• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

3 Tips Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta - Membeli sampo bisa menjadi hal yang membingungkan. Ada banyak pilihan sampo yang dijual di pasaran, mulai dari sampo tanpa pelembap, melembabkan, menguatkan, menghaluskan, untuk rambut berwarna, menebalkan, dan banyak lagi. Cara memilih sampo tidak menjadi sulit jika kamu tahu kondisi rambut dan kulit kepala. 

Cara terbaik untuk memilih sampo yang tepat adalah menemukan jenis sampo yang dikhususkan secara spesifik untuk kondisi rambut kamu. Nah, di bawah terdapat beberapa informasi dan tips tentang untuk memilih sampo guna mendapatkan rambut indah setiap hari. Berikut tipsnya!

Baca juga: 5 Cara Mudah Merawat Rambut di Rumah

Perhatikan Bahan Sampo

Kita memang tidak akan langsung paham kandungan, serta efek samping dari bahan-bahan yang terdapat di dalam sampo. Namun bahan yang paling umum yang harus kamu kenali dari sampo adalah natrium laureth sulfat dan amonium lauryl sulfat, yang dapat membersihkan kulit kepala secara menyeluruh.

Namun, agen pembuat busa ini sebenarnya dapat menyebabkan iritasi yang menghilangkan minyak alami pada rambut. Untungnya, ada banyak sampo bebas sulfat yang tersedia. Namun, kebanyakan brand tidak akan mencantumkannya, jadi perhatikanlah baik-baik. 

Jangan Terpaku pada Brand

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, apakah benar ada perbedaan antara sampo yang dijual di pasaran dengan sampo di salon perawatan rambut? Itulah masalah yang sepertinya tidak pernah berakhir. Sampo yang ada di salon-salon perawatan rambut memang memiliki harga yang lebih mahal. Ini karena kamu berinvestasi dalam penelitian untuk mengembangkan formula berkualitas. Di sisi lain, sampo di toko-toko juga telah berkembang jauh dan banyak yang bebas dari bahan kimia yang keras.

Shampo yang terjangkau biasanya menghilangkan rambut dari minyak alami, yang bisa menjadi masalah bagi mereka yang memiliki rambut atau rambut yang diwarnai dengan warna yang sudah kering. Untungnya, ada alternatif yaitu sampo bebas sulfat. Adapun opsi yang lebih mahal yang menawarkan bahan-bahan unik dan berkualitas, yang menyebabkan harganya jadi lebih tinggi.

Namun, sampo ini memiliki fitur capryl glucoside, alternatif yang berasal dari kelapa untuk sulfat yang menawarkan busa ringan dan pembersihan yang lebih baik. Apa pun yang kamu pilih, sebaiknya pilih sesuai budget, namun tetap pastikan bebas sulfat. Lagipula bahan terbaik juga belum tentu cocok untuk rambutmu.

Baca juga: Jenis-Jenis Sisir Untuk Gaya Rambut Memukau

 Pilih Sesuai Tipe Rambut

Sama seperti pentingnya memilih masker sesuai jenis kulit, memilih sampo sesuai jenis rambut juga penting. Berikut yang harus diperhatikan: 

  • Rambut Halus: Rambut tipis cenderung cepat berminyak. Hindari sampo berwarna krem ​​dan cari formula yang jernih sebagai gantinya. Sampo harian yang lembut dan bervolume adalah pilihan yang bagus.

  • Rambut Keriting: Jika kamu selalu berurusan dengan rambut kusut, rahasia untuk rambut yang lebih lembut sebenarnya lebih banyak di kondisioner daripada sampo.

  • Rambut Kering dan Kasar: Sementara rambut kering membutuhkan sampo pelembab dan penting untuk dicatat bahwa mereka tidak boleh berhemat menggunakan conditioner. 

  • Rambut Berwarna. Gunakanlah sampo yang dirancang khusus untuk rambut yang diwarnai, karena mereka dibuat khusus dan mengandung bahan lembut yang menyimpan dan mempertahankan warna. Tujuannya adalah untuk memperkuat area lemah di batang rambut akibat pewarnaan, pelurusan, relaksasi, atau pengeriting rambut. Cari sampo berbasis protein dengan bahan-bahan seperti ekstrak gandum dan kedelai atau asam amino sutera. Sayangnya, rambut yang terlalu diproses dapat memiliki akar berminyak tetapi ujungnya kering, jadi mencuci dengan bersih harus dilakukan pada bagian akar, namun bagian ujung harus dilembapkan. Terpenting adalah mencuci rambut setiap hari dengan sampo yang dibuat untuk rambut normal. Kemudian gunakan kondisioner yang kuat hanya di poros tengah ke ujung rambut.

  • Rambut Berketombe. Obat terbaik untuk ketombe adalah mencoba bergantian beberapa jenis sampo khusus berketombe. Ini karena jamur bisa beradaptasi dan menjadi kebal terhadap sampo tunggal. Namun jika ketombe tak kunjung hilang, coba tanyakan pada dokter melalui chat di Halodoc. Dokter kecantikan akan memberikan saran sampo terbaik untuk mengatasi ketombe.

Baca juga: Rawat Rambut Kering dengan Cara Ini

Itulah tips memilih sampo. Ingatlah bahwa sering mencuci rambut hanya akan menghilangkan nutrisi alami rambut. Jadi waktu keramas yang ideal adalah tiga kali seminggu.

 

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2020. A Guide to Picking the Best Shampoo for You.
Web MD. Diakses pada 2020. How to Choose the Right Shampoo.