• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Merawat agar Bulu Anjing Tidak Mudah Rontok

5 Cara Merawat agar Bulu Anjing Tidak Mudah Rontok

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Sama halnya dengan manusia, anjing akan mengalami kerontokan rambut atau bulu setiap harinya. Tenang saja, kerontokan pada bulu anjing merupakan hal yang normal. Jumlah dan frekuensi bulu yang rontok bergantung pada kesehatan dan jenisnya. 

Misalnya, anjing yang selalu dipelihara di dalam ruangan cenderung mengalami fluktuasi yang lebih kecil dalam ketebalan bulu, dan cenderung rontok cukup merata sepanjang tahun. Namun, kamu tak perlu khawatir karena bulu-bulu yang rontok ini akan tumbuh kembali. 

Ada banyak faktor pemicu yang bisa menyebabkan kerontokan pada bulu anjing. Contohnya akibat alergi, stress, hormonal, jamur, parasit, hingga serangan bakteri. Jika kamu melihat kerontokan bulu anjing peliharaan semakin parah, segera temui dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat bulu anjing agar tidak mudah rontok? 

Baca juga: Ini 5 Cara Menjaga Nafsu Makan Anjing Senior

1.Sikat atau Sisir Secara Teratur

Meskipun kamu tidak dapat menghentikan kerontokan normal pada bulu anjing (anjing yang sehat sekalipun), tapi kamu dapat mengurangi jumlah bulu-bulu yang rontok.

Menurut ahli, menyikat atau menyisir bulu anjing menjadi salah satu cara merawat bulu anjing agar tidak mudah rontok. Cobalah tanyakan pada dokter hewan mengenai jenis sikat atau sisir yang cocok untuk jenis bulu anjing.

Contohnya, bila anjing memiliki bulu yang panjang, pilihlah sisir atau sikat jenis pin brush. Namun, bila anjing berbulu pendek atau sedang, pilihlah sikat atau sisir berjenis bristled (berbulu). Sikat bulunya hingga menyentuh kulitnya dengan lembut.

2.Berikan Asupan Nutrisi yang Tepat

Cara merawat bulu anjing agar tidak mudah rontok juga bisa melalui asupan makanan yang bergizi. Ingat, bulu anjing memerlukan berbagai vitamin dan nutrisi agar tubuh dengan baik dan tak mudah rontok. Cobalah berikan anjing makanan yang berkualitas dan bergizi untuk memenuhi asupan nutrisinya. 

Namun, bila bulunya masih tetap rontok, cobalah tanyakan pada dokter hewan apakah anjingmu memerlukan suplementasi tertentu. Misalnya, suplemen asam lemak omega-3 untuk membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat pada anjing. 

Baca juga: Ketahui Seluk Beluk Karakter Anjing Berdasarkan Ras

3.Mandikan Secara Teratur

Selain dua hal di atas, cara merawat bulu anjing agar tidak mudah rontok juga bisa dengan memandikannya secara teratur. Sebaiknya mandikanlah anjing dua kali seminggu. Memandikan dirinya membantu membersihkan bulunya dan menghilangkan semua bulu-bulu yang mati. 

Gunakanlah sampo dan kondisioner khusus untuk deshedding. Produk-produk khusus anjing ini membantu melembapkan kulit dan bulunya sehingga lebih sehat, lebih kuat, dan mengurangi kemungkinan untuk rontok.

Ingat, jangan sekali-kali menggunakan produk pembersih manusia pada bulu anjing. Pada beberapa kasus, produk-produk tersebut bisa menyebabkan kulit kering, bersisik, iritasi, dan memberikan tampilan bulu yang kusam.

4.Jaga Anjing dari Stres

Bukan cuma manusia saja yang akan mengalami keluhan fisik ketika dilanda stres. Pasalnya, anjing yang mengalami stres juga akan mengalami masalah fisik, contohnya kerontokan pada bulu-bulunya. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat anjing agar tidak stres.

Contohnya menciptakan interaksi dan meluangkan waktu untuk bermain dengan dirinya. Bisa juga dengan membuat suasana atau lingkungan yang nyaman untuknya, atau memijatnya secara teratur. 

Baca juga: Ketahui Tips Memberi Makan Anjing Dewasa

5.Temui Dokter Hewan

Apabila cara-cara di atas tidak cukup membantu, bawalah anjingmu ke dokter hewan untuk diperiksa. Pemeriksaan rutin oleh dokter hewan dapat membantu mendiagnosis masalah pada anjing. Kerontokan bulu tersebut bisa disebabkan oleh suatu kondisi atau penyakit tertentu. 

Bagi kamu atau terdapat anggota keluarga yang mengalami keluhan kesehatan, bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
FETCH by Web MD. Diakses pada 2020. Excessive Shedding in Dogs
Pet Assure. Diakses pada 2020. How Can You Reduce Your Dog's Shedding?