5 Jenis Olahraga yang Membantu Menambah Tinggi Badan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Januari 2023

"Selain memenuhi asupan nutrisi, kamu juga perlu berolahraga untuk menambah tinggi badan. Beberapa jenis olahraga yang bikin tinggi dan sangat dianjurkan contohnya basket, berenang dan lompat tali."

5 Jenis Olahraga yang Membantu Menambah Tinggi Badan5 Jenis Olahraga yang Membantu Menambah Tinggi Badan

Halodoc, Jakarta – Faktor genetik memang menjadi penentu tinggi badan seseorang. Namun, bukan berarti kamu hanya bisa pasrah dan tidak mengusahakannya.

Selain faktor genetik, pemenuhan nutrisi juga berperan penting dalam penambahan tinggi badan. Akan tetapi, cara ini juga perlu diiringi dengan olahraga supaya hasilnya maksimal. 

Selain itu, beberapa jenis olahraga yang bikin tinggi badan dan sudah terbukti secara ilmiah. Olahraga basket misalnya, gerakan menunduk dan melompat disinyalir bisa merangsang pertumbuhan tulang sehingga tinggi badan pun bertambah. 

Jenis Olahraga yang Bikin Tinggi

Selain basket, berikut beberapa jenis olahraga yang diklaim bisa menambah tinggi badan:

1. Joging

Joging adalah salah satu latihan terbaik untuk menambah tinggi badan yang tidak boleh lewatkan.

Olahraga ini mampu merangsang pertumbuhan tulang kaki secara alami dan membuatnya lebih kuat. Efeknya pun sangat kentara untuk seseorang yang sedang atau telah pubertas.

2. Lompat tali

Olahraga ini tampaknya mudah dilakukan. Kenyataannya, sebagian besar orang perlu berlatih beberapa kali untuk bisa lancar melakukan lompat tali.

Semakin sering melompat, semakin besar kemungkinan kaki lebih panjang karena rangsangan tersebut.

Selain lompat tali, kamu juga bisa melompat di atas trampolin untuk mendapatkan efek serupa. 

3. Berenang

Saat berenang, kamu akan menggerakan kaki, tubuh, dan lengan secara maksimal. 

Hal ini akan merangsang pertumbuhan tulang kaki kamu sekaligus menguatkan otot. 

Nah, gaya dada adalah gaya berenang yang paling cocok untuk menambah tinggi badan.

4. Bersepeda

Jika kamu suka bersepeda, lakukan secara rutin untuk menambah tinggi badan. Peregangan selama mengayuh sepeda bisa merangsang pertumbuhan tulang kaki. 

Remaja adalah usia yang tepat untuk mulai bersepeda. Berolahraga selama masa remaja bisa memberikan efek yang signifikan untuk tinggi badan. Mayoritas orang mencapai ketinggian maksimal di usia remaja. 

5. Squat

Jump squat juga menjadi salah satu cara terbaik untuk menambah tinggi badan. Latihan ini mendukung pengondisian otot dan persendian tubuh bagian bawah sekaligus menambah tinggi badan.

Berapa Lama untuk Melihat Hasilnya? 

Menurut sebuah studi yang diunggah dalam Journal of Physical Therapy Science, diperlukan waktu sekitar delapan minggu untuk melihat perubahan postur yang lebih tinggi.

Dalam studi tersebut, peneliti menugaskan 28 peserta secara acak  ke salah satu dari tiga protokol latihan untuk memperbaiki postur tubuh mereka.

Tim melakukan pengukuran postur sebelum program latihan dan setelah delapan minggu.

Semua protokol menghasilkan perbaikan postur tubuh yang signifikan setelah delapan minggu latihan.

Meskipun setiap tubuh berbeda, rata-rata seseorang membutuhkan delapan minggu  memakan agar postur tubuh cukup membaik untuk memberikan penampilan lebih tinggi.

Selain melakukan latihan untuk memperbaiki postur tubuh, seseorang juga perlu mengurangi aktivitas yang menyebabkan penurunan postur tubuh, seperti kebiasaan melihat ponsel atau membungkuk di kursi.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak cara untuk menambah tinggi badan, terutama untuk anak dan remaja, jangan ragu untuk menemui dokter.

Segera buat janji medis dengan dokter di aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Can adults grow taller?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Increase Your Height: Is There Anything I Can Do?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan