5 Manfaat Sulfur pada Skincare untuk Atasi Jerawat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Oktober 2022

“Sulfur adalah salah satu kandungan pada skincare yang ampuh dalam mengatasi jerawat. Nah, sulfur dapat mengatasi jerawat, salah satunya karena sifat anti-inflamasi yang dimilikinya.”

5 Manfaat Sulfur pada Skincare untuk Atasi Jerawat5 Manfaat Sulfur pada Skincare untuk Atasi Jerawat

Halodoc, Jakarta – Penggunaan skincare sudah menjadi kebiasaan harian bagi beberapa orang. Ternyata, produk perawatan kulit ini bukan hanya membantu kulit menjadi halus, tetapi juga dapat membantu dalam mengatasi jerawat.

Dipercaya, kandungan pada skincare ini yang dapat efektif dalam menghilangkan jerawat adalah sulfur. Maka dari itu, perlu tahu cara bahan kimia ini membuat wajah mulus terawat.

Cara Kandungan Sulfur pada Skincare Mengatasi Jerawat

Sulfur, atau belerang, adalah unsur alami yang penting bagi kehidupan. Zat ini telah digunakan sejak lama untuk tujuan medis. Namun untuk perawatan kulit, sulfur biasanya dimasukkan ke berbagai produk kecantikan, termasuk skincare.

Sulfur juga kerap digunakan untuk mengatasi jerawat. Sebab, kandungan dari zat ini memiliki tiga fungsi utama agar jerawat menghilang, yaitu mengatasi peradangan, menghilangkan ketidakseimbangan bakteri, serta menurunkan produksi minyak berlebih.

Lalu, bagaimana sih cara kerja sulfur dalam menghilangkan jerawat, yaitu:

1. Mengeringkan Minyak Berlebih

Saat dioleskan ke kulit, sulfur dapat mengeringkan minyak berlebih dan membantu dalam mencegah jerawat. Maka dari itu, pengaplikasian skincare dengan zat ini mampu mengurangi sebum dan bakteri.

2. Memiliki Sifat Anti-inflamasi

Sulfur juga memiliki sifat anti-inflamasi, berarti mampu mengatasi berbagai aspek yang menyebabkan jerawat secara bersamaan. Sebab, peradangan adalah salah satu penyebab jerawat semakin parah.

3. Mengatasi Bakteri Penyebab Jerawat

Skincare dengan kandungan ini juga dapat mengatasi jerawat dengan menghilangkan bakteri penyebabnya. Sebab, zat ini memiliki sifat antibakteri ringan yang dapat mengurangi bakteri P.acnes, yang merupakan penyebab jerawat.

4. Memberikan Pengelupasan pada Kulit

Zat yang disebut juga dengan belerang ini juga dapat bekerja untuk mengelupas kulit yang mati dan menghilangkan kotoran. Hal ini karena sulfur memiliki efek keratolitik, sifat ini mampu membantu dalam menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

5. Mengatasi Kulit Sensitif

Sulfur memang kerap digunakan untuk melembutkan dan mengelupas kulit mati yang tebal. Hal ini sangat baik dalam mengatasi jerawat, psoriasis, dan dermatitis seboroik.

Efek Samping Penggunaan Sulfur

Perlu diketahui, zat ini juga dapat memberikan efek samping, seperti kulit kering dan iritasi pada kulit sensitif. Maka dari itu, berhati-hatilah saat menggunakan produk skincare yang mengandung sulfur. Lebih baik lagi jika berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Lalu, apakah belerang baik bagi semua jenis kulit?

Belerang disebut-sebut sangat baik digunakan pada seseorang yang memiliki kulit kombinasi atau kering. Hal ini karena kemampuannya dalam mengatasi banyak masalah kulit. Artinya, lebih sedikit produk yang digunakan dan minim paparan bahan kimia yang bisa membahayakan tubuh.

Untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif, penggunaan skincare dengan konsentrasi sulfur yang banyak mungkin tidak disarankan. Sebaiknya pilih yang memiliki konsentrasi rendah, sehingga manfaatnya terasa tanpa perlu merasakan efek sampingnya.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat sulfur dalam atasi jerawat, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. Sulfur Is an Age-Old Treatment For Acne, Psoriasis, Eczema, Rosacea, and More.
Exposed Skincare. Diakses pada 2022. What Does Sulfur for Acne do to Your Skin?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan