• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam pada Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam pada Pria

5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam pada Pria

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 21 Oktober 2021

“Bukan cuma wanita saja, pria juga rentan mengalami wajah berminyak dan kusam yang dapat menurunkan kepercayaan dirinya. Masalah kulit ini bisa diatasi dengan rutin mencuci muka, menggunakan toner, menggunakan masker dan mengoleskan pelembap.”

5 Cara Mengatasi Wajah Berminyak dan Kusam pada Pria

Halodoc, Jakarta – Dalam hal merawat kulit, wanita umumnya cenderung lebih rajin daripada pria. Karena alasan ini, tak sedikit pria yang kerap mengalami permasalahan kulit. Terlebih, rata-rata pria biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya di luar ruangan sehingga rentan terpapar debu dan kotoran di wajahnya. 

Kulit yang berminyak dan kusam adalah dua masalah kulit yang sering dialami pria. Sama seperti wanita, masalah seperti ini tentu bisa menurunkan rasa percaya diri. Kalau kamu salah satu yang sedang mengalami masalah ini, berikut tips mengatasi wajah yang berminyak dan kusam. 

Tips Mengatasi Wajah Kusam dan Berminyak

Sebenarnya, tidak sulit kok untuk mengatasi wajah yang berminyak dan kusam. Kunci utamanya adalah melakukan perawatan wajah di bawah ini secara rutin:

1. Cuci muka

Mencuci cuci muka dengan air hangat dan sabun yang lembut dapat mengurangi jumlah minyak pada kulit. Penting untuk mencuci muka dengan sabun supaya sebum-sebum yang menyumbat pori-pori wajah terangkat sempurna. 

Pastikan kamu memilih sabun khusus untuk kulit wajah yang berminyak ya. Hindari memilih sabun yang ditambahkan wewangian, pelembab tambahan, atau bahan kimia keras, karena dapat mengiritasi atau mengeringkan kulit.

2. Tepuk-tepuk wajah hingga kering

Saat mengeringkan wajah setelah mencuci muka dan menggunakan toner, sebaiknya tepuk-tepuk kulit lembut dengan handuk lembut. Mengusap wajah secara kasar atau keras dengan handuk dapat merangsang kulit untuk membuat lebih banyak sebum. Bukan cuma itu, mengusap wajah dengan keras juga bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan.

3. Gunakan toner

Toner berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang belum terangkat saat mencuci muka. Nah, setelah mencuci muka, sebaiknya gunakan toner untuk memastikan kotoran yang menyumbat pori-pori benar-benar terangkat. Pori-pori yang tersumbat ini lama kelamaan bisa menyebabkan jerawat bila tidak diatasi. Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih toner yang mengandung salicylic acid yang dapat mengatasi pori-pori tersumbat akibat produksi minyak berlebih. 

4. Gunakan masker wajah

Menggunakan masker wajah beberapa kali dalam seminggu juga dapat mengatasi kulit berminyak dan membuat wajah lebih cerah. Kamu bisa memilih masker siap pakai yang banyak dijual di pasaran atau menggunakan masker dari bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang bisa kamu pakai untuk masker contohnya air lemon, madu, putih telur maupun lidah buaya. 

5. Oleskan pelembab

Tak sedikit orang dengan kulit berminyak menghindari pelembab karena takut kulit semakin berminyak. Padahal, pelembap dapat bermanfaat bagi kulit jika digunakan dengan tepat. Pilih pelembap yang bebas minyak atau bertanda non-comedogenic supaya wajah tetap lembap tanpa menambah konsistensi minyak di wajah. 

Apabila langkah-langkah di atas kurang efektif mengatasi wajah berminyak dan kusam yang kamu alami, hubungi saja dokter spesialis kulit lewat aplikasi Halodoc. Jangan abaikan kulit yang berminyak karena minyak dapat menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Melalui Halodoc, dokter yang ahli di bidangnya akan membantu menjawab segala pertanyaan kamu.Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Ways to Say Goodbye to Dull Skin.
Medical News Today. Diakses pada 2022. Top six home treatments for oily skin.