5 Pola Makan untuk Menambah Berat Badan Kucing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   02 September 2021
5 Pola Makan untuk Menambah Berat Badan Kucing5 Pola Makan untuk Menambah Berat Badan Kucing

Mengatasi masalah kesehatan yang mendasari penurunan berat badannya, memilih makanan yang tepat dan mencari tahu berapa banyak yang harus diberi adalah cara untuk menambah berat badan pada kucing. Kucing dirangsang untuk makan dengan mencium bau makanannya. Menghangatkan makanan basah dapat membantu membuat makanan lebih beraroma.”

Halodoc, Jakarta –  Kucing di rumahmu mengalami penurunan berat badan? Segera cari tahu penyebabnya. Terkadang kondisi psikologis seperti cemas, stres, atau depresi bisa menyebabkan penurunan berat badan pada kucing. 

Kucing yang baru sembuh dari sakit juga dapat mengalami penurunan berat badan. Untuk itu kamu perlu menerapkan pola makan khusus untuk menambah berat badan kucing. Yuk, simak di sini pola makan seperti yang direkomendasikan!

Mengatur Frekuensi dan Menghangatkan Makanan

Cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan kucing, yaitu memerhatikan pola dan jenis makanan yang ia konsumsi. Mengatasi masalah kesehatan yang mendasari penurunan berat badannya, memilih makanan yang tepat dan mencari tahu berapa banyak yang harus diberikan adalah cara menambah berat badan kucing

Berikut ini beberapa tips untuk membuat kucing makan dengan lahap dan menambah berat badan kucing dengan aman, yaitu:

Baca juga: Ini Kondisi Kucing yang Perlu Pertolongan Pertama

1. Mengatur Porsi dan Durasi Makan 

Perut kucing hanya seukuran bola pingpong. Jadi wajar jika kucing tidak dapat makan dengan banyak sekaligus. Jenis makanan seperti apa yang disukai kucing? Apakah kucingmu lebih suka makanan basah, makanan kering atau keduanya, cobalah memberi makan yang jadi favoritnya itu satu sendok makan setiap beberapa jam.

Porsi makanan kecil dan teratur jauh lebih baik ketimbang makanan dalam porsi besar. Frekuensi makan dalam jumlah kecil tapi sering juga sangat baik untuk mengurangi risiko kucing muntah setelah makan.

2. Menghangatkan Makanan Kucing 

Kucing dirangsang untuk makan dengan mencium bau makanannya. Menghangatkan makanan basah dapat membantu membuat makanan lebih beraroma dan menarik bagi kucing.

Untuk menghangatkan makanan kucing, masukkan makanannya ke dalam mangkuk tahan microwave dan masukkan ke microwave selama beberapa detik. Suhu optimal untuk makanan kucing adalah mendekat suhu tubuhnya yaitu 38,5 derajat Celcius.

3. Tawarkan Camilan yang Tepat di Antara Waktu Makan

Camilan sehat di antara waktu makan dapat membantu menambah berat badan kucing. Cobalah memberi kucing camilan sehat berprotein tinggi yang disisipkan antara sela waktu makan. 

Baca juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan

4. Kurangi Kecemasan Kucing 

Kucing yang tenang adalah kucing yang bahagia, dan kucing yang bahagia cenderung memiliki nafsu makan yang baik. Kucing adalah pemburu soliter dan pemakan soliter.

Artinya, kucing kesayanganmu lebih suka makan tanpa diganggu. Kucing akan makan lebih baik jika kamu membiarkannya menikmati makanannya sendiri. 

5. Bicaralah dengan Dokter Hewan Tentang Suplemen Penambah Nafsu Makan

Ada beberapa suplemen yang tersedia dari dokter hewan yang dapat membantu merangsang nafsu makan kucing. Kamu bisa menanyakan ke Halodoc mengenai hal ini. 

Penurunan berat badan yang tidak disengaja adalah tanda nonspesifik yang dapat memiliki banyak penyebab. Jika kamu melihat kucing peliharaan mengalami kehilangan berat badan, kamu perlu menghubungi dokter hewan. 

Melalui pemeriksaan ke dokter hewan, kamu bisa tahu pasti penyebab penurunan berat badan kucing. Kamu harus memiliki berat badan yang terdokumentasi dari kunjungan terakhir dan dapat mengkonfirmasi penurunan berat badan.

Berdasarkan pemeriksaan, kemungkinan dokter hewan akan merekomendasikan pemeriksaan tinja untuk memeriksa parasit usus, dan pemeriksaan darah untuk memeriksa petunjuk untuk mengetahui penyebab penurunan berat badan.

Baca juga: Ketahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing Peliharaan

Parasit usus adalah penyebab penurunan berat badan kucing. Induk kucing yang sedang hamil dapat memberikan parasit pada anak kucingnya, dan si induk juga dapat menularkan parasit melalui ASI saat menyusui. 

Kucing juga bisa mendapatkan parasit dari berburu dan memakan mangsanya, atau bahkan dengan berjalan melalui rumput dan kotoran yang terkontaminasi. Jika penyebabnya adalah parasit, obat cacing sederhana, yang diarahkan pada parasit yang sesuai, dapat mengembalikan berat badan kucing.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
PetMD.com. Diakses pada 2021. What to Feed a Cat for Weight Gain
Pets.webmd.com. Diakses pada 2021. Weight Loss in Cats

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan