5 Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Juli 2022

“Sebagai bagian dari perawatan herbal, jamu bisa dikonsumsi rutin untuk menjaga kebugaran. Beberapa jamu yang direkomendasikan untuk kesehatan wanita adalah jamu beras kencur, jamu kunyit asam, jamu sinom, jamu pahitan, dan jamu kunci sirih.”

5 Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita5 Rekomendasi Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang enggan minum jamu karena rasanya yang pahit. Padahal, minuman tradisional khas Indonesia ini memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan

Jamu terbuat dari bahan-bahan alami, seperti tumbuh-tumbuhan, daun-daunan, dan akar-akaran yang kerap digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Ia juga bisa dugunakan untuk menghilangkan bau badan dan menjaga kecantikan. Buat kamu yang ingin mencoba ramuan turun-temurun ini, terutama jamu yang baik untuk kesehatan wanita, simak rekomendasinya di sini!

Jenis-Jenis Jamu yang Baik untuk Kesehatan Wanita

Sebagai bagian dari perawatan kesehatan herbal, jamu dikonsumsi rutin untuk menjaga kebugaran. Bila nyeri haid terjadi, kamu direkomendasikan untuk minum jamu kunyit asam, begitu juga ketika mengalami keputihan.

Lantas, apa saja rekomendasi jamu yang baik untuk kesehatan  wanita?

1. Jamu Beras Kencur

Kamu sering merasa pegal-pegal? Coba minum jamu beras kencur secara rutin. Jamu ini dapat membuat tubuh jadi terasa lebih bugar dan tidak gampang lelah. Kencur yang terdapat dalam jamu dapat memberikan rasa hangat dalam tubuh ketika diminum, sehingga kamu akan merasa sehat dan segar. 

Selain itu, jamu beras kencur juga memiliki manfaat kecantikan. Seperti untuk mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membantu menurunkan berat badan. 

Jamu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti beras tumbuk, jahe, kedawung, kapulaga, asam, temu kunci, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis dan buah pala. Nah, jamu beras kencur paling enak diminum dalam keadaan dingin.

2. Jamu Kunyit Asam

Jamu kunyit asam adalah salah satu jenis jamu yang baik untuk kesehatan wanita. Itu sebabnya jamu ini direkomendasikan untuk diminum wanita yang sedang haid. Komposisi jamu kunyit asam diyakini dapat mengurangi rasa sakit yang muncul ketika haid. 

Jamu kunyit asam juga dapat melancarkan siklus haid dan menyuburkan kandungan. Selain itu, kandungan vitamin A dan C yang terdapat dalam kunyit asam dapat membuat kulit bersih, bercahaya, dan bebas dari jerawat. 

Minum jamu ini secara rutin juga dapat menghilangkan bau badan, karena kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan. 

Adapun bahan-bahan alami yang terdapat dalam minuman tradisional ini adalah kunyit dan buah asam. Kemudian akan ditambahkan daun asam muda, temulawak, biji kedawung, perasan jeruk nipis, dan sedikit gula jawa sebagai pemanis.

3. Jamu Sinom

Setelah meminum jamu yang pahit, biasanya kamu akan diberi sinom pembuat jamu. Sinom adalah daun asam jawa yang masih muda dan biasanya diracik dengan campuran temulawak, kunyit, kayu manis, kapulaga, dan gula merah sebagai pemanis. 

Tidak hanya rasanya yang enak, tapi jamu sinom juga dapat menyegarkan tubuh serta membantu proses detoksifikasi.

Jika racun-racun dalam tubuh dapat dikeluarkan, maka kulit wajahmu akan lebih bersih dan bebas dari jerawat.  Kamu bisa mendapatkan jamu sinom yang sudah banyak dijual di toko-toko dalam kemasan berbentuk botol dan lebih enak disajikan dingin.

4. Jamu Pahitan

Seperti namanya, minuman tradisional ini memang memiliki rasa yang pahit. Meski pahit, jamu ini memiliki cukup banyak khasiat untuk kesehatan wanita. Misalnya untuk mencegah bau badan, mencegah timbulnya jerawat, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Nah, jamu pahitan ini terbuat dari bahan- bahan seperti sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, serai, lengkuas, temu ireng, widoro laut, widoro putih, dan adas.

5. Jamu Kunci Sirih

Jamu kunci sirih merupakan perpaduan dari daun sirih dan temu kunci. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, daun sirih memiliki manfaat yang baik untuk wanita, yaitu mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau badan tidak sedap, dan mengatasi jerawat. 

Jamu kunci sirih juga dapat mengencangkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan. Selain terdiri dari daun sirih dan kunci temu, minuman ini juga dicampur dengan bahan-bahan seperti kunyit, kencur, jahe, kayu manis, kapulaga, asam jawa, serai, perasan jeruk nipis, garam, dan gula merah.

Mengenal Manfaat dan Kelebihan Jamu 

Meksi jamu sebagai obat herbal memang telah digunakan sejak lama, tetapi kini jamu telah menjadi cikal bakal pengobatan modern.

Obat herbal seperti jamu direkomendasikan untuk dikonsumsi, sebab jamu memiliki sedikit efek samping dan aman untuk dijadikan bagian dari gaya hidup lewat konsumsi rutin.

Nah, berikut ini adalah beberapa kelebihan herbal jamu yang baik untuk kesehatan wanita:

  • Harganya lebih terjangkau dari obat konvensional.
  • Lebih mudah diperoleh ketimbang obat resep.
  • Menstabilkan hormon dan sistem metabolisme.
  • Dapat memberikan efek penyembuhan secara alami. 
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 
  • Memiliki lebih sedikit efek samping.

Nah, jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut soal makanan atau minuman tertentu dan kandungan nutrisinya, tanyakan saja ke dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kalau kamu belum punya aplikasinya, yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Omicsonline.org. Diakses pada 2022. Benefits of Herbal Medicine.
Liputan6.com. Diakses pada 2022. 6 Jamu Khusus Wanita yang Bisa Bikin Cantik dan Sehat.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Herbs and Supplements for Menopause.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan