• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Latihan Fisik untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Latihan Fisik untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Latihan Fisik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 September 2021
5 Manfaat Latihan Fisik untuk Kesehatan Tubuh

“Untuk menerapkan pola hidup yang sehat, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Salah satunya adalah berolahraga atau latihan fisik secara rutin. Ada berbagai manfaat kesehatan yang dapat kamu peroleh dari aktivitas fisik tersebut. Seperti misalnya stamina yang lebih baik, tidur yang lebih berkualitas, terkontrolnya berat badan, hingga dapat mengurangi risiko tubuh terserang berbagai penyakit serius.”

Halodoc, Jakarta – Selain menjaga pola makan, cara untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar adalah rutin melatih fisik atau berolahraga. Setiap orang tentunya dapat melakukan latihan fisik melalui beberapa jenis olahraga ringan sesuai kebutuhan. Seperti misalnya melakukan senam, jalan-jalan, berlari keliling kompleks, bersepeda, hingga berenang. 

Namun, aktivitas fisik tersebut ada baiknya untuk dilakukan secara rutin dan jangan dilewatkan. Sebab, ada berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari latihan fisik untuk kesehatan tubuhmu. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak infonya di sini!

Baca juga: 4 Jenis Olahraga yang Membantu Turunkan Kadar Kolesterol

Ini Manfaat yang Dapat Diperoleh dari Latihan Fisik

Bila dilakukan secara rutin dan teratur, ada berbagai manfaat yang dapat kamu peroleh melalui latihan fisik, antara lain: 

  1. Mengontrol Berat Badan

Anggapan bahwa berolahraga dapat mengontrol berat badan memang benar adanya. Sebab, latihan fisik dapat membakar lemak dan kalori berlebih pada tubuh. Maka dari itu, bila kamu memiliki kelebihan berat badan, ada baiknya untuk rutin melakukan latihan fisik. Selain itu, bagi mereka yang sudah memiliki berat badan ideal, latihan fisik berfungsi untuk menjaga bobot tubuh stabil dan tidak mudah naik.

  1. Menurunkan Risiko Berbagai Penyakit

Rutin melakukan latihan fisik dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit seperti flu atau demam. Selain itu, seseorang yang rutin melakukan latihan fisik juga dapat terhindar dari risiko berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung. Sebab, olahraga dapat melancarkan peredarah darah pada tubuh yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Beberapa penyakit lain yang dapat dihindari seperti stroke, tekanan darah tinggi atau hipertensi, obesitas, diabetes tipe 2 hingga radang pada sendi atau osteoartritis. Menariknya lagi olahraga secara rutin juga dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pikun atau demensia.

  1. Meningkatkan Stamina

Latihan fisik dapat melancarkan peredaran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh dan dapat membantu sistem kardiovaskular (jantung dan paru-paru) bekerja lebih optimal. Bila sistem kardiovaskular bekerja secara optimal, maka tubuh akan memproduksi lebih banyak energi. Kondisi tersebut dapat membuat tubuh lebih kuat sehingga kamu dapat melakukan aktivitas yang lebih banyak. Selain itu, peningkatan energi juga dapat meningkatkan kehidupan seksual, terutama pada pria.

Baca juga: 7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Latihan fisik yang teratur dapat membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Namun, untuk memperoleh manfaatnya secara maksimal, hindarilah latihan fisik terlalu dekat atau sesaat sebelum tidur. Sebab, kondisi tubuh yang terlalu berenergi justru akan membuat mata sulit terpejam.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Selain memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan fisik, latihan fisik secara rutin juga dapat memperbaiki mood atau suasana hati. Melansir dari Mayo Clinic, latihan fisik dapat merangsang berbagai hormon pada otak yang dapat membuatmu lebih tenang. Seperti misalnya hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa bahagia. Hal tersebut dapat memperbaiki suasana hati, sehingga emosi dapat lebih terkontrol.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga tentu dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk melatih fisik secara rutin dan teratur untuk menerapkan pola hidup sehat. Namun, bila kamu mengalami cedera atau nyeri otot saat melakukan latihan fisik, ada baiknya untuk periksakan diri ke dokter. Pasalnya, cedera yang dibiarkan bisa saja memicu penyakit serius pada otot maupun tulang.

Baca juga: Mengenal 4 Teknik Start Lari Jarak Pendek yang Perlu Dipahami

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menghubungi dokter spesialis terpercaya lewat fitur chat/video call secara langsung. Bila dokter menganjurkan pemeriksaan fisik, kamu juga dapat membuat janji secara mudah dengan dokter terpercaya di rumah sakit pilihanmu, tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama melalui aplikasi Halodoc. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:       

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Exercise: 7 benefits of regular physical activity
Healthline. Diakses pada 2021. The Top 10 Benefits of Regular Exercise         
Media Kompas. Diakses pada 2021. Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani untuk Kesehatan Fisik dan Mental