• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Berat Badan Naik

5 Kebiasaan yang Bisa Sebabkan Berat Badan Naik

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Bagi kamu yang selalu khawatir dengan meningkatnya berat badan, rasanya perlu berhati-hati pada kebiasaan-kebiasaan tertentu. Ternyata terdapat beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan berat badan naik. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

1.Kurang Tidur

Sering begadang sehingga kekurangan tidur adalah salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan berat badan naik. Terdapat beragam penelitian yang menyatakan kalau kurang tidur bisa membuat berat badan bertambah. Lantas, apa hubungannya kurang tidur dengan kenaikan berat badan? 

Baca juga: Berat Badan Bertambah? Ini yang Terjadi pada Tubuh

Ternyata gangguan tidur bisa memengaruhi hormon leptin yang fungsinya mengatur metabolisme tubuh dan kontrol nafsu makan. Ketika kadar hormon ini terlalu tinggi, maka tubuh mengalami gangguan terhadap persepsi rasa kenyang.

Alhasil, tubuh akan terus-menerus merasa lapar meskipun telah mengasup berbagai makanan. Makanya, jangan heran kalau timbul rasa untuk terus ngemil, terutama di malam hari.

2.Gemar Mengonsumsi Makanan Olahan

Bagi kamu yang gemar mengonsumsi makanan olahan atau junk food, rasanya perlu harap-harap cemas. Pasalnya, hal ini merupakan kebiasaan yang bisa menyebabkan berat badan naik. Alasannya makanan cepat saji atau olahan banyak mengandung gula tambahan, pengawet, dan lemak tidak sehat yang bisa memicu masalah kesehatan, salah satunya kenaikan berat badan.

Ada studi menarik yang bisa disimak mengenai kenaikan berat badan dengan makanan yang diproses tinggi atau makanan olahan. Studi yang berjudul “Consumption of ultra-processed foods and obesity in Canada” ini menelisik 19.363 orang dewasa di Kanada. 

Menurut studi tersebut, mereka yang mengonsumsi makanan olahan, memiliki kemungkinan 32 persen lebih besar untuk mengalami obesitas daripada mereka yang sedikit mengonsumsinya.

3.Jarang atau Tidak Berolahraga

Kebiasaan yang bisa menyebabkan berat badan naik lainnya adalah jarang atau tidak rutin berolahraga. Padahal, olahraga atau aktivitas fisik adalah salah cara yang ampuh untuk menurunkan dan mengontrol berat badan. Kenaikan berat badan akan semakin cepat bila seseorang tidak melakukan aktivitas fisik, dan dibarengi dengan konsumsi makanan yang berlebihan.

Baca juga: Awas, Diet Tak Tepat Malah Bikin Berat Badan Bertambah

Konsumsi makanan yang berlebihan ini bisa membuat kalori tersimpan di dalam tubuh, dan membuat berat badan meningkat. Padahal, dengan olahraga kalori yang berlebih itu bisa dibakar melalui proses metabolisme, sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. 

4.Sering Mengabaikan Stres

Stres yang tidak diatasi dengan baik juga bisa menjadi bumerang bagi berat badan. Saat dilanda stres tubuh akan memproduksi hormon kortisol (hormon stres) dengan lebih banyak. Hormon ini yang diduga bisa memicu peningkatan nafsu makan. Menurut beberapa ahli, seorang yang dilanda stres juga cenderung mengonsumsi makanan yang berkalori tinggi. Nah, kedua kombinasi ini yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. 

5.Asupan Gula Berlebih

Selain empat hal di atas, sering mengonsumsi makanan atau minuman manis merupakan kebiasaan yang bisa menyebabkan berat badan naik. Konsumsi makanan dan minuman manis (permen, kue, soda, minuman olahraga, es krim, es teh, dll.) secara teratur bisa membuat berat badan meningkat secara cepat. 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Makan Malam Bikin Gemuk

Di Amerika Serikat contohnya, konsumsi minuman manis berkaitan erat dengan penambah berat badan pada masyarakat di sana. Menurut ulasan dari 30 penelitian pada 242.352 anak-anak dan orang dewasa, ternyata asupan minuman manis dapat meningkatkan penambahan berat badan dan memicu obesitas. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
US National Library of Medicine - PubMed. Diakses pada 2020. Consumption of ultra-processed foods and obesity in Canada
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada 2020. Sugar-Sweetened Beverages and Weight Gain in Children and Adults: A Systematic Review from 2013 to 2015 and a Comparison with Previous Studies
Web MD. Diakses pada 2020. Surprising Reasons You're Gaining Weight
Healthline. Diakses pada 2020. 9 Reasons You May Be Gaining Weight Unintentionally