• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh

7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 September 2021
7 Manfaat Senam Irama bagi Tubuh

Orang yang menjalani senam irama dapat meningkatkan kekuatan tubuh, fleksibilitas, keseimbangan, serta koordinasi yang membantu membentuk postur yang benar, mengembangkan otot, meningkatkan fungsi motorik.

Halodoc, Jakarta –  Kalau kamu baru pertama kali mendengar istilah senam irama, senam irama atau ritmik adalah jenis latihan fisik yang sistematis dengan bantuan peralatan tangan seperti tali, simpai, bola, tongkat, dan pita. Senam irama adalah salah satu dari tiga disiplin ilmu dalam olahraga senam. Dua lainnya adalah senam artistik dan trampolin.

Di balik keindahan dan konsistensi gerakannya, senam irama memberikan banyak manfaat buat tubuh. Aktif menjalani senam irama sejak dini dapat membantu mendorong gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik secara teratur dan makan makanan yang seimbang. Gerakan pada senam irama bisa membentuk tubuh menjadi lebih lentur dan seimbang. Simak selengkapnya manfaat senam irama bagi tubuh di sini!

Membentuk Fisik dan Psikis yang Tangguh

Senam irama biasanya adalah jenis olahraga yang dijalani secara profesional dengan harapan orang yang menjalaninya bisa menjadi atlet yang berprestasi. Itulah sebabnya, senam irama ini dimulai sejak usia dini. 

Semakin cepat dilatih, maka semakin banyak waktu yang dimiliki untuk mengembangkan kualitas yang diperlukan untuk pesenam. Ini meliputi keseimbangan, fleksibilitas, koordinasi, dan kekuatan.

Baca juga: 5 Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

Meski ada yang menjalani senam irama dengan tujuan profesional, ada juga yang melakoni olahraga ini untuk menjaga kebugaran. Sebab, senam irama memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat senam irama bagi tubuh?

1. Menjadikan Tubuh Lebih Kuat dan Sehat

Orang yang menjalani senam irama akan mengembangkan kekuatan, fleksibilitas, keseimbangan, serta koordinasi yang membantu membentuk postur yang benar, mengembangkan otot, meningkatkan fungsi motorik.  Anak yang mengikuti kelas senam ini akan tumbuh menjadi anak yang luwes, kuat dan kokoh. Sebab, senam irama membutuhkan latihan fisik yang teratur dan kebiasaan hidup sehat. 

2. Menerapkan Kebiasaan yang Sehat

Memulai senam irama di usia dini membantu menerapkan pola hidup sehat untuk anak, sehingga secara tidak langsung membentuk kebiasaan dan keterampilan yang baik sejak kecil. Terlibat sejak dini dalam senam irama membantu mendorong gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik secara teratur dan mengonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang.

Baca juga: 3 Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Si Kecil

3. Membangun Kepercayaan Diri

Senam ritmik melibatkan gerakan tubuh yang anggun, kelincahan, kelenturan, dan keseimbangan. Dengan demikian, senam ritmik membantu anak bergerak dengan percaya diri dan anggun. 

4. Membangun Resistensi Psikologis

Karena kebutuhan untuk melakukan rutinitas di bawah tekanan yang kuat dan melatih keterampilan yang sama berulang-ulang, pesenam irama mengembangkan karakter yang kuat. Senam adalah olahraga dengan dedikasi dan tekad yang kukuh. Pesenam perlu berlatih keras untuk dapat mempertahankan kualitas yang dibutuhkan.

5. Mendapatkan Keterampilan Sosial

Rutin melakukan senam irama juga meningkatkan keterampilan sosial yang penting seperti kerja tim dan rasa hormat terhadap senior.

Keharusan berinteraksi dengan teman sebayanya, kehadiran orang asing selama kelas, dan kebutuhan untuk tampil di depan umum secara tidak langsung berkontribusi pada adaptasi sosial anak. Ini akan sangat membantu anak mengembangkan kemampuannya bersosial.

Baca juga: 6 Pilihan Olahraga Selama Social Distancing

6. Bentuk Ekspresi Diri

Inti dari senam irama adalah ekspresi diri. Senam irama adalah kombinasi unik dari olahraga, tari dan seni. Kombinasi inilah yang membuat para pelaku senam irama lebih bisa mengekspresikan dirinya secara unik. Kemampuan mengekspresikan diri ini secara tidak langsung juga dapat membantu melepas emosi negatif. 

7. Pribadi yang Tangguh dan Mandiri

Latihan yang dilakoni secara rutin dapat membentuk pesenam irama menjadi orang yang disiplin, mandiri, dan tidak mudah menyerah.

Senam irama terdiri dari beberapa jenis, tergantung alat bantunya. Ada senam irama yang menggunakan tali, simpai, bola, tongkat, dan pita. Masing-masing senam irama tersebut kurang lebih memiliki manfaat yang sama untuk tubuh.

Itulah penjelasan mengenai manfaat senam irama bagi tubuh. Informasi selengkapnya bisa kamu tanyakan melalui Halodoc. Kamu juga bisa membeli obat tanpa harus keluar rumah lewat aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Britannica.com. Diakses pada 2021. Rhythmic gymnastics
International Rhythmic Gymnastic & Ballet. Diakses pada 2021. Rhythmic Gymnastics: The Benefits of Starting Early