• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Paru-Paru

5 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru, salah satunya adalah menghentikan kebiasaan merokok dan menghindari polusi udara. Terganggunya paru-paru tentu meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti bronkitis, pneumonia, asma, dan tuberkulosis.

Baca juga: Akibat Rokok Elektrik, Waspada Penyakit Paru Misterius EVALI

Paru-paru adalah salah satu organ dalam tubuh yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Paru-paru memiliki fungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Dengan begitu, terganggunya kerja paru-paru memengaruhi fungsi tubuh dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru.

Inilah Cara Sederhana Jaga Kesehatan Paru-Paru

Ada beberapa gejala yang menjadi tanda adanya gangguan kesehatan pada paru-paru, seperti alami sesak napas, kesulitan bernapas, mengalami batuk yang tidak kunjung hilang, merasa tidak nyaman ketika batuk, dan batuk yang bercampur dengan darah atau lendir.

Kondisi ini dapat diatasi sesuai dengan penyebab gangguan yang terjadi pada paru-paru. Namun, tidak ada salahnya untuk mencegah kondisi ini dengan menjaga kesehatan paru-paru agar tetap maksimal dalam menjalankan fungsinya. Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mendapatkan paru-paru yang sehat, yaitu:

1. Rajin Berolahraga

Dilansir dari Medical News Today, rajin melakukan aktivitas fisik atau berolahraga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan juga mental kamu. Ya, rutin berolahraga membuat paru-paru menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, rutin olahraga juga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Rutin berolahraga juga meningkatkan kualitas sistem pernapasan kamu.

Jika kamu ingin mengetahui jenis olahraga yang baik untuk kesehatan paru-paru, kamu bisa bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa berbicara dengan dokter kapan saja dan di mana saja!

2. Hentikan Kebiasaan Merokok

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, kebiasaan merokok menyebabkan berbagai gangguan kesehatan dalam tubuh, termasuk pada paru-paru. Merokok dapat sebabkan kerusakan pada kantung udara kecil dan saluran udara pada paru-paru. Tidak hanya itu, penyebab kanker paru-paru yang paling banyak adalah kebiasaan merokok. Perokok aktif lebih berisiko mengalami gangguan pada paru-paru dibandingkan perokok pasif. Jadi, mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk hentikan kebiasaan merokok.

Baca juga: Benarkah Bawang Putih Dapat Membersihkan Paru-Paru?

3. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Dilansir dari Healthline, cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan memiliki fungsi untuk menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas yang berbahaya. Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan, seperti dark chocolate, sayuran hijau, stroberi, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan antioksidan dalam tubuh.

4. Rajin Cuci Tangan

Berdasarkan American Lung Association, rajin mencuci tangan menjadi cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Gangguan paru-paru dapat disebabkan oleh berbagai penyakit lain, seperti flu. Tidak ada salahnya untuk tetap menjaga tangan tetap bersih agar terhindar dari gangguan penyakit yang dapat sebabkan komplikasi pada paru-paru.

5. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Rutin

Jangan takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin tiap tahunnya. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu mengetahui kesehatan kamu yang sesungguhnya. Dengan begitu, gangguan yang ada pada tubuh dapat segera diatasi sejak dini. Kondisi ini dapat menghindari kamu dari komplikasi yang mungkin terjadi.

Baca juga: Jaga Kapasitas dan Fungsi Paru-Paru dengan 5 Cara Ini

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru. Jangan lupa untuk hindari berbagai polusi udara agar kesehatan paru-paru kamu tetap terjaga.

Referensi:
American Lung Association. Diakses pada 2020. Tips to Keep Your Lungs Healthy
Healthline. Diakses pada 2020. Breathing Exercise to Increase Lung Capacity
Medical News Today. Diakses pada 2020. Natural Ways to Cleanse Your Lungs
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2020. Health Effects of Cigarette Smoking