5 Cara Merawat Rambut Pendek Tidak Mudah Lepek

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Mei 2021
5 Cara Merawat Rambut Pendek Tidak Mudah Lepek5 Cara Merawat Rambut Pendek Tidak Mudah Lepek

Halodoc, Jakarta – Ada banyak alasan mengapa sebagian orang memilih untuk memiliki rambut pendek. Selain perawatannya lebih mudah dan ringkas, rambut pendek juga tidak bikin gerah seperti rambut panjang.

Namun, bukan berarti rambut pendek bebas dari masalah sama sekali. Bila tidak dirawat dengan baik, keringat dan minyak berlebih dari kulit kepala bisa membuat rambut pendek menjadi mudah lepek! Oleh karena itu, simak tips merawat rambut pendek berikut agar tidak mudah lepek.  

1.Gunakan Sampo Penambah Volume

Langkah pertama yang penting untuk merawat rambut pendek agar tidak mudah lepek adalah memilih sampo yang tepat. Pilihlah sampo dengan keterangan penambah volume (volumizing) bila kamu memiliki jenis rambut yang cenderung berminyak atau mudah lepek. Jenis sampo ini dirancang khusus untuk mengontrol minyak berlebih dan membuat rambut kamu lebih mengembang.

Baca juga: 3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

2.Hindari Mengaplikasikan Kondisioner ke Kulit Kepala

Selain menggunakan sampo yang tepat, melembabkan rambut pendek dengan kondisioner juga penting sebagai perawatan dasar rambut agar tidak mudah lepek. Hindari menggunakan kondisioner dari kulit kepala, karena akan membuat rambut kamu terlihat berminyak dan lepek dalam beberapa jam. Sebaliknya, gunakanlah kondisioner dari pertengahan sampai ujung rambut setiap kali habis keramas.

3.Jangan Menggunakan Produk Penata Rambut Terlalu Banyak

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat mencoba mengatasi rambut lepek adalah dengan menggunakan terlalu banyak produk. Kamu mungkin tergoda untuk menyemprotkan banyak mousse dan hair spray untuk menambah volume rambut.

Namun, rambut pendek tidak memerlukan produk styling sebanyak rambut panjang. Selain itu, penggunaan produk penata rambut yang terlalu banyak hanya akan menumpuk dan membebani rambut pendek kamu, sehingga malah membuatnya terlihat lepek.

Tidak masalah bila kamu ingin mengenakan produk penataan rambut untuk membuat rambut pendek kamu lebih mengembang dan berisi, tapi cukup gunakan mousse dan hair ole selebar kuku saja ya.

Baca juga: Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut

4.Biarkan Rambut Kering secara Alami

Satu lagi keuntungan memiliki rambut pendek, yaitu mudah dikeringkan. Jadi, sebenarnya rambut pendek tidak perlu dikeringkan dengan menggunakan hair dryer, apalagi bila rambut kamu mudah berminyak. Jenis rambut berminyak biasanya cenderung rapuh, jadi semakin sedikit rambut dikeringkan dengan hair dryer semakin baik. 

Jadi, agar rambut pendek kamu tidak mudah lepek, biarkan rambut kering secara alami atau menggunakan air-dryer (alat pengering rambut tanpa pemanas). Bila kamu ingin menggunakan hair dryer, pastikan kamu mengaturnya dengan panas yang rendah.

5.Jangan Sering-sering Menyisir Rambut

Rambut pendek juga tidak perlu disisir sesering rambut panjang. Selain itu, alih-alih menggunakan sisir, sebaiknya sisirlah rambut pendek kamu dengan menggunakan jari.

Sapphire Lewis dari Bleach London mengungkapkan bahwa menyisir rambut pendek dengan menggunakan jari sudah cukup untuk membentuk dan menatanya. Untuk menata rambut pendek menjadi terlihat lebih mengembang dan berisi, kamu bisa menggunakan jari untuk mengangkat rambut atau mengembangkannya.

Namun ingat, hindari sering-sering menyentuh atau memperbaiki rambut pendek kamu saat beraktivitas. Pasalnya, tangan kamu mungkin sudah terkontaminasi oleh bakteri tanpa kamu sadari dan sering menyentuh rambut tidak hanya bisa membuat rambut mudah berminyak tapi juga kotor. Tetap sediakan sisir di dalam tas kamu agar kamu bisa menggunakannya untuk menyisir rambut daripada menggunakan jari-jari.

Baca juga: Mau Punya Rambut Tebal? Coba 5 Tips Ini

Nah, itulah cara merawat rambut pendek agar tidak mudah lepek. Bila kamu ingin membeli produk perawatan rambut untuk rambut lepek, gunakan saja aplikasi Halodoc. Tanpa perlu keluar rumah, kamu bisa beli produk kecantikan yang kamu perlukan dengan order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
All Things Hair. Diakses pada 2021. Limp Hair? 7 Life-Changing Tips to Add Body & Volume.
Self. Diakses pada 2021. 17 Styling Tricks Women with Fine, Flat Hair Need to Know.
Stylist. Diakses pada 2021. The golden rules of caring for short hair, from long bobs to pixie crops


Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan