• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Bisa Memaksimalkan Hasil Olahraga

5 Makanan yang Bisa Memaksimalkan Hasil Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Olahraga menjadi salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari meningkatkan kekuatan tubuh, membentuk postur tubuh menjadi lebih baik, hingga menurunkan berat badan. Namun, apa yang menjadi penyebab saat olahraga tak kunjung terlihat hasilnya? Wah, kondisi ini bisa disebabkan gerakan olahraga atau pola makan yang kurang tepat. 

Baca juga: Makan Setelah Olahraga, Boleh Enggak Sih?

Pola makan dan jenis makanan nyatanya dapat memengaruhi hasil olahraga yang kamu lakukan. Mengonsumsi nutrisi yang tepat setelah berolahraga juga menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui. Dengan nutrisi dan asupan yang tepat, tentunya hasil olahraga akan semakin optimal. Yuk, cari tahu jenis makanan apa saja yang bisa memaksimalkan hasil olahraga dalam artikel ini!

Makanan yang Bisa Memaksimalkan Olahraga

Ketika kamu berolahraga, otot menggunakan simpanan glikogennya untuk menjaga tenaga atau energi. Bahkan, saat kamu berolahraga, otot dapat mengalami kerusakan pada jaringannya. Untuk itu, setelah kamu berolahraga disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tepat. Hal ini bertujuan agar tubuh segera pulih dan kamu merasakan manfaat berolahraga.

Memilih makanan yang bisa dikonsumsi bukanlah suatu hal yang rumit. Hal yang paling penting makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat, protein, dan juga lemak baik. Berikut ini beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi:

1.Daging Ayam

Daging ayam menjadi salah satu jenis makanan yang bisa kamu konsumsi setelah berolahraga. Daging ayam memiliki kandungan protein yang sangat tinggi didalamnya, sehingga baik bagi tubuh yang baru saja berolahraga. 

Kandungan protein dalam daging ayam dapat memperbaiki dan meningkatkan kekuatan otot yang rusak akibat berolahraga. Hal yang perlu dipastikan adalah menghindari proses memasak dengan menggoreng. Sebaiknya rebus, kukus, atau panggang daging ayam agar lebih sehat. 

Baca juga: 3 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Setelah Olahraga

2.Ikan

Selain daging ayam, ikan menjadi salah satu sumber protein yang mudah didapatkan. Kamu bisa mengonsumsi ikan setelah berolahraga agar kamu dapat merasakan manfaat olahraga lebih optimal. Selain ikan salmon, kamu bisa mengonsumsi ikan lainnya yang memiliki kandungan protein tinggi. Mulai dari ikan patin, dori, lele, kembung, hingga ikan teri. 

3.Telur

Telur juga menjadi salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Selain sehat, telur juga mudah didapatkan dan lezat. Tidak hanya itu, telur juga menjadi salah satu jenis makanan yang mudah untuk diolah. Kamu bisa merebus atau membuat scramble egg untuk dikonsumsi setelah olahraga.

4.Quinoa

Quinoa menjadi jenis makanan yang bisa memaksimalkan hasil olahraga. Hal ini disebabkan quinoa memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi. Tidak hanya kandungan protein dan karbohidrat saja, quinoa menjadi salah satu jenis makanan yang bebas dari kandungan gluten. Dengan begitu, quinoa dapat dinikmati siapa saja, termasuk seseorang yang sensitif terhadap gluten.

5.Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah dengan kandungan lemak sehat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Lapar Setelah Olahraga

Itulah beberapa makanan yang dapat memaksimalkan hasil olahraga. Sebaiknya konsumsilah beberapa makanan tersebut kurang lebih 45 menit setelah kamu berolahraga. Pastikan kamu mengonsumsi makanan tersebut dengan porsi dan jumlah yang tepat. 

Gunakan Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai porsi yang tepat untuk mengonsumsi makanan tersebut. Selain itu, jangan lupa penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Pastikan kamu mengonsumsi air putih yang cukup setelah berolahraga agar terhindar dari kondisi dehidrasi.

Referensi:
Insider. Diakses pada 2020. The 5 Best Foods to Eat After a Workout.
Healthline. Diakses pada 2020. Post Workout Nutrition: What to Eat After a Workout.
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Foods to Eat After Your Workout.