5 Hal yang Perlu Dilakukan setelah Operasi Caesar

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Agustus 2023
5 Hal yang Perlu Dilakukan setelah Operasi Caesar5 Hal yang Perlu Dilakukan setelah Operasi Caesar

"Operasi caesar menjadi salah satu metode persalinan yang kini banyak dijalanu. Nah, supaya kamu cepat pulih, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan."

Halodoc, Jakarta - Ibu yang melahirkan sang buah hati dengan operasi caesar memang membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa pulih dibandingkan dengan persalinan normal. Setelah prosedur operasi caesar pun, ibu perlu menjalani perawatan selama beberapa hari di rumah sakit dan tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas berat. 

Agar Cepat Pulih Setelah Operasi Caesar

Meski begitu, sebenarnya ibu tidak perlu khawatir. Selain meminta bantuan suami atau anggota keluarga lain untuk mengurus hal-hal rumah tangga, ibu bisa melakukan beberapa cara agar bekas luka operasi caesar bisa segera pulih. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  • Jalani Aktivitas Fisik yang Ringan

Beberapa jam pascaoperasi, ibu diwajibkan untuk tetap beristirahat dan berbaring. Pasalnya, perlu waktu hingga obat bius sepenuhnya menghilang dan energi ibu pulih kembali.

Meski begitu, ibu bisa tetap menjalankan aktivitas atau olahraga ringan. Semakin ibu aktif bergerak, maka sistem pencernaan sekaligus sirkulasi darah ibu akan semakin cepat membaik. Sebaliknya, jika ibu tidak lekas bergerak, ibu berisiko mengalami pembekuan darah pada kaki dan sembelit.

Namun, tetap ingat untuk menghindari bangun atau berjalan tanpa adanya bantuan, ya, bu. Pun, jangan memaksakan diri jika tubuh ibu memang belum kuat bergerak. Ini akan berisiko bekas jahitan operasi terbuka kembali.

  • Kelola Emosi dan Stres Sebaik Mungkin

Perubahan kebiasan yang mendadak setelah melahirkan menjadi hal yang tak mudah bagi sebagian besar ibu. Tidak heran jika ibu mengalami baby blues, stres, dan depresi. Inilah mengapa dukungan keluarga sangat penting agar ibu mampu mengelola emosi dengan baik.

Tak mengapa jika ibu terkadang merasa sedih, kecewa, atau bahkan frustasi karena harus melahirkan sang buah hati melalui operasi. Ibu bisa mengurangi beban pikiran dan hati dengan bercerita pada pasangan atau keluarga.

Jika membutuhkan ahli yang lebih berpengalaman, jangan ragu untuk download dan pakai aplikasi Halodoc. Para psikolog akan senang membantu ibu menemukan solusi terbaik. 

Jangan lupa, mintalah bantuan pada keluarga atau pasangan jika ibu kesulitan melakukan sesuatu karena masih pemulihan, misalnya mengasuh Si Kecil atau membereskan rumah. Ini akan membantu mengurangi beban pikiran ibu. 

  • Lakukan Perawatan Luka Bekas Operasi Caesar 

Mengurus bayi akan sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran. Namun, jangan sampai lupa untuk merawat luka bekas operasi. Pasalnya, perawatan ini akan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemulihan ibu nantinya.

Jangan khawatir, dokter maupun perawat akan memberi tahu ibu bagaimana cara merawat luka bekas operasi, sehingga ibu terhindar dari risiko infeksi. 

  • Cukup Istirahat

Menjalani kebiasaan baru setelah kehadiran sang buah hati membuat ibu membutuhkan banyak istirahat. Jadi, sebisa mungkin ikutlah beristirahat ketika Si Kecil tidur, termasuk ketika siang hari.

Selain itu, ibu juga disarankan untuk menghindari melakukan aktivitas yang bisa mengakibatkan meningkatnya tekanan pada rongga perut, seperti terlalu sering naik-turun tangga atau mengangkat benda yang berat. Mau Cepat Pulih dari Operasi Caesar? Ini Tipsnya.

  • Kenali Sinyal Bahaya

Waspada dengan sinyal bahaya yang mengharuskan ibu mendapatkan penanganan medis, seperti berikut ini.

  • Ibu mengalami demam.
  • Terasa nyeri yang hebat pada area luka operasi caesar.
  • Terasa sakit ketika ibu buang air kecil.
  • Terjadi perdarahan hebat dari luka operasi atau vagina.
  • Terjadi perubahan warna kemerahan dan pembengkakan pada luka bekas operasi. 
  • Luka mengeluarkan nanah atau cairan dengan aroma yang tidak sedap.
  • Ibu mengalami sesak napas.
  • Terjadi pembengkakan pada bagian kaki.

Biasanya, luka operasi perlu mendapatkan perawatan khusus. Nah, begini Cara Ampuh Mengatasi Bekas Luka Caesar usai Melahirkan. Setiap ibu yang melahirkan dengan operasi caesar akan memiliki pengalaman yang berbeda.

Tentunya, ini juga akan berpengaruh pada lamanya pemulihan dan apa yang ibu rasakan ketika sedang menjalani pemulihan. Kuncinya adalah tetap bersabar dan tidak memaksa diri. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. C-Section: Tips for a Fast Recovery.
WebMD. Diakses pada 2023. Recovery and Care After a C-Section.
Parents. Diakses pada 2023. Recovery After C-Section: Timeline and Tips.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan