5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 Oktober 2023

“Eksfoliasi merupakan perawatan wajah yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga wajah semakin cerah dan bersinar. Bila ingin melakukannya di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar aman dan tidak merusak kulit wajah.”

5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman di Rumah5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Aman di Rumah

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu apa itu eksfoliasi? Cara eksfoliasi wajah satu bagian penting dalam perawatan wajah yang perlu kamu lakukan secara berkala.

Jadi, eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati dari lapisan atas kulit. Prosedur perawatan wajah ini bermanfaat untuk meningkatkan penampilan kulit dan mendorong sirkulasi yang baik, sehingga wajah tampak cerah dan sehat.

Sekarang ini, kamu sudah bisa mendapatkan berbagai produk eksfoliasi dengan mudah. Dengan begitu, kamu bisa melakukan perawatan kecantikan ini sendiri di rumah.

Cara Eksfoliasi Wajah di Rumah

Meski begitu, kamu perlu berhati-hati saat melakukan eksfoliasi wajah. Pasalnya, perawatan wajah ini juga berpotensi merusak atau mengiritasi kulit wajah. Karena itu, ketahui cara eksfoliasi wajah yang aman di rumah.

Ada dua cara yang bisa kamu coba untuk eksfoliasi wajah yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kulit, yaitu mekanis dan kimiawi. Eksfoliasi wajah mekanis memakai alat seperti sikat atau spons, scrub untuk mengangkat sel kulit mati secara fisik.

Sementara itu, apa itu eksfoliasi wajah kimiawi memakai bahan kimia, seperti asam alfa dan beta hidroksi, untuk melarutkan sel-sel kulit mati dengan lembut. Agar tidak merusak kulit, simak langkah eksfoliasi wajah yang aman dan menjadi rekomendasi oleh para ahli kulit berikut ini:

1. Pertimbangkan skincare yang kamu pakai

Beberapa obat dan produk bisa menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif atau mengelupas. Contohnya, krim retinoid resep dokter atau produk dengan kandungan retinol atau benzoil peroksida.

Melakukan eksfoliasi wajah saat menggunakan produk tersebut bisa memperburuk kulit kering, bahkan menyebabkan jerawat.

2. Pilih cara eksfoliasi wajah sesuai jenis kulit

Bagi pemilik kulit kering, kamu perlu menggunakan langkah eksfoliasi kimiawi. Sebab, mengelupas kulit mati dengan alat (mekanis) bisa menyebabkan atau memperburuk iritasi.

Sementara itu, bagi pemilik kulit sensitif, kamu perlu menggunakan bahan kimia yang ringan untuk eksfoliasi kulit. Lalu, bagi pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat, eksfoliasi menggunakan scrub atau eksfoliator bisa memberikan manfaat yang optimal. Agar tidak salah, Intip Cara Tepat Eksfoliasi Kulit yang Mudah Berjerawat.

Kemudian, pemilik kulit normal bisa menggunakan cara apa saja saat melakukan eksfoliasi, baik mekanis atau kimiawi untuk mengangkat sel kulit mati. Terakhir, pemilik kulit kombinasi perlu menggunakan kombinasi eksfoliasi wajah mekanis dan kimiawi. 

Namun, jangan menggunakan kedua cara sekaligus pada hari yang sama karena bisa mengiritasi kulit.

3. Eksfoliasi dengan lembut

Bila kamu menggunakan scrub atau eksfoliator kimia, aplikasikan produk dengan lembut menggunakan gerakan melingkar yang kecil.

Lakukan cara tersebut selama 30 detik, lalu bilas dengan air hangat (bukan air panas). Sementara itu, jika menggunakan sikat atau spons, gunakan alat tersebut dengan cara membuat sapuan ringan yang pendek.
Manfaat eksfoliasi tidak hanya sebatas mengangkat sel kulit mati.

Melalui artikel Tampil Cantik, Ini 6 Manfaat Eksfoliasi Wajah, kamu bisa mengetahui manfaat lainnya. Akan tetapi, sebaiknya, kamu tidak melakukan eksfoliasi bila kulit kamu sedang terluka atau terbakar sinar matahari.

4. Gunakan pelembab setelah eksfoliasi wajah

Ingat, apa itu eksfoliasi adalah perawatan yang bisa membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, oleskan pelembab segera setelah eksfoliasi untuk menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi.

5. Pertimbangkan jadwal eksfoliasi yang tepat

Seberapa sering kamu perlu melakukan eksfoliasi tergantung pada jenis kulit dan langkah yang kamu gunakan. Umumnya, semakin kuat prosesnya, maka semakin jarang perawatan kecantikan tersebut perlu kamu lakukan.

Selain itu, hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena bisa menyebabkan kulit menjadi merah dan teriritasi.
Itulah penjelasan tentang apa itu eksfoliasi dan langkah yang aman yang bisa kamu coba sendiri.

Jika kamu atau anggota keluargamu masih ragu, chat langsung dokter spesialis kulit dari aplikasi Halodoc sehingga kamu bisa mendapatkan tips eksfoliasi yang tepat dan aman.

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2022. How To Safely Exfoliate At Home.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Exfoliating Your Skin Safely

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan