• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Masa Awal Kehamilan

5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari di Masa Awal Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Makanan menjadi sumber utama tubuh manusia, terutama bagi ibu hamil. Makanan yang dikonsumsi saat hamil akan sangat memengaruhi kesehatan ibu, juga pertumbuhan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, ibu hamil perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, tidak semua makanan baik dikonsumsi di masa awal kehamilan. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari di awal kehamilan:

Baca juga: Ini 10 Tanda Mual Ibu Hamil Sudah Masuk Tahap Waspada

1. Ikan Mentah atau Setengah Matang

Makanan yang harus dihindari di awal kehamilan pertama adalah ikan mentah atau setengah matang. Ikan jenis ini mengandung virus, bakteri atau parasit, seperti Norovirus, Vibrio, Salmonella, dan Listeria. Infeksi bukan hanya memengaruhi ibu hamil saja, tetapi juga janin dalam kandungan. Jika terjadi, janin bisa saja meninggal dalam kandungan.

Listeria merupakan penyakit yang berbahaya dan dapat ditularkan ibu melalui plasenta. Ibu hamil bisa saja tidak mengalami gejala-gejalanya, tetapi dapat menyebabkan kelahiran prematur, keguguran, lahir mati, serta gangguan kesehatan serius lainnya. 

2. Ikan dengan Tinggi Merkuri 

Ikan yang disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan mengandung protein dan asam lemak omega-3 esensial. Meski demikian, ibu perlu pintar memilih. Pasalnya banyak sekali ikan dengan kedua kandungan baik tersebut, tetapi tinggi merkuri. Merkuri adalah zat beracun yang tidak dapat terlihat langsung oleh mata telanjang. 

Bukan hanya membahayakan janin dalam kandungan, merkuri mampu meracuni sistem saraf, sistem kekebalan tubuh, serta organ ginjal. Jika ikan yang dikonsumsi berasal dari laut tercepat, berarti seluruh ikan di laut tersebut mengandung tinggi merkuri. Beberapa ikan yang mengandung tinggi merkuri, yaitu hiu, ikan todak (swordfish), king mackerel, serta tuna.

Baca juga: Alasan Asam Folat Penting Dikonsumsi di Awal Kehamilan

3. Telur Mentah

Telur mentah menjadi makanan yang harus dihindari di awal kehamilan. Makanan yang satu ini dapat terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. Jika tidak sengaja dikonsumsi, ibu hamil bisa saja mengalami kram di rahim. Kondisi tersebut dapat menjadi pemicu kelahiran prematur atau mati saat lahir. Sejumlah makanan yang mengandung telur mentah, seperti telur orak-arik, mayonaise, salad dressing, serta icing kue.

4. Daging Mentah atau Setengah Matang

Makanan yang harus dihindari di awal kehamilan selanjutnya adalah daging mentah atau setengah matang. Makan daging mentah atau setengah matang dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi Toxoplasma, E. coli, Listeria, dan Salmonella. Sejumlah bakteri tersebut bukan hanya membahayakan kesehatan ibu saja, tetapi juga nyawa janin dalam kandungan.

Jika ibu nekat mengonsumsinya, maka anak bisa saja mengalami penyakit neurologis yang parah, termasuk cacat intelektual, kebutaan, dan epilepsi. Tidak sampai di situ saja, mengonsumsi daging mentah atau setengah matang di masa awal kehamilan mampu menyebabkan anak mati saat lahir. Sampai di sini, apakah ibu masih nekat mengonsumsinya?

5. Susu dan Keju yang Tidak Dipasteurisasi

Susu dan keju yang tidak melalui proses pasteurisasi mengandung sejumlah bakteri berbahaya, seperti Listeria, Salmonella, E. coli, dan Campylobacter, yang dapat mengancam kesehatan ibu, bahkan nyawa janin dalam kandungan. Pasteurisasi merupakan cara paling efektif untuk membunuh bakteri berbahaya, tanpa mengubah nilai gizi produk yang disajikan.

Baca juga: Adakah Penjelasan Medis tentang Mood Ibu Hamil di Trimester Pertama?

Itulah sejumlah makanan yang harus dihindari di awal kehamilan. Jangan ambil risiko ya, bu. Sebaiknya hindari, dan jangan coba-coba mengonsumsinya. Selain makanan, ibu juga perlu melakukan pemeriksaan rutin selama masa kehamilan guna mendeteksi adanya masalah pada janin sejak dini. Untuk melakukan pemeriksaan rutin, ibu bisa melakukannya di rumah sakit terdekat.

Referensi:
Pregnancybirthbaby.org.au. Diakses pada 2021. Foods to avoid when pregnant.
Healthline Parenthood. Diakses pada 2021. 11 Foods and Beverages to Avoid During Pregnancy - What Not to Eat.
NHS UK. Diakses pada 2021. Foods to avoid in pregnancy.