit pada British Journal of Dermatology dengan judul Tomato Paste Rich in Lycopene Protects Against Cutaneous Photodamage in Humans in vivo: a Randomized Controlled Trial, mengatakan bahwa kandungan likopen dalam tomat mampu mencegah kerusakan kulit dari paparan sinar matahari.

Hal ini dapat membantu kamu dalam menurunkan risiko munculnya bintik hitam pada kulit. Bukan itu saja, kandungan likopen juga bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit dalam jangka panjang.

Jadi, jangan ragu untuk menggunakan tomat sebagai cara menghilangkan bintik di wajah yang efektif. 

2. Lemon

Lemon menjadi salah satu bahan alami yang mengandung vitamin C sangat tinggi. Nah, kandungan vitamin C dalam lemon ini yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bintik di wajah.

Namun, menurut sebuah studi pada Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, dengan judul Vitamin C Prevents Ultraviolet-induced Pigmentation in Healthy Volunteers: Bayesian Meta-analysis Results from 31 Randomized Controlled versus Vehicle Clinical Studies, tidak semua orang bisa melakukan perawatan ini.

Studi hanya dilakukan pada orang dewasa dengan warna kulit terang. Untuk itu, sebaiknya jangan melakukan perawatan menggunakan lemon setiap hari pada kulit. 

Untuk menggunakannya, oleskan air perasan lemon pada area bintik hitam. Kemudian, biarkan selama 10 menit. Jika memiliki kulit sensitif, campurkan 1 sendok makan jus lemon dan 1 sendok makan air atau air mawar. Tepuk perlahan ke kulit, kemudian bilas hingga bersih.

3. Kunyit

Dalam menghilangkan bintik hitam, kunyit bekerja dengan menghambat produksi melanin kulit yang memicu hiperpigmentasi. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan masker kunyit yang dicampur dengan madu.

Menurut studi di The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, yang berjudul Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review, penggunaan masker kunyit selama empat minggu secara rutin mampu mengatasi bintik hitam sebesar 14 persen.

Selain bintik hitam, komedo jadi salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Ketahui di sini cara menghilangkannya: Ini 9 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung dengan Cepat

4. Minyak almond

Cara menghilangkan bintik di wajah selanjutnya adalah dengan masker minyak almond. Vitamin E dan niasin di dalamnya dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan memperbaiki warna kulit.  

Selain itu, minyak almond mengandung non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan peradangan kulit.

Jika kamu menggunakannya secara rutin, risiko flek hitam akan menurun.

5. Yoghurt

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan menggunakan yoghurt. Di dalamnya terkandung asam laktat atau AHA, yang dapat memperbaiki warna kulit dan memudarkan bintik hitam karena penuaan.

6. Buttermilk

Kamu bisa menggunakan buttermilk sebagai cara menghilangkan bintik di wajah. Caranya, oleskan buttermilk ke bintik-bintik gelap dan biarkan selama 15-20 menit. Kemudian, bilas dengan air hangat dan akhiri dengan menggunakan serum serta pelembab wajah.

Kamu juga bisa melihat rekomendasi masker alami untuk menghilangkan bintik hitam atau flek wajah dengan membaca artikel ini: Ini 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Masker Alami

7. Pepaya

Studi Effect of a quality-controlled fermented nutraceutical on skin aging markers: An antioxidant-control, double-blind study yang terbit pada Experimental and Therapeutic Medicine menemukan, pepaya memiliki kandungan antioksidan.

Antioksidan ini lah yang dapat meningkatkan efek antipenuaan kulit. Penelitian ini melibatkan 60 pria dan wanita sehat bukan perokok berusia 40-65 tahun, yang semuanya menunjukkan tanda-tanda klinis penuaan kulit.

Hasilnya, subjek yang memakan pepaya menunjukkan perbaikan biologis dan regulasi gen yang konsisten pada kulit. Mereka mengalami penurunan tanda-tanda penuaan pada kulitnya.

Selain kamu makan, cara menghilangkan bintik di wajah dengan pepaya dapat dilakukan melalui eksfoliasi. Buah ini mengandung alpha hydroxy acids (AHA) yang  meningkatkan produksi kolagen.

Dengan meningkatnya produksi kolagen, bintik hitam pun dapat tersamarkan. Selain itu, kandungan AHA dalam buah pepaya juga mampu menghilangkan sel kulit mati yang menjadi salah satu pemicu bintik hitam.

8. Daun parsley

Untuk menggunakan daun parsley sebagai cara menghilangkan bintik di wajah, kamu bisa mencampur 1 cangkir peterseli cincang, ½ sdt soda kue, dan 1 sdm yoghurt dalam mangkuk. 

Kemudian, oleskan masker ke wajah, leher, dan dada, lalu biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan menggunakan serum serta pelembab sesuai jenis kulit. Lakukan seminggu 2 kali.

9. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan dini. Caranya, kamu bisa mengoleskan gel pada area yang bermasalah.

Selanjutnya, biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakannya pada pagi dan sore hari. Lanjutkan dengan menggunakan serum dan pelembap.  

Jika flek hitam tak dapat memudar dengan bahan alami di atas, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui langkah penanganan sesuai dengan jenis kulitmu.

Cara Mencegah Flek Hitam di Wajah

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan, contohnya:

  • Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, bahkan saat tidak bepergian. 
  • Kenakan topi bertepi lebar dan kacamata hitam untuk lebih melindungi kulit.
  • Rawat kondisi kulit, seperti jerawat, karena dapat menyebabkan peradangan dan menimbulkan flek hitam.
  • Hindari paparan sinar matahari antara jam 10 pagi hingga 4 sore.
  • Pilih produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C, retinol, dan asam kojik untuk membantu mencerahkan kulit.
  • Bersihkan wajah secara teratur guna mencegah penumpukan kotoran dan minyak.
  • Lakukan eksfoliasi 1 hingga 2 kali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendorong regenerasi kulit yang sehat.
  • Hindari merokok karena berpotensi merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini serta munculnya flek hitam.
  • Konsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas.
  • Jangan menggaruk atau menggosok wajah secara berlebihan, karena ini dapat merusak dan memperburuk masalah kulit. 
  • Gunakan produk perawatan kulit yang lembut dan tidak mengiritasi. Sebab, iritasi yang dapat memicu flek hitam.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Untuk menunjang kesehatan kulit, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin yang dibutuhkan.

Jika tak kunjung membaik, segera hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc untuk mendapatkan saran perawatan yang tepat. Klik gambar di bawah ini untuk mulai konsultasi.

chat dokter halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. How to get rid of dark spots on the face.
Pure Fiji. diakses pada 2023. 12 DIY NATURAL REMEDIES: HOW TO GET RID OF DARK SPOTS ON FACE.
British Journal of Dermatology. Diakses pada 2023. Tomato Paste Rich in Lycopene Protects Against Cutaneous Photodamage in Humans in vivo: a Randomized Controlled Trial.
Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses pada 2023.Vitamin C Prevents Ultraviolet-induced Pigmentation in Healthy Volunteers: Bayesian Meta-analysis Results from 31 Randomized Controlled versus Vehicle Clinical Studies.
The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses pada 2023. Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan