Lakukan Ini agar Orang Tua Tetap Aman saat Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Oktober 2020
Lakukan Ini agar Orang Tua Tetap Aman saat PandemiLakukan Ini agar Orang Tua Tetap Aman saat Pandemi

Halodoc, Jakarta - Pandemi COVID-19 hingga kini masih memukul telak puluhan negara di dunia, termasuk Indonesia. SARS-CoV-2 penyebab pagebluk ini tak pandang bulu. Mulai dari anak-anak hingga orang tua atau lansia tidak luput dari serangan virus corona.

Nah, menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), keparahan COVID-19 ini dikaitkan dengan usia dan penyakit komorbid. Para ahli di sana mengatakan, orang tua atau lansia di atas 60 tahun cukup rentan terhadap ancaman COVID-19

Lantas, bagaimana sih cara agar orang tua tetap aman selama pandemi COVID-19? 

Baca juga: Hadapi Virus Corona, Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan

1.Jauhi Keramaian

WHO tak henti-hentinya mengimbau para orang tua atau lansia agar menghindari kerumunan atau tempat-tempat yang ramai. Alasannya, virus corona ini amat cepat menular, bahkan disebut lebih mudah menular ketimbang flu biasa. 

Di samping itu, orang tua (60 tahun ke atas) juga masuk dalam kelompok yang rentan tertular virus ini. Apalagi bila mereka memiliki penyakit penyerta seperti penyakit jantung, paru-paru, diabetes, atau gagal ginjal. Nah, bagi kamu yang tinggal bersama orang tua, cobalah ingatkan mereka untuk selalu menjauhi keramaian agar terhindar dari penularan virus corona. 

2.Selalu Patuhi Protokol 3 M

Selain menjauhi keramaian, cara melindungi lansia dari virus corona harus dibarengi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Menurut Satgas Penanganan COVID-19, kunci utama memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 adalah menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. 

"Kalau kita sudah patuh pada protokol kesehatan, jangan lupa mengingatkan orang lain untuk patuh pada protokol kesehatan," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito (1/10/2020). 

Menurut Wiku berdasarkan jurnal internasional, mencuci tangan dengan sabun menurunkan risiko penularan sebesar 35 persen. Sementara itu, memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan sebesar 45 persen, dan 70 persen bila menggunakan masker bedah. 

Nah, terapkanlah protokol 3M saat berada di luar rumah agar terhindar dari penularan, dan tidak menjadi carrier virus corona bagi keluarga di rumah. 

Baca juga:  Ini 7 Perusahaan Pembuat Vaksin Virus Corona

3.Tingkatkan Kesehatan Mental

Pagebluk COVID-19 bukan hanya menyerang fisik saja, banyak orang-orang di luar sana yang merasa cemas, stres, bahkan depresi akibat COVID-19. Ingat, stres dan depresi bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Singkat kata, sistem imun bisa melemah ketika pikiran dilanda stres atau depresi. 

Selama masa sulit pandemi COVID-19, penting untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Hal ini membantu kita untuk melawan COVID-19. Itulah saran yang dikatakan Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam dokumen resmi WHO, Emergencies Press Conference on coronavirus disease outbreak - 20 March 2020.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan mental di tengah pandemi COVID-19. Mulai dari melakukan teknik relaksasi, melakukan yoga, mendengarkan musik, membaca buku, berbagi kisah dengan orang lain yang kita percaya. 

4.Perkuat Imun Tubuh

Cara melindungi lansia dari virus corona juga bisa melalui tips ini. Sistem imun yang kuat adalah kunci untuk melawan serangan SARS-CoV-2. Lantas, bagaimana cara menjaga atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh? 

  • Harus bergizi seimbang

Gizi seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Caranya dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih, dan memantau berat badan secara teratur.

Di samping itu, coba konsumsi makanan yang bisa meningkatkan kinerja sistem imun. Contohnya, brokoli dan bayam. Brokoli kaya serat, antioksidan, vitamin A, C, dan E. Sedangkan bayam kaya antioksidan, beta karoten, vitamin C, dan vitamin A. Semuanya dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain bayam dan brokoli, masih ada makanan lainnya yang bisa dikonsumsi. Contohnya, bawang putih, kunyit, buah-buahan (jeruk, lemon, kiwi, beri, jambu, hingga pepaya), makanan laut (ikan, kerang, dan tiram), hingga yoghurt. 

Baca juga: Kita Semua Vs Virus Corona, Siapa Pemenangnya?

  • Rutin Berolahraga

Menurut ahli di National Institutes of Health - Medlineplus, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi dan sel-sel darah putih. Sel darah putih adalah sel kekebalan tubuh yang melawan berbagai penyakit.

Melalui olahraga juga sel darah putih bisa bersirkulasi lebih cepat. Alhasil, sel-sel tersebut bisa lebih awal untuk mendeteksi penyakit. Menariknya lagi, olahraga juga membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan. Kondisi ini yang bisa mengurangi risiko terjangkit flu atau penyakit lainnya. 

Hal yang perlu ditegaskan, bagi lansia yang memiliki penyakit penyerta atau kondisi tertentu, cobalah diskusikan terlebih dahulu dengan dokter agar olahraga berjalan dengan aman. Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc

  • Istirahat yang Cukup

Jangan lupakan untuk selalu mendapatkan istirahat yang cukup. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan tidur selama 7–9 jam tiap harinya. Tanpa kualitas tidur yang cukup, tubuh tidak mampu memproduksi sitokin dengan jumlah yang banyak.

Sitokin adalah sejenis protein untuk melawan infeksi dan peradangan yang secara efektif menciptakan respons imun. Nah, sitokin ini diproduksi dan dilepaskan selama kita tidur.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi lansia dari virus corona. Yuk, selalu menjaga diri dan jaga mereka yang terdekat selama pandemi COVID-19.



Referensi:
WHO. Diakses pada 2020. Home care for patients with suspected novel coronavirus (COVID-19) infection presenting with mild symptoms, and management of their contacts.
WHO. Diakses pada 2020. Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 41
WHO. Diakses pada 2020. Emergencies Press Conference on coronavirus disease outbreak - 20 March 2020
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. Diakses pada 2020. Kunci Utama Menekan Penularan Adalah Perilaku Disiplin 3M
Healthline. Diakses pada 2020. 15 Foods That Boost the Immune System.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. National Sleep Foundation Recommends New Sleep Times.
National Sleep Foundation. Diakses pada 2020. How Sleep Affects Your Immunity.
National Institutes of Health - Medlineplus. Diakses pada 2020. Exercise and immunity.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan