• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Melakukan Sit Up yang Efektif bagi Pemula
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Melakukan Sit Up yang Efektif bagi Pemula

5 Cara Melakukan Sit Up yang Efektif bagi Pemula

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Oktober 2021

"Cara melakukan sit up yang penting diketahui oleh pemula adalah posisi tubuh dan tangan yang benar, hingga gerakan mengangkat badan ke lutut dengan benar. Dengan cara yang benar ini, manfaat dari jenis olahraga ini bisa didapat secara utuh. Selain itu, cara yang tepat juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya cedera saat melakukan sit up, misalnya cedera pada leher."

5 Cara Melakukan Sit Up yang Efektif bagi Pemula5 Cara Melakukan Sit Up yang Efektif bagi Pemula

Halodoc, Jakarta – Cara melakukan sit up sebenarnya tidaklah sulit. Namun bagi pemula, sit up mungkin terbayang sebagai latihan yang ribet. Sebab, jenis olahraga yang satu ini memang harus dilakukan dengan cara yang tepat sehingga manfaatnya didapat secara utuh. Lantas, bagaimana cara melakukan sit up yang efektif bagi pemula? Temukan jawabannya di artikel berikut ini! 

Sit up adalah latihan yang memiliki beragam manfaat, terutama untuk mengencangkan otot-otot perut sehingga terlihat rata. Selain otot perut, jenis olahraga ini juga bisa membantu melatih otot dada, panggul, pinggang bawah, serta leher. Manfaat lain dari latihan ini adalah meningkatkan massa otot, memperbaiki keseimbangan tubuh, hingga memperbaiki postur tubuh. 

Baca juga: Selain Sit Up, Ini Latihan yang Baik untuk Mengencangkan Perut

Cara Melakukan Sit Up yang Benar

Untuk mendapatkan manfaatnya, penting untuk mengetahui cara melakukan sit up yang benar. Hal ini juga penting dilakukan untuk menghindari risiko cedera pada otot-otot tubuh. Untuk itu, penting untuk mengetahui langkah tepat melakukan sit up, di antaranya: 

  1. Posisi Tubuh 

Hal pertama yang harus diketahui adalah posisi tubuh saat melakukan sit up, yaitu dengan posisi berbaring telentang. Setelah itu, tekuk lutut dan tempelkan kaki ke lantai. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap stabil. 

Baca juga: Ketahui Tips Melatih Otot Perut untuk Wanita

  1. Posisi Tangan 

Setelah tubuh terasa nyaman dan seimbang, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan posisi tangan. Saat melakukan sit up, letakkan tangan dalam posisi silang di atas dada atau diletakkan dekat telinga. 

  1. Mulai Melakukan Sit Up 

Setelah posisi tubuh dan tangan sesuai, mulai lakukan sit up. Cara melakukan sit up adalah dengan mengangkat tubuh ke atas, ke arah lutut. Saat menaikkan badan, embuskan napas dengan rileks. 

  1. Turunkan Badan 

Setelah tubuh diangkat mendekati lutut, segera kembalikan tubuh ke posisi semula alias kembali ke posisi berbaring terlentang. Lakukan gerakan ini sambil menarik napas. 

  1. Ulangi 

Ulangi sit up sebanyak beberapa kali. Setelah tubuh kembali dalam posisi telentang, angkat lagi ke arah lutut. Bagi pemula, sit up bisa diulang sebanyak 10 kali atau sesuai dengan kemampuan tubuh. 

Meski memiliki banyak manfaat dan mudah, sit up harus dilakukan dengan cara yang tepat. Dengan begitu, risiko cedera dan ketegangan pada leher bisa dihindari. 

Baca juga: 6 Manfaat Olahraga Bersama Pasangan

Jika butuh saran olahraga atau tips melakukan sit up di rumah, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan tips olahraga yang aman dari ahlinya melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Benefits of Sit-Ups and How to Do Them.
Verywell Fit. Diakses pada 2021. How to Do Sit-Ups.