5 Makanan Penurun Darah Tinggi, Cocok untuk Penderita Hipertensi

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Mei 2024

“Ada beberapa makanan penurun darah tinggi yang cocok untuk penderita hipertensi konsumsi. Salah satunya adalah alpukat yang kaya akan lemak sehat dan nutrisi penting lainnya.”

5 Makanan Penurun Darah Tinggi, Cocok untuk Penderita Hipertensi5 Makanan Penurun Darah Tinggi, Cocok untuk Penderita Hipertensi

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Tekanan darah tinggi atau hipertensi, adalah kondisi kesehatan umum yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Jika tidak terkontrol, hipertensi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke, dan masalah ginjal. 

Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Namun, penting bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi untuk mengadopsi pola makan sehat. Sebab, hal ini dapat berperan penting dalam menurunkan dan menjaga tingkat tekanan darah. 

Dalam artikel ini, ketahuilah apa saja makanan penurun darah tinggi yang cocok untuk penderita hipertensi.

Mengapa Tekanan Darah Tinggi Dapat Terjadi? 

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, dapat terjadi karena beberapa alasan yang berbeda. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan hipertensi:

  • Faktor Genetik. Ada kecenderungan bahwa hipertensi dapat diwariskan melalui faktor genetik. Jika ada riwayat hipertensi dalam keluarga, kamu mungkin memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengembangkan kondisi ini.
  • Gaya Hidup Tidak Sehat. Pola makan tidak sehat yang tinggi garam dan lemak jenuh, konsumsi alkohol yang berlebihan, kebiasaan merokok, serta kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.
  • Obesitas. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Lebih banyak jaringan lemak dalam tubuh dapat memengaruhi fungsi normal dari sistem kardiovaskular dan meningkatkan tekanan pada dinding arteri.
  • Tingkat Stres yang Tinggi. Stres kronis dapat memengaruhi tekanan darah. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh menghasilkan hormon stres yang dapat meningkatkan denyut jantung dan mempersempit pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah.
  • Usia. Risiko hipertensi cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Kondisi ini karena pembuluh darah menjadi kaku dan kehilangan elastisitas, yang menyebabkan tekanan darah tinggi. 
  • Penyakit Penyerta. Beberapa kondisi medis seperti penyakit ginjal, diabetes, dan gangguan hormonal tertentu dapat berkontribusi terhadap terjadinya hipertensi.
  • Efek Samping Obat. Beberapa obat seperti kontrasepsi oral, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan obat-obatan tertentu dapat meningkatkan tekanan darah sebagai efek sampingnya.

Nah, Ingin Tahu Tekanan Darah Normal? 5 Dokter Ini Bisa Berikan Informasi Lengkap.

Penting untuk kamu ingat bahwa hipertensi seringkali tidak memiliki gejala yang jelas. Karena itu, penting untuk secara teratur memeriksa tekanan darah dan menjaga gaya hidup sehat untuk mencegah dan mengelola kondisi ini. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, penting untuk berdiskusi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan dan nasihat yang tepat.

Makanan Penurun Darah Tinggi yang Cocok untuk Pengidap Hipertensi

Ada sejumlah makanan yang dapat membantu turunkan tekanan darah. Jika kamu atau orang terdekatmu adalah pengidap hipertensi, beberapa makanan ini sebaiknya dimasukan ke dalam menu sehari-hari: 

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehat dan nutrisi penting lainnya. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, alpukat juga mengandung kalium, yang dapat membantu mengimbangi efek sodium dalam tubuh, yang sering kali berperan dalam meningkatkan tekanan darah.

Manfaat dari buah alpukat bagi kesehatan masih banyak. Yuk, baca selengkapnya pada artikel: Kenali 8 Manfaat dan Khasiat Alpukat Pada Tubuh

2. Pisang

Pisang adalah buah yang mengandung kalium tinggi, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu mengendalikan tekanan darah. Selain itu, pisang juga mengandung serat, yang baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Sayuran ini juga mengandung senyawa nitrat alami yang dapat membantu melonggarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Dengan meningkatkan aliran darah, tekanan darah dapat turun secara efektif. 

Selain bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah, bayam juga masih memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya. Baca selengkapnya pada artikel: Tak Hanya Lezat, Ini 13 Manfaat Bayam bagi Kesehatan Tubuh

4. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa belerang alami yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kenari, dan kacang-kacangan lainnya mengandung protein nabati, serat, dan lemak sehat. Menariknya lagi, kandungan serat dan lemak sehat dalam kacang-kacangan dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Itulah sejumlah makanan penurun darah tinggi. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar makanan tersebut, segeralah hubungi dokter.

Medical Check Up Kini Bisa di Rumah pakai Halodoc

Jaga kesehatanmu dengan langkah pencegahan yang tepat, lakukan medical check-up di Halodoc sebagai langkah awal dalam mencegah risiko hipertensi. 

Dengan melakukan pemeriksaan secara teratur, kamu dapat mendeteksi dini potensi risiko hipertensi dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan. 

Kini kamu bisa melakukan medical check-up dari rumah dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya)

Layanan homelab ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau di lokasi manapun yang kamu pilih

Ada beberapa keunggulan dari layanan tes lab ini, antara lain:

✔ Tak perlu repot keluar rumah. Kamu bisa cek bersama keluarga.

✔ Hemat waktu dan biaya, tanpa perlu pergi ke rumah sakit dan menunggu antri.

✔ Tenaga medis profesional dan responnya cepat. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Sampel diambil secara aman dan steril. 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi. 

✔ Harganya terjangkau, mulai dari Rp 399.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon. 

✔ Semua layanan tes lab terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dokter. 

✔ Setelah tes, kamu akan mendapatkan voucher 25 ribu untuk konsultasi hasil dengan dokter tepercaya dari Halodoc

Kapan saja kamu atau keluarga hendak melakukan Medical Check Up, cukup pesan langsung melalui aplikasi Halodoc.

Booking Medical Check Up Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Nah, melalui aplikasi Halodoc kamu juga bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang kamu butuhkan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. The 17 Best Foods for High Blood Pressure. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. 18 good foods for high blood pressure. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan