5 Tips Berlibur saat Long Weekend di Tengah Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Oktober 2020
 5 Tips Berlibur saat Long Weekend di Tengah Pandemi 5 Tips Berlibur saat Long Weekend di Tengah Pandemi

Halodoc, Jakarta - Liburan panjang atau long weekend selama lima hari ke depan, dikhawatirkan bakal memicu lonjakan kasus positif virus corona di kemudian hari. Apalagi bila masyarakat mengabaikan protokol kesehatan yang terus ingatkan para tenaga kesehatan dan pemerintah. 

Meski begitu, pilihan kembali berada di tangan masing-masing individu. Pilih bersantai dengan anggota keluarga di rumah, atau berlibur di luar rumah? Bagi kamu yang memutuskan untuk berlibur ke luar rumah, ada beragam hal yang harus ingat dan dipatuhi.

Berikut ini tips berlibur di tengah pandemi COVID-19:

Baca juga: Lakukan Ini agar Orang Tua Tetap Aman saat Pandemi

1.Selalu Patuhi Protokol 3M

Tips berlibur di tengah pandemi yang wajib dipatuhi adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menurut Satgas Penanganan COVID-19, salah satu cara melindungi diri dari serangan SARS-CoV-2 dengan menerapkan protokol 3M. Pertama, selalu kenakan masker bila beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, terakhir mencuci tangan dengan teratur. 

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito berdasarkan jurnal internasional, mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan sebesar 35 persen. Sementara itu, memakai masker kain mampu menurunkan risiko penularan sebesar 45 persen, dan 70 persen bila menggunakan masker bedah. 

Jangan abaikan kebersihan tangan di tengah pandemi. Cucilah tangan setidaknya selama 20-30 detik. Gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60 persen.

Nah, waktu yang tepat untuk mencuci tangan, yaitu:

  • Sebelum memasak atau makan.
  • Setelah menggunakan kamar mandi.
  • Setelah menutup hidung saat batuk, atau bersin.
  • Setelah menyentuh barang-barang yang rentan dihinggapi virus (gagang pintu, handphone, meja, dll.)

2.Jauhi Kerumunan

Tips berlibur di tengah pandemi selanjutnya menyoal keramaian di tempat umum. Kalau dipikir-pikir, memang sulit untuk menghindari keramaian. Alasannya, destinasi wisata saat long weekend biasanya dipenuhi oleh para wisatawan.

Namun, sebisa mungkin hindari kerumunan. Perhatikan juga protokol kesehatan dan kesiapsiagaan pengelola destinasi wisata. Andaikan protokol kesehatannya ‘longgar’, pertimbangkan untuk memilih opsi destinasi wisata lain yang lebih aman. 

3.Pastikan Bukan Zona Merah

Kenaikan angka positif virus corona di Indonesia masih terus meningkat. Pemerintah tak henti-hentinya mengingatkan kepada lima besar provinsi yang mengalami lonjakan penambahan kasus tertinggi. Menurut Satgas Penanganan COVID-19 (27/10) rinciannya yaitu saat Jawa Barat, Banten, Kepulauan Riau, Riau, dan Jawa tengah.

Bagi kamu yang ingin berlibur di tengah pandemi, pastikan tempat tujuan atau destinasi wisata tidak masuk ke dalam zona merah. Bagi kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai zona-zona mana saja yang aman, jangan ragu untuk bertanya kepada pihak terkait. Misalnya, hotline COVID-19 di nomor 119. 

Baca juga: Kasusnya Meningkat , Ini 8 Cara Perkuat Sistem Imun Tangkal Virus Corona

4.Persiapan Obat, Disinfektan, dan Makanan

Jangan lupa untuk membawa persediaan obat-obatan dan disinfektan, apalagi bila ibu dan anggota keluarga memutuskan untuk menginap. Andaikan ada anggota keluarga yang jatuh sakit di tengah liburan, berilah obat pereda gejala yang dijual bebas, kemudian segera temui dokter di rumah sakit terdekat

Menyoal makanan, pilihan teraman adalah membawa makanan sendiri. Kebersihannya tentu lebih terjamin dan meminimalkan berada di restoran atau tempat makan yang dipenuhi pengunjung. Jika tidak membawa makanan sendiri, gunakan opsi drive-through, pengiriman, atau take-away. 

5.Perhatikan Benda yang Mungkin Terkontaminasi

Tips berlibur di tengah pandemi terakhir berkaitan dengan benda-benda yang rentan dihinggapi virus. Bila kamu menggunakan transportasi umum untuk bepergian, contohnya pesawat, bersihkan sandaran tangan, baki (tempat menyajikan makanan), ventilasi di atas kepala, media screen, dan hal lainnya yang mungkin tanganmu sentuh.

Jangan lupa, pesawat bisa terbang beberapa kali dalam satu hari. Artinya, ada banyak kesempatan kuman dan virus mencemari isi pesawat. 

Di samping itu, bagi kamu yang memutuskan untuk menginap di hotel, jangan pula abai dengan kebersihan kamar. Meski terlihat bersih, tapi kemungkinan virus dan kuman berada di kamar hotel tetap ada.

Nah, inilah saatnya untuk mengeluarkan tisu desinfektan. Bersihkan seluruh benda-benda yang rentan dihinggapi kuman, mulai dari remote AC, remote TV, telepon, gagang pintu, meja, gelas, dan barang lainnya. Setelah itu, tetap ingat untuk kembali mencuci tangan.

Di Rumah Aja, Pandemi Tak Kenal Libur

Long weekend atau libur panjang dari 28 Oktober - 1 November, tak menutup kemungkinan bisa meningkatkan angka positif virus corona. Itulah sebabnya Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, memohon kesiapsiagaan seluruh daerah destinasi wisata untuk antisipasi terjadinya klaster libur panjang.

Pemerintah daerah dan masyarakat harus waspada dan bekerja sama untuk tidak menimbulkan kasus baru. 

"Ingat, pandemi tidak mengenal kata libur," ujar Wiku dalam keterangan pers di Media Center Satgas Penanganan COVID-19 Graha BNPB Jakarta pada Selasa (27/10) sore.

Baca juga: Kita Semua Vs Virus Corona, Siapa Pemenangnya? 

Jubir pemerintah itu mengatakan, jumlah penambahan kasus positif selama sepekan terakhir ini mencapai 3.520 orang.

“Banyak hal yang bisa dilakukan masyarakat saat libur panjang. Jika biasanya warga berada di luar rumah, sekarang jadi kesempatan untuk berada di rumah. Aktivitas di rumah adalah paling aman di masa pandemi,” ujarnya.

Selain itu, Wiku juga meminta agar masyarakat memastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan kuat, sebelum memutuskan untuk liburan ke luar rumah. 

“Ingat semua keputusan yang diambil dalam masa-masa pandemi ini memiliki dampak lanjutan. Pada akhirnya, pilihan ada di tangan masing-masing individu. Saya berharap kita dapat mengambil pilihan yang paling bijaksana untuk kebaikan bersama," katanya.

Bagaimana, pilih liburan di luar rumah seperti berkunjung ke destinasi wisata, atau di rumah saja dan melakukan aktivitas yang baru serta menyenangkan? Hal yang perlu diingat, SARS-CoV-2 penyebab pagebluk COVID-19 tak kenal libur, lho. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
Web MD. Diakses pada 2020. Avoiding the Coronavirus While Traveling.
CDC. Diakses pada 2020. Travel during the COVID-19 Pandemic
Web MD. Diakses pada 2020. Preparing for Coronavirus: Dos and Don’ts.
Reader's Digest. Diakses pada 2020. The 11 Dirtiest Spots in Every Hotel Room
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Diakses pada 2020. Pemerintah Ingatkan Pandemi Tak Kenal Kata Libur
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Diakses pada 2020. Kunci Utama Menekan Penularan Adalah Perilaku Disiplin 3M
Bisnis Indonesia. Diakses pada 2020. Jelang Long Weekend, Satgas Covid-19: Liburan Paling Aman di Rumah

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan