• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ketahui Seluk Beluk Karakter Anjing Berdasarkan Ras

Ketahui Seluk Beluk Karakter Anjing Berdasarkan Ras

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tahukah kamu jika karakter anjing bisa dibedakan berdasarkan ras atau jenisnya. Hal tersebut juga yang dapat menjadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk memelihara anjing ras tertentu. Jika sudah menentukan karakter dan jenis anjing yang cocok dengan kepribadianmu, silahkan memeliharanya. Begini melihat karakter anjing berdasarkan ras atau jenisnya:

Baca juga: Pertama Kali Memelihara Kucing, Perhatikan 7 Hal Ini

1.Beagle

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 13 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 15 inci. Beagle termasuk jenis anjing medium breed, dan memiliki karakter yang sangat mandiri, cerdas, ramah, dan penuh kasih sayang. Anjing ini disebut multitalenta karena kemampuan berburu dan melacaknya.

2.Labrador Retriever

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 36 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 25 inci. Labrador Retriever termasuk jenis anjing pemburu. Ia memiliki karakter yang setia dan cerdas. Bahkan, ia bisa membantu pekerjaan militer dan menuntun orang buta.

3.Golden Retriever

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 34 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 24 inci. Golden Retriever termasuk anjing yang cepat merespon perintah pemiliknya dan memiliki karakter yang sangat ramah dan friendly

4.Bulldog

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 24 kilogram dan tinggi maksimal sebesar 15 inci. Bulldog termasuk anjing yang memiliki kesetiaan yang luar biasa. Karakter dari luar terlihat galak, tetapi ia sangat menyukai anak-anak. Anjing ini termasuk salah satu jenis yang sering dipelihara, karena karakternya yang sangat bersahabat.

5.German Shepherd

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 43 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 26 inci. German Shepherd termasuk anjing yang memiliki karakter aktif dan energi yang sangat kuat. Karakter tersebut yang membuat anjing ini menjadi tipe anjing militer terbaik.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Kucing Diberikan Vaksin?

6.Poodle

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 29 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 21 inci. Poodle termasuk anjing jenis small atau large breed. Meski memiliki ukuran yang berbeda, baik Poodle kecil maupun besar, mereka mempunyai karakter yang sama, yaitu penyayang.

7.Yorkshire Terrier

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 6 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 9 inci. Yorkshire Terrier termasuk anjing yang sangat bersahabat pada siapapun. Ia cenderung tidak bisa dibiarkan sendirian dalam waktu yang lama, karena sangat manja.

8.Rottweiler

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 135 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 27 inci. Rottweiler termasuk anjing yang tidak kenal takut dan sangat agresif. Anjing ini cocok untuk dijadikan sebagai anjing penyelamat dan membantu polisi untuk melacak.

9.Boxer

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 36 kilogram, dan tinggi maksimal sebesar 25 inci. Boxer termasuk anjing large breed, dan selalu aktif. Anjing ini cocok untuk diajak berjalan-jalan dan diikutsertakan dalam berbagai macam kegiatan.

10.Dachshund

Anjing jenis ini memiliki berat maksimal sebesar 14 kilogram dan tinggi maksimal sebesar 9 inci. Dachshund memiliki karakter yang hampir sama dengan jenis Rottweiler, yaitu mandiri dan sangat setia. 

Baca juga: Makanan Basah atau Kering untuk Kucing, Mana yang Lebih Baik?

Setiap anjing memiliki karakter yang berbeda. Oleh karena itu, kamu juga perlu melakukan pendekatan yang berbeda pula, seperti bagaimana cara merawat, tempat favorit, hingga kebutuhan nutrisi masing-masing anjing. Jika anjing peliharaan mengalami sejumlah masalah kesehatan, silahkan diskusikan dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.


Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. 10 Karakter Anjing Berdasarkan Ras Mereka.