• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Nyeri Haid Sebelum Berolahraga

5 Cara Mengatasi Nyeri Haid Sebelum Berolahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Nyeri haid atau yang dikenal sebagai dismenore merupakan salah satu kondisi umum yang dialami wanita menjelang menstruasi. Biasanya, saat mengalami nyeri haid, wanita akan merasakan nyeri pada bagian perut bawah, hingga menjalar ke bagian punggung dan paha. Tentunya, kondisi ini membuat wanita tidak nyaman untuk melakukan aktivitas, salah satunya olahraga.

Baca juga: Benarkah Olahraga Bisa Menghilangkan Nyeri Haid?

Namun jangan khawatir, kondisi nyeri haid yang tergolong ringan bisa kamu atasi dengan perawatan tepat di rumah. Dengan begitu, kamu dapat melakukan aktivitas dan juga berolahraga secara normal. Bahkan, melakukan olahraga ringan dinilai mampu menurunkan risiko nyeri haid yang semakin memburuk. Untuk itu, simak ulasannya, di sini!

Mengatasi Nyeri Haid Sebelum Berolahraga

Nyeri haid merupakan kondisi umum yang dialami wanita sebelum ataupun saat menjalani menstruasi. Biasanya, nyeri haid akan berlangsung selama 3 hari. Selain itu, nyeri haid yang dirasakan oleh wanita akan berbeda. Gejalanya mulai dari ringan, hingga cukup parah.

Bagi kebanyakan wanita, nyeri haid yang dialami dapat membuat produktivitas menjadi menurun. Salah satunya membuat wanita enggan untuk melakukan olahraga. Nah, untuk mengatasi masalah ini, tidak ada salahnya lakukan perawatan mandiri di rumah untuk mengatasi nyeri haid sebelum olahraga. Berikut cara yang bisa kamu lakukan!

1.Kompres Bagian Perut Bawah dengan Air Hangat

Saat nyeri haid dirasakan cukup membuat kamu tidak nyaman, sebaiknya kompres bagian nyeri haid dengan kompres hangat. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengurangi rasa nyeri yang tidak nyaman.

2.Berikan Pijatan Lembut

Untuk meningkatkan motivasi dalam berolahraga, tidak ada salahnya atasi nyeri haid dengan memberikan pijatan lembut pada perut bagian bawah. Pijat menggunakan minyak yang aman dan hangat untuk kulit. Lakukan pijatan selama 20 menit agar hasilnya terasa maksimal.

Baca juga: Jogging dengan Intensitas Sedang Membantu Meredakan Nyeri Haid

3.Konsumsi Minuman Herbal

Saat nyeri haid mengganggu aktivitas, sebaiknya atasi masalah tersebut dengan mengonsumsi minuman herbal di rumah. Kamu bisa mengonsumsi teh camomile atau air jahe untuk meredakan nyeri haid yang kamu rasakan

4.Jalani Pola Makan Sehat

Sebaiknya jalani pola makan sehat saat kamu akan memasuki siklus menstruasi. Hal ini untuk menurunkan risiko nyeri haid yang kamu alami. Kamu juga bisa membatasi mengonsumsi jenis makanan yang mengandung lemak, garam, dan kafein untuk menghindari perut kembung selama menstruasi.

5.Gunakan Obat Pereda Nyeri Haid

Kamu juga bisa mengonsumsi obat pereda nyeri haid yang dijual di pasaran. Biasanya, obat pereda nyeri haid mengandung ibuprofen dan juga naproxen. Namun, tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter seputar jenis obat atau perawatan yang tepat untuk mengatasi nyeri haid.  

Baca juga: Pola Makan yang Tepat Mampu Atasi Nyeri Haid

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri haid sebelum berolahraga. Tidak ada salahnya untuk tetap aktif dan berolahraga saat menjalani menstruasi. Bahkan, rutin melakukan olahraga dapat membuat nyeri haid akan mereda dan menghilang secara perlahan. Ada beberapa jenis olahraga yang baik kamu lakukan untuk mengatasi nyeri haid. Mulai dari jalan santai, yoga, bersepeda, hingga melakukan pilates. 

Saat menstruasi, pastikan kamu juga mendapatkan asupan cairan yang cukup. Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat memperburuk kondisi nyeri haid. Selain itu, hindari alkohol dan kebiasaan merokok, agar nyeri haid yang kamu alami tidak semakin memburuk.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Home Remedies to Relieve Menstrual Pain.
Medical Daily. Diakses pada 2020. Menstrual Cramps: 6 Home Remedies.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Home Remedies for Menstrual Cramp Relief.