5 Gerakan Yoga untuk Bantu Kurangi Berat Badan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Januari 2023

“Yoga adalah olahraga yang efektif membantu menurunkan berat badan. Gerakan yoga yang disarankan, yakni boat pose, warrior II pose, lion pose, dolphin pose, dan upward facing dog pose.”

5 Gerakan Yoga untuk Bantu Kurangi Berat Badan5 Gerakan Yoga untuk Bantu Kurangi Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Yoga adalah jenis olahraga yang mengombinasikan tubuh dan pikiran. Aktivitas ini sudah ada sejak 5.000 tahun lalu dan tercatat dalam filosofi India kuno. Tekniknya menggabungkan teknik pernapasan dan relaksasi.

Sederhananya, yoga adalah olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan tubuh. Caranya melibatkan aktivitas fisik, relaksasi, meditasi, dan teknik pernapasan.

Salah satu manfaatnya, yakni membantu menurunkan berat badan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu harus melakukan gerakan, seperti boat pose, warrior II pose, lion pose, dolphin pose, dan upward facing dog pose.

Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badan

1. Boat pose

Gerakan yoga asana ini efektif menghilangkan lemak di area perut. Selain itu, boat pose berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang belakang, menjaga kinerja usus dan ginjal, dan melancarkan pencernaan.

Caranya, duduk di lantai dengan posisi kaki lurus ke depan. Kemudian, angkat kedua kaki ke atas. Di sini, tubuh tampak membentuk huruf V. Posisikan kepala membentuk sudut 30 derajat sambil menarik napas.

2. Warrior II pose

Warrior II pose berfungsi untuk mengecilkan ukuran betis. Caranya, berdiri tegak dan buka kaki berjarak satu meter. Putar kaki kiri ke arah luar tubuh dan tekuk lutut hingga segaris dengan ankle.

Kemudian, rentangkan dua tangan ke samping badan, dengan kepala menghadap ke kiri. Tahan posisi ini dalam waktu 30 hingga 60 detik. Pastikan bobot tubuh bertumpu pada kaki kiri. Lakukan bergantian pada sisi badan lainnya.

3. Lion pose

Gerakan yoga ini bertujuan untuk mengencangkan otot-otot wajah. Selain itu, lion pose efektif meredakan stres. Caranya, duduk dengan tumpuan lutut, dengan tumpuan kedua tangan dan lidah menjulur ke depan.

Ambil napas panjang melalui hidung dan angkat bahu secara perlahan dengan posisi lengan lurus. Buat suara keras seperti auman singa, kemudian embuskan napas. Posisikan pandangan ke depan. 

4. Dolphin pose

Dolphin pose bertujuan untuk mengecilkan lengan, terutama otot biseps dan tricep. Gerakan yoga ini juga efektif mengencangkan otot perut. Pada gerakan ini, lengan menjadi dasar penyeimbang seluruh tubuh bagian atas. 

Caranya, posisikan badan tengkurap menghadap matras. Kemudian, letakkan bahu di atas pergelangan tangan, diatas kepala. Posisikan kedua tangan mengepal dan ditekuk di atas matras. Lalu, perlahan majukan kaki ke depan. Jika dilihat dari samping, tumbuh tampak seperti segitiga.

5. Upward facing dog pose

Gerakan yoga ini bertujuan untuk mengencangkan lengan, dan otot bisep serta trisep. Upward facing dog pose tidak boleh dilakukan ketika sedang hamil atau mengalami cedera di area pergelangan tangan. 

Caranya, posisikan tubuh tengkurap di atas matras. Kemudian, posisikan tubuh seperti push up, dengan bagian perut hingga kaki masih menempel di permukaan matras. Tegakkan posisi leher, dengan posisi kepala sedikit ke belakang. 

Baca Juga: 5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian

Jika mengalami keluhan berupa cedera atau terkilir saat melakukan gerakan yoga, segera tanya dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran pengobatan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthifyme. Diakses pada 2023. 9 Yoga Asanas Poses to Help You Lose Weight Fast.

DOYOU. Diakses pada 2023. 10 Yoga Postures for Weight Loss.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan