• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

5 Jenis Olahraga Kardio yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Olahraga kardio bukan hanya baik untuk menaikkan detak jantung dan pernapasan saja, tetapi juga dapat meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, serta meningkatkan kualitas tidur seseorang. Olahraga yang satu ini terbukti efektif dalam membantu menurunkan berat badan seseorang. Di masa pandemi seperti sekarang ini, tentu bukan hal yang mudah untuk bepergian ke tempat gym atau fasilitas olahraga lainnya.

Mengingat virus bisa menular di mana pun, dan lewat perantara apa pun, tidak terkecuali benda. Hal tersebut yang membuat banyak orang lebih memilih beraktivitas di dalam rumah sebagai langkah aman guna mencegah penyebaran virus. Lantas, apa saja jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah? Yuk, ketahui selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Dampak Psikologis dari Kecanduan Olahraga

Jenis Olahraga Kardio yang Dapat Dilakukan di Rumah

Seperti pada penjelasan sebelumnya, ada banyak sekali manfaat olahraga kardio jika dilakukan secara rutin. Tentunya, bukan hanya melakukan olahraga saja, kamu juga harus menjaga pola hidup menjadi lebih sehat, seperti konsumsi makanan sehat bergizi seimbang, kelola stres dengan baik, serta banyak minum air putih. Bagi kamu yang takut untuk berolahraga di luar rumah saat pandemi, berikut ini beberapa jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah:

1. Burpee

Burpee menjadi salah satu jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah. Olahraga ini mampu membakar banyak kalori dalam tubuh, yaitu kurang lebih sebanyak 100 kalori dalam waktu 10 menit. Gerakannya dapat dilakukan dengan squat di lantai, melompat lalu posisi plank, lompat ke depan dan ke belakang, serta berdiri duduk.

2. Lompat Tali

Jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah selanjutnya adalah lompat tali. Olahraga ini mampu membakar 220 kalori dalam 20 menit. Kamu hanya perlu menyiapkan tali untuk melakukan lompat tali. Jangan melompat terlalu tinggi, ya. Cobalah untuk melompat hanya sebatas melewati talinya saja.

Baca juga: Terlalu Banyak Berolahraga Dapat Menyebabkan Kecanduan

3. Jumping Jacks

Olahraga kardio selanjutnya adalah jumping jacks. Gerakanya sekilas mirip dengan burpee. Jika dilakukan secara rutin, melakukan jumping jack selama 10 menit dapat membakar sekitar 100 kalori. Lakukan dalam satu kali gerakan. Lompat kaki ke hingga kaki terbuka lebar, dan angkat tangan di atas kepala seperti bertepuk tangan.

4. Squat Jump

Squat jump berfungsi untuk melatih kekuatan otot, terutama pada kaki. Gerakan ini dilakukan pada posisi tubuh berdiri dengan kaki terbuka lebar. Kemudian, tangan diletakkan di belakang kepala, dengan sedikit melompat dan mendarat pada posisi setengah jongkok. Lakukan hingga lutut sedikit menekuk.

5. Jogging di Tempat

Jogging di tempat memberikan manfaat yang sama dengan lari di luar ruangan. Kebanyakan orang yang melakukan ini mengombinasikan gerakannya dengan burpee, lompat tali, atau latihan kekuatan lainnya. Untuk membentuk otot dan membakar lemak dalam tubuh, sebaiknya lakukan gerakan yang satu ini selama 20–30 menit setiap hari.

Baca juga: Stretching Mampu Turunkan Tekanan Darah, Ini Faktanya

Itulah beberapa jenis olahraga kardio yang dapat dilakukan di rumah. Jika kamu terkilir atau mengalami masalah kesehatan lainnya, silahkan diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 19 Cardio Exercises You Can Do at Home.
Very Well Fit. Diakses pada 2021. 9 Ways to Get a Great Cardio Workout at Home.