• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Kondisi Kucing yang Perlu Pertolongan Pertama

Ini Kondisi Kucing yang Perlu Pertolongan Pertama

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tidak ada yang lebih menakutkan daripada saat hewan peliharaan tidak sehat atau terluka. Pada saat itu, sering kali kamu jadi panik karena tidak tahu harus berbuat apa. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari hal-hal yang perlu dilakukan saat kucing kesayangan sedang terluka atau sakit dan membutuhkan segera pertolongan pertama. 

Pada dasarnya, kucing memiliki jiwa penjelajah, mereka gemar memanjat pohon atau berkeliaran untuk menyelidiki wilayah kucing lain. Sayangnya, kecintaan pada petualangan ini terkadang dapat membuat mereka dalam masalah. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pahami saat hendak memberikan pertolongan pertama pada kucing. 

Baca juga: Ketahui 6 Penyakit yang Rentan Dialami Kucing Peliharaan

Ketahui saat Kucing Sedang Kesakitan

Kucing adalah makhluk yang sangat tertutup dan karena itu kadang kamu tidak selalu tahu apakah mereka kesakitan, jadi mungkin sulit untuk mengetahui kapan mereka membutuhkan pertolongan pertama. Meskipun sangat bergantung pada penyakit atau cedera tertentu, ada beberapa gejala penyakit pada kucing yang paling umum yang akan mereka tunjukkan sebagai berikut:

  • Bersembunyi, seperti di tempat gelap. 
  • Napasnya jadi cepat dan pendek. 
  • Menggeram, mendesis, atau menangis.
  • Jadi lebih galak, baik terhadap orang maupun hewan peliharaan lain di rumah.
  • Tidur lebih sering.
  • Kurang nafsu makan.
  • Menjilati area tertentu secara obsesif
  • Kurangnya perawatan diri.
  • Keengganan untuk bergerak atau bermain. 
  • Pincang atau kesulitan berjalan.

Baca juga: Waspadai Penyakit Kulit Demodekosis pada Kucing Peliharaan

Ini Pertolongan Pertama untuk Kucing

Saat kucing kesakitan, mengetahui cara bereaksi sering kali dapat membuat kondisi kucing membaik. Coba untuk tetap tenang, menarik napas dalam-dalam, karena kucing kemungkinan besar akan stres dan ketakutan. Kamu juga tak boleh panik karena mereka ahli dalam memahami perasaan pemiliknya. 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi dokter hewan di Halodoc. Dengan menghubungi dokter hewan di Halodoc, mereka akan memberikan tips untuk melakukan pertolongan pertama. 

Jangan pernah memberi kucing obat-obatan yang ditujukan untuk digunakan manusia karena dapat beracun dan menyebabkan reaksi yang merugikan.

Cara Menangani Kucing yang Terluka

Jika kamu perlu menangani kucing yang cedera untuk dibawa ke dokter hewan, kamu harus tahu cara menanganinya dengan aman. Dekati mereka dengan sangat lambat, lalu coba pegang/genggam tengkuknya, dan angkat kucing dengan dengan tangan lainnya menyangga paha atau kaki belakang (tergantung kondisi lukanya). Jika kucing sangat terluka, agresif, atau susah bergerak, kamu bisa meletakkan keranjang/box kucing secara terbalik, kemudian sisipkan papan tipis atau kardus di bawah tubuhnya dan angkat kucing. Ini dinilai lebih aman untuk dilakukan saat hendak membawanya ke dokter hewan. Pasalnya, kucing bisa saja kabur atau melukai orang di sekitarnya karena panik dan ketakutan. 

Menangani Kucing yang Berdarah

Jika kucing berdarah, penting untuk segera memberikan pertolongan pertama pada kucing untuk mencegah shock atau pingsan. Jika kamu berada dalam situasi yang membuatmu harus memperlambat pendarahan sebelum bantuan dapat dicari, ikuti langkah-langkah ini: pertama, berikan tekanan setidaknya selama 10 menit untuk luka yang cukup dalam, menggunakan kain kasa, tisu, atau kain bersih. Ini mungkin sulit dan mungkin perlu meminta bantuan orang lain jika kucing menolak. Selain itu, jangan mengikat ikatan di sekitar area tersebut.

Saat menekan area yang berdarah, kamu tidak boleh mengangkat balutan untuk memeriksa apakah pendarahan telah berhenti karena dapat mengeluarkan gumpalan. Jika darah keluar melalui perban, cukup letakkan yang baru di atas yang lain. Pastikan untuk mencari pertolongan dokter hewan sesegera mungkin.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing 

Saat Kucing Keracunan

Jika kamu tahu kucing keracunan karena makan sesuatu, lebih penting untuk pergi ke dokter hewan daripada menghabiskan waktu untuk pertolongan pertama. Kamu harus menemukan racunnya, menelepon dokter hewan, dan membawanya ke klinik atau rumah sakit hewan secepat mungkin. Penting juga untuk membawa label atau informasi apapun tentang apa yang dimakan kucing, atau jika itu adalah tumbuhan, dapatkan namanya dan bawa sampel atau fotonya. 

Referensi:
Purina UK. Diakses pada 2020. Cat First Aid.
Veterinary Emergency Group. Diakses pada 2020. When to Take Your Cat to the Emergency Vet.