• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Makanan Terbaik untuk Burung Dara

5 Jenis Makanan Terbaik untuk Burung Dara

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Jenis Makanan Terbaik untuk Burung Dara

Halodoc, Jakarta – Burung dara atau burung merpati memiliki kebutuhan tersendiri yang bisa dipenuhi melalui makanan tertentu. Kabar baiknya, jenis makanan terbaik untuk burung dara umumnya tidak asing dan mudah untuk ditemui. Burung dara membutuhkan asupan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan agar bisa berkembang biak dengan baik. 

Secara alami, burung dara adalah pemakan biji-bijian, sayuran hijau, buah-buahan, dan terkadang serangga kecil serta siput. Burung dara di alam liar biasanya memakan serangga kecil, seperti siput atau cacing tanah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tertentu. Namun secara umum, makanan untuk burung dara tidak berbeda jauh dengan jenis burung lainnya. 

Baca juga: Inilah Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

Mengatur Makanan Terbaik untuk Burung Dara

Agar burung dara tumbuh dengan sehat dan berumur panjang, penting untuk memastikan hewan peliharaan yang satu ini mendapat asupan makanan yang bergizi. Diet seimbang untuk burung dara harus selalu diterapkan. Ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan untuk burung dara, di antaranya: 

1.Biji-bijian 

Salah satu makanan burung dara yang bisa diberikan adalah biji-bijian. Toko pakan hewan biasanya menyediakan benih atau biji-bijian yang diformulasikan khusus untuk burung dara. Beberapa jenis biji yang dijual biasanya dicampur dengan sayuran, ragi, serta sumber vitamin dan mineral. Meski begitu, hanya memberikan biji-bijian untuk burung merpati mungkin bukan ide yang baik, sebab jenis makanan ini biasanya hanya menyediakan sebagian, atau setengah nutrisi yang dibutuhkan. 

2.Buah dan Sayuran 

Burung dara juga bisa diberikan buah dan sayur yang dicincang halus. Meski begitu, penting untuk mengetahui jenis sayur yang bisa diberikan untuk hewan peliharaan. Selain itu, pastikan untuk mencuci buah dan sayur sebelum diberi pada burung dara agar burung terhindar dari risiko keracunan bahan kimia yang menempel di buah atau sayur.

Baca juga: Memelihara Hewan, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

3.Air 

Selain makanan, burung dara juga membutuhkan air putih untuk minum. Malahan, jenis burung ini disebut sangat membutuhkan asupan air sehingga penting untuk selalu menyediakan air di kandang atau di tempat yang bisa dijangkau burung. 

4.Makanan Manusia 

Beberapa jenis makanan yang dikonsumsi manusia sebenarnya boleh juga dikonsumsi oleh burung dara. Namun tentu saja, makanan yang diberikan pada hewan peliharaan adalah jenis makanan sehat dan bergizi seimbang, termasuk ikan, telur, atau daging. Hindari memberi makanan yang bisa mengganggu kesehatan burung, seperti makanan cepat saji atau produk yang mengandung kafein dan alkohol. 

5.Suplemen Khusus 

Asupan ini mungkin tidak selalu dibutuhkan burung dara, akan tetapi tambahan suplemen khusus bisa menjadi pilihan saat hewan peliharaan berada dalam kondisi tertentu, misalnya sedang bertelur atau sedang merawat telur, sedang terluka, atau saat mengalami stres. Makanan khusus burung dara biasanya sudah mengandung setidaknya 50 persen kebutuhan nutrisi. Kamu bisa melengkapinya dengan memberi jenis makanan sehat lain, termasuk suplemen khusus burung dara jika dibutuhkan. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Jika ragu, kamu bisa coba membicarakan seputar makanan terbaik untuk burung dara pada dokter hewan di aplikasi Halodoc. Dapatkan tips mengatur makanan sehat untuk burung dara dari ahlinya. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan dokter hewan dan menyampaikan masalah kesehatan yang dialami burung dara. Lebih mudah menghubungi ahlinya melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasinya di sini!

Referensi:
Pigeionaid.org.uk. Diakses pada 2021. Feeding the Pigeon. 
Bird Health. Diakses pada 2021. Racing Pigeons. 
VCA Hospitals. Diakses pada 2021. Pigeons and Doves – Feeding.