5 Obat Sakit Gigi dan Bahan Alami Ampuh Redakan Sakit

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Januari 2024

“Ada beberapa obat sakit gigi yang bisa digunakan untuk mengatasi gejala nyeri dan pembengkakan. Contohnya ibuprofen, paracetamol, dan asam mefenamat, atau bahan alami seperti garam, bawang putih, dan bawang merah.”

5 Obat Sakit Gigi dan Bahan Alami Ampuh Redakan Sakit5 Obat Sakit Gigi dan Bahan Alami Ampuh Redakan Sakit

Halodoc, Jakarta – Sakit gigi adalah gangguan yang ditandai dengan nyeri, bengkak di rahang, perdarahan pada gusi, dan bau mulut. Tingkat keparahan dan durasinya bervariasi pada masing-masing pengidap.

Gejala yang muncul biasanya menjadi pertanda adanya masalah pada gigi atau gusi. Contohnya, gigi berlubang, radang atau infeksi gusi, dan gigi busuk. Tandanya bisa menjalar ke area sekitarnya, termasuk rahang dan telinga.

Dalam intensitas ringan, gejala dapat diatasi dengan obat-obatan dan bahan alami. Jenis obatnya termasuk ibuprofen, paracetamol, dan asam mefenamat. Sementara itu, bahan alaminya seperti garam, bawang merah, dan cuka apel.

Jenis Obat Sakit Gigi 

Sebelum mengkonsumsi obat-obatan, disarankan untuk selalu memperhatikan dosis dan cara pakai yang aman sesuai dengan instruksinya yang tertera pada kemasan obat. Bisa juga mengikuti anjuran dokter atau apoteker. Langkah ini diambil guna mencegah efek samping yang membahayakan.

Berikut jenis obat-obatan yang direkomendasikan: 

1. Ibuprofen

Ibuprofen termasuk ke dalam jenis obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Bisa disebut juga dengan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID). Obat ini bekerja dengan mengurangi pembengkakan dan nyeri akibat peradangan. 

Namun, perlu diingat juga ibuprofen hanya boleh dipakai dalam jangka pendek saja. Sebab penggunaan jangka panjang dapat meningkatkan risiko efek samping, seperti infeksi atau tukak lambung dan kerusakan pada organ hati atau ginjal.

Pada beberapa pengguna, efek samping mungkin saja terjadi setelah penggunaan. Dampaknya bisa berupa perut kembung, mual, muntah, diare, sembelit, sakit maag, pusing, dan sakit kepala.

Untuk ibu hamil, ada beberapa rekomendasi obat sakit gigi yang aman dan efektif. Contohnya pada artikel ini: “Ini 5 Pilihan Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil”.

2. Paracetamol

Paracetamol bekerja dengan menurunkan produksi senyawa kimia berupa prostaglandin di otak. Senyawa tersebut berperan dalam menyebabkan pembengkakan dan peradangan. 

Sama seperti ibuprofen, paracetamol juga tidak bisa digunakan dalam jangka panjang, salah satunya kerusakan hati. Dalam jangka pendek, efek sampingnya berupa nyeri ulu hati, perubahan warna tinja dan feses, serta sakit kuning.

3. Benzocaine

Benzocaine adalah obat yang memiliki cara kerja seperti anestesi. Cara kerjanya dengan memblokir sinyal saraf di area yang sakit. Dalam jangka panjang, penggunaan berisiko menyebabkan methemoglobinemia.

Methemoglobinemia adalah gangguan yang menyebabkan penurunan jumlah oksigen di dalam darah. Dampak lainnya, yakni susah bernapas, pusing, mual, pucat, dan perubahan warna bibir, kuku, serta telapak tangan jadi kebiruan.

4. Asam mefenamat

Asam mefenamat atau mefenamic acid mengandung zat antiinflamasi yang efektif mengatasi rasa nyeri. Namun, penggunaannya berisiko menyebabkan mual, muntah, perut kembung, diare, sakit maag, pusing, dan sembelit.

5. Acetaminophen

Acetaminophen adalah obat sakit gigi dari golongan analsik. Jenis obat ini efektif mengatasi nyeri dalam intensitas ringan hingga sedang. Penggunaannya dapat memicu reaksi alergi yang ditandai dengan kesulitan bernapas, gatal-gatal, dan pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, serta tenggorokan.

Mau tahu rekomendasi obat sakit gigi berlubang untuk dewasa? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh untuk Dewasa“.

Bahan Alami untuk Mengatasi Sakit Gigi

Selain obat-obatan di atas, berikut adalah daftar bahan alami yang bisa kamu coba untuk meredakan gejala sakit gigi. 

1. Garam

Garam mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri yang efektif menurunkan sekaligus menghilangkan gejala sakit gigi. Kandungan tersebut juga dapat menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab nyeri.

Caranya, larutkan 1 sendok makan garam ke dalam 1 gelas air. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur selama beberapa menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak beberapa kali sehari sesuai kebutuhan.

2. Bawang merah

Bawang merah mengandung antiseptik dan antimikroba yang berfungsi mengendalikan rasa sakit sakit. Caranya, kunyah bawang merah di bagian gigi yang sakit. Kamu juga bisa menghaluskan dan menempelkan bahan alami ini di bagian gigi yang bermasalah.

3. Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Penggunaannya efektif meredakan sakit gigi yang disebabkan oleh penumpukan bakteri. Caranya, kunyah atau tempelkan bawang putih tumbuk di bagian gigi yang sakit.

4. Es batu

Obat sakit gigi dari bahan alami selanjutnya adalah es batu. Rasa dingin yang dihasilkan es mampu memberikan efek kebas atau mati rasa pada saraf gigi. Dengan begitu, nyeri bisa mereda dengan sendirinya. Caranya, kompres bagian yang sakit dengan es batu selama 15 menit.

5. Cuka apel

Cuka apel mengandung antimikroba dan antibakteri yang efektif mengurangi rasa nyeri akibat gigi berlubang. Caranya, larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam 1 gelas air. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur.

Cara lainnya, gunakan kapas kecil yang sudah direndam dalam larutan. Kemudian, tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian kumur air bersih.

6. Teh peppermint

Kantung teh peppermint dapat digunakan untuk mematikan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Caranya, rentang kantung teh ke dalam air hangat. Kemudian, oleskan ke area gigi yang terasa sakit.

Cara lainnya, letakkan kantung teh di dalam freezer selama beberapa menit. Lalu tempelkan pada gigi. Diamkan beberapa saat. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari sesuai dengan kebutuhan.

Diingatkan kembali, disarankan untuk memperhatikan dosis tepat penggunaan sebelum menggunakan jenis obat kimia maupun herbal. Selain mencegah efek samping, tujuan lainnya untuk menurunkan risiko keparahan gejala.

Cari obat atau suplemen yang direkomendasikan dokter untuk mengatasi sakit gigi hanya di Toko Kesehatan Halodoc, produk terpercaya dengan pengiriman cepat dan aman.

Referensi:
MedicineNet. Diakses pada 2023. Acetaminophen Uses, Side Effects, and Dosage.
MIMS. Diakses pada 2023. Benzocaine.
Verywell Health. Diakses pada 2023. What You Need to Know About Ibuprofen.
National Health Service UK. Diakses pada 2023. Paracetamol for adults.
WebMD. Diakses pada 2023. Mefenamic Acid – Uses, Side Effects, and More.
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan