• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Lompat Tali, Ini Manfaatnya untuk Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Rutin Lompat Tali, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Rutin Lompat Tali, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 Januari 2021
Rutin Lompat Tali, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Halodoc, Jakarta - Lompat tali yang terbuat dari karet mungkin menjadi salah satu permainan tradisional yang biasa dilakukan anak-anak Indonesia pada beberapa waktu silam. Permainan ini sangat melatih kelenturan tubuh, dan pastinya sangat baik untuk kesehatan. Kini tali yang terbuat dari karet mungkin jarang ditemukan, tetapi lompat tali atau yang dikenal juga dengan olahraga skipping masih menjadi latihan yang cukup banyak dilakukan. 

Beberapa orang mungkin meremehkan latihan lompat tali skipping, padahal olahraga sederhana satu ini mungkin lebih efektif daripada jenis latihan kardio lainnya. Sebuah laporan penelitian juga menemukan fakta bahwa mereka yang menghabiskan 10 menit lompat tali setiap hari selama enam minggu menunjukkan peningkatan kebugaran dan kesehatan kardiovaskular mereka sama, seperti mereka yang menghabiskan 30 menit jogging untuk periode waktu yang sama.

Baca juga: Ingin Berat Badan Cepat Turun? Coba Skipping

Manfaat Lompat Tali Setiap Hari

Lompat tali adalah olahraga yang akan melatih seluruh tubuh, sehingga olahraga ini akan membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Ada beberapa manfaat lompat tali yang perlu kamu ketahui, antara lain: 

  • Mengurangi Cedera Kaki dan Pergelangan Kaki

Latihan lompat tali rutin juga cukup disarankan untuk kamu yang menggeluti olahraga lain, seperti basket, tenis, dan sepak bola. Dengan lompat tali, kamu akan tak hanya akan meningkatkan koordinasi kaki tetapi juga bisa meningkatkan kekuatan pada otot-otot disekitar sendi pergelangan kaki. Dengan begini, kamu akan terhindar dari kemungkinan cedera. Dengan lompat tali, maka akan mengajarkan pemain untuk tetap bertumpu pada bola kaki mereka, bukannya bertumpu rata atau bertumpu pada tumit.

  • Membakar Kalori

Apakah kamu sedang berencana menurunkan berat badan? Olahraga satu ini bisa dicoba. Pasalnya, skipping mampu membakar kalori lebih banyak jika dibandingkan joging selama 30 menit. Latihan aerobik ini mampu mencapai tingkat pembakaran hingga 1.300 kalori per jam aktivitas berat, dengan sekitar 0,1 kalori yang dikonsumsi per lompat. Jadi, sepuluh menit lompat tali saja bisa dianggap setara dengan lari delapan menit. 

Apalagi olahraga ini tidak membutuhkan ruang yang besar dan bisa dilakukan di dalam ruangan, sehingga lebih mudah dan nyaman untuk dilakukan. Hebatnya lagi, lompat tali bisa digolongkan sebagai latihan intensitas tinggi yang telah dikaitkan dengan hasil penurunan lemak yang lebih cepat, terutama di sekitar perut dan otot tubuh.

  • Meningkatkan Kepadatan Tulang

Salah satu olahraga terbaik untuk meningkatkan kepadatan tulang adalah dengan melompat dan turun. Olahraga melompat ini juga sangat baik jika kamu masih memiliki tulang yang kuat. 

Baca juga: Ini Kiat Olahraga Battle Ropes yang Benar untuk Pemula

  • Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Jika kamu rutin lompat tali setiap hari, maka kamu akan meningkatkan koordinasi yang fokus pada kaki. Terlepas dari apakah kamu memperhatikannya atau tidak, otak juga akan menyadari apa yang dilakukan kaki. Latihan ini juga akan membuatmu merasa "lebih ringan", terutama pada bagian kaki. Jika kamu semakin banyak melakukan trik atau variasi lompatan, maka kamu akan semakin sadar dan terkoordinasi.

  • Menyehatkan Jantung

Lompat tali sangat dianjurkan untuk mereka yang membutuhkan latihan aerobik lebih sering. Untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, kamu perlu melakukan lompat tali dengan rutin, semisal tiga sampai lima kali seminggu selama 12 sampai 20 menit setiap kali latihan.

  • Meningkatan Efisiensi Pernapasan

Selain meningkatkan kesehatan jantung dan stamina, manfaat lompat tali rutin lainnya adalah meningkatkan efisiensi pernapasan. Hal ini menjadi sangat bermanfaat saat melakukan aktivitas lain karena kamu tidak akan kehabisan napas setelah berlari di lapangan atau berenang di kolam renang.

  • Meningkatkan Kecerdasan

Tahukah kamu bahwa lompat tali juga bisa membantumu jadi lebih pintar. Pasalnya, melompat akan melatih perkembangan belahan kiri dan kanan otak, yang selanjutnya meningkatkan kesadaran spasial, meningkatkan keterampilan membaca, meningkatkan memori, dan membuat kamu menjadi lebih waspada secara mental. Saat melompat di atas tali, kamu juga membutuhkan tubuh dan pikiran untuk membuat penyesuaian otot saraf terhadap ketidakseimbangan yang diciptakan dari lompatan yang terus menerus. Alhasil, melompat akan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi dinamis, refleks, kepadatan tulang, dan daya tahan otot.

Baca juga: Kenali Manfaat Jalan Kaki Tiap Hari

Itulah beberapa manfaat lompat tali jika dilakukan dengan rutin. Jika kamu membutuhkan saran olahraga lain yang bisa meningkatkan kesehatan, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc mungkin punya saran khusus mengenai olahraga yang paling cocok denganmu. Ambil smartphone-mu sekarang, dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Jumping Rope to Lose Weight: Is it Effective?
Lifehack. Diakses pada 2020. 9 Benefits of Jumping Rope You Probably Don't Know. 
The Jump Rope Institute. Diakses pada 2020. Jump Rope for Life.