7 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 November 2023

“Orang yang menjalani senam irama dapat meningkatkan kekuatan tubuh, fleksibilitas, keseimbangan, serta koordinasi yang membantu membentuk postur yang benar, mengembangkan otot, meningkatkan fungsi motorik.”

7 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui7 Manfaat Senam Irama bagi Kesehatan Tubuh yang Penting Diketahui

DAFTAR ISI

  1. Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta –  Ritmik atau senam irama adalah jenis latihan fisik yang sistematis dengan bantuan peralatan tangan seperti tali, simpai, bola, tongkat, dan pita. Senam ini termasuk salah satu dari tiga disiplin ilmu dalam olahraga senam. Dua lainnya adalah senam artistik dan trampolin.

Di balik keindahan dan konsistensi gerakannya, senam irama memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Sebab, gerakan pada senam ini bisa membentuk tubuh menjadi lebih lentur dan seimbang. Lalu, apa saja manfaat senam irama bagi tubuh?

Manfaat Senam Irama untuk Kesehatan Tubuh

Senam irama biasanya adalah jenis olahraga profesional dengan harapan orang yang menjalaninya dapat menjadi atlet berprestasi. Itulah sebabnya, senam ini dapat dilakukan sejak usia dini. 

Semakin sering berlatih, maka semakin banyak waktu untuk mengembangkan kualitas. Ini meliputi keseimbangan, fleksibilitas, koordinasi, dan kekuatan.

Meski ada yang menjalani senam dengan tujuan profesional, tak sedikit pula orang yang melakoni olahraga ini untuk menjaga kebugaran. Sebab, ada banyak manfaat senam irama bagi tubuh, seperti:

1. Menjadikan tubuh lebih kuat dan sehat

Senam irama mengembangkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, serta koordinasi tubuh. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk membantu membentuk postur yang benar, mengembangkan otot, meningkatkan fungsi motorik.  

Anak yang mengikuti kelas senam ini akan tumbuh menjadi anak yang luwes, kuat dan kokoh. Sebab, senam ini membutuhkan latihan fisik yang teratur dan kebiasaan hidup sehat.

2. Menerapkan kebiasaan sehat

Memulai senam pada usia dini membantu menerapkan pola hidup sehat untuk anak, sehingga secara tidak langsung membentuk kebiasaan dan keterampilan yang baik sejak kecil. 

Selain itu, terlibat sejak dini dalam senam membantu mendorong gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik secara teratur dan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

3. Senam irama membangun kepercayaan diri

Manfaat senam irama untuk tubuh selanjutnya adalah dapat membangun rasa percaya diri. Ini karena senam ritmik melibatkan gerakan tubuh yang anggun, kelincahan, kelenturan, dan keseimbangan. 

Dengan begitu, senam ini membantu anak bergerak dengan percaya diri dan anggun. Selain melalui olahraga, orang tua juga bisa melakukan 7 Trik Mendidik Anak Agar Selalu Percaya Diri.

4. Membangun resistensi psikologis

Pesenam ritmik dapat mengembangkan karakter yang kuat. Ini karena kebutuhan untuk melakukan rutinitas yang kuat dan melatih keterampilan yang sama secara berulang. 

Selain itu, senam irama adalah olahraga dengan dedikasi dan tekad yang kukuh. Pesenam perlu berlatih keras untuk dapat mempertahankan kualitas.

5. Mendapatkan keterampilan sosial

Rutin melakukan olahraga ini juga meningkatkan keterampilan sosial yang penting seperti kerja tim dan rasa hormat terhadap senior.

Keharusan berinteraksi dengan teman sebayanya, kehadiran orang asing selama kelas, dan kebutuhan untuk tampil secara tidak langsung berkontribusi pada adaptasi sosial anak. Ini akan sangat membantu anak mengembangkan kemampuannya bersosial.

6. Senam irama sebagai bentuk ekspresi diri

Inti dari senam ritmik adalah ekspresi diri. Sebab, senam ini adalah kombinasi unik dari olahraga, tari dan seni. Gabungan inilah yang membuat para pelaku senam ini lebih bisa mengekspresikan dirinya secara unik. Kemampuan tersebut secara tidak langsung juga dapat membantu melepas emosi negatif.

7. Pribadi yang tangguh dan mandiri

Latihan secara rutin dapat membentuk pesenam menjadi orang yang disiplin, mandiri, dan tidak mudah menyerah.

Senam ini terdiri dari beberapa jenis, tergantung alat bantunya. Ada yang memakai tali, simpai, bola, tongkat, dan pita. Meski begitu, setiap senam tersebut kurang lebih memiliki manfaat yang sama untuk tubuh.

Itulah penjelasan mengenai manfaat senam irama bagi tubuh. Selain itu, ketahui pula 4 Gerakan Senam Ritmik yang Bermanfaat bagi Tubuh.

Jika kamu atau ada anggota keluargamu punya keluhan kesehatan setelah melakukan senam atau olahraga gymnastic lainnya, jangan tunda untuk langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc.✔️ 

Referensi:
Britannica.com. Diakses pada 2021. Rhythmic gymnastics
International Rhythmic Gymnastic & Ballet. Diakses pada 2021. Rhythmic Gymnastics: The Benefits of Starting Early

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan