• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Cara Menjaga Nafsu Makan Anjing Senior

Ini 5 Cara Menjaga Nafsu Makan Anjing Senior

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Anjing tua atau senior adalah anjing yang sudah memasuki usia lebih dari 7 tahun. Seperti manusia, anjing dapat menderita efek penuaan, termasuk kehilangan penglihatan, kehilangan pendengaran, penambahan berat badan, kehilangan energi, arthritis dan masalah send lainnya, kehilangan otot, kehilangan gigi, kehilangan integritas organ (jantung, hati, dan ginjal), hilangnya elastisitas kulit, rambut rontok, kehilangan, kekebalan, dan kehilangan ketajaman mental. Jika sejumlah tanda tersebut terjadi, maka kamu harus membantu menjaga nafsu makannya dengan sejumlah langkah berikut ini:

Baca juga: 4 Cara agar Anjing Tidak Sakit Setelah Diajak Jalan-Jalan

1. Berikan Jadwal Makan Baru dengan Porsi yang Sesuai

Saat anjing beranjak dewasa atau menua, aktivitas harian otomatis akan berubah. Mereka cenderung lebih suka bermalas-malasan. Jika gaya hidup kurang aktif terjadi secara berlarut-larut, maka akan berpengaruh pada pola makannya. Ia akan lebih sering makan. Untuk mencegahnya, kamu bisa memberikan jadwal makan baru menjadi lebih sering dari biasanya.

Jangan lupa untuk memenuhi asupan yang dibutuhkan, seperti protein. Sesuaikan pula peralatan makannya. Berikan mangkuk yang agak tinggi untuk mempermudah ia makan. Selain menambah jadwal makannya, anjing juga perlu berpuasa dalam sehari, dan hanya memberikan minum saja.

2. Berikan Makanan dengan Bau yang Tajam

Penurunan nafsu makan anjing senior memang sering terjadi. Salah satu hal yang menjadi pemicunya adalah penurunan indera penciuman dan perasanya. Jika kedua indera tersebut mengalami penurunan fungsi, otomatis anjing tidak dapat mencium bau dan merasakan makanan seenak apapun. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambahkan putih telur yang dihancurkan, keju atau kaldu ayam. Pastikan porsi yang diberikan sesuai kebutuhan, ya.

3. Jangan Berikan Camilan di Antara Makanan Utama

Cara menjaga nafsu makan anjing selanjutnya adalah tidak memberikan camilan di antara makanan utama. Jika hal tersebut dilakukan, anjing akan mengalami penurunan nafsu makan, karena sudah lebih dulu merasa kenyang saat mengonsumsi camilan. Jika ingin memberikan camilan, kamu bisa memberikannya di awal hari guna merangsang nafsu makanannya.

Baca juga: Alergi Lingkungan Bisa Picu Bulu Anjing Peliharaan Rontok

4. Tingkatkan Aktivitas Fisiknya

Semakin bertambahnya usia anjing peliharaan, maka fungsi motorik akan semakin menurun. Ia juga sangat rentan mengalami kekakuan otot pada punggung atau leher, arthritis, atau kelemahan jantung. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu menjaga fisiknya agar tetap aktif. Tidak perlu melakukan aktivitas fisik yang berat. Cukup berjalan-jalan santai selama 5–10 menit setiap harinya.

5. Berikan Asupan Nutrisi yang Sesuai

Cara menjaga nafsu makan anjing dewasa yang terakhir adalah memberikan camilan atau suplemen dengan kandungan nutrisi yang sesuai. Lantas, bagaimana cara mengetahui jika nutrisi yang diberikan sudah sesuai? Perhatikan kandungan pada camilan atau nutrisi yang diberikan. Anjing senior dewasa membutuhkan protein tinggi, rendah lemak, asam lemak omega-3, glukosamin, antioksidan, kalori, dan juga serat. 

Baca juga: Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Itulah sejumlah cara menjaga nafsu makan anjing saat dewasa. Jika anjing mengalami penurunan nafsu makan yang tidak biasa diatasi dengan sejumlah langkah tersebut, diskusikan segera dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.



Referensi:
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. 5 Cara untuk Menjaga Nafsu Makan Anjing Dewasa | Pro Plan Indonesia.