Ketahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing Peliharaan

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   30 November 2020
Ketahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing PeliharaanKetahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing Peliharaan

Halodoc, Jakarta – Ada beberapa jenis penyakit yang rentan menyerang kucing, termasuk kucing dewasa. Umumnya, masalah kesehatan pada kucing disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari usia, kondisi tubuh, makanan yang dikonsumsi, serta kondisi mental atau psikologis. Lantas, apa saja jenis penyakit yang bisa menyerang kucing peliharaan? 

Tidak berbeda jauh dengan hewan peliharaan lainnya, kucing juga bisa sakit. Mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit parah yang bisa menghilangkan nyawa. Jika kesehatannya tidak dijaga, kucing peliharaan bisa saja mengalami penyakit seperti kanker, diabetes, infeksi, hingga rabies. 

Baca juga: Waspadai 4 Penyakit yang Rentan Menyerang Anak Kucing

Jenis Penyakit yang Bisa Menyerang Kucing

Saat kucing peliharaan sakit, penting untuk mengetahui jenis penyakit yang menyerang sehingga bisa ditangani dengan tepat. Berikut beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang kucing: 

1.Kanker 

Kucing peliharaan memiliki risiko mengalami kanker. Penyakit ini terjadi karena ada pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan menyerang jaringan hingga menyebar ke bagian tubuh lain. Tidak berbeda jauh dengan yang diidap manusia, kanker pada kucing juga bisa terjadi pada satu area tertentu atau menyebar ke seluruh tubuh. 

2.Diabetes 

Kucing juga bisa mengidap diabetes, yaitu penyakit kompleks yang disebabkan oleh kurangnya hormon insulin atau respon tubuh yang kurang maksimal terhadap hormon tersebut. 

3.Feline Immunodeficiency Virus (FIV)

Kucing peliharaan bisa terinfeksi virus, salah satunya virus imunodefisiensi kucing (FIV). Kabar buruknya, infeksi ini sering kali terlambat disadari karena bisa muncul tanpa menunjukkan gejala hingga bertahun-tahun. Meski berkembang lambat, penyakit ini bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh kucing menjadi sangat lemah. Alhasil, kucing rentan terserang infeksi sekunder. Ada juga infeksi virus Feline Leukemia Virus (FelV). Tidak berbeda jauh, infeksi ini juga melemahkan kekebalan kucing dan bisa berujung pada kematian. 

4.Cacing Hati 

Penyakit ini ditularkan oleh nyamuk yang sudah terinfeksi. Cacing hati alias heartworm dikenal sebagai penyebab masalah kesehatan pada kucing, terutama penyakit pada paru-paru. Pemilik kucing yang tinggal di daerah rawan nyamuk harus mewaspadai jenis penyakit yang satu ini. 

5.Rabies 

Rabies disebabkan oleh virus yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini bisa terjadi pada semua mamalia, termasuk kucing, anjing, dan manusia. Rabies pada kucing sama sekali tidak boleh disepelekan. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter hewan jika kucing peliharaan menunjukkan gejala penyakit ini. 

6.Infeksi Saluran Pernapasan Atas 

Infeksi bisa terjadi pada saluran pernapasan bagian atas kucing, termasuk hidung, tenggorokan, dan sinus. Ada berbagai virus dan bakteri yang bisa menginfeksi dan menyebabkan penyakit. 

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Kulit pada Kucing

Menjaga Kesehatan Kucing Peliharaan 

Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan kucing peliharaan, salah satunya dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ternyata, kondisi gigi dan mulut sangat berpengaruh pada kesehatan kucing secara keseluruhan. Sama seperti manusia, gigi kucing juga harus dibersihkan dengan teratur.

Pastikan juga kucing makan teratur, setidaknya 2 kali dalam sehari. Pada kucing dewasa, itu cukup. Penting juga untuk memperhatikan jenis makanan dan asupan nutrisi yang diterima. Semakin dewasa kucing, maka semakin beragam nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, pastikan juga untuk menjadi partner atau teman bermain bagi kucing, sehingga kesehatannya selalu terjaga. 

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

Kalau kucing menunjukkan gejala sakit, kamu bisa coba bicarakan pada dokter hewan di aplikasi Halodoc. Cari tahu penyebab dan cara mengatasi penyakit pada kucing dari ahlinya. Download aplikasi Halodoc di sini!

Referensi
Proplan.co.id. Diakses pada 2020. Menjaga Kucing Dewasa Sehat dan Bahagia.
ASPCA. Diakses pada 2020. Common Cat Diseases.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan