5 Tips Memilih Serum Rambut untuk Atasi Kerontokan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Desember 2022

"Memilih serum rambut untuk mengatasi kerontokan tidak boleh asal-asalan. Pastikan kandungannya sesuai dengan jenis dan masalah rambut."

5 Tips Memilih Serum Rambut untuk Atasi Kerontokan5 Tips Memilih Serum Rambut untuk Atasi Kerontokan

Halodoc, Jakarta – Serum rambut sering dijadikan solusi masalah kerontokan. Pemakaiannya mudah, cukup usap serum sampai akar-akar rambut setelah keramas. Kandungannya juga beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan rambut. 

Salah satu kandungan serum rambut yang ampuh atasi kerontokan adalah biotin. Sejenis vitamin B kompleks ini larut dalam air sehingga mudah menyerap ke dalam akar-akar rambut. Selain mengatasi kerontokan, biotin juga mampu melawan rambut kering lewat sifat melembapkannya. 

Tips Memilih Kandungan Serum untuk Rambut Rontok

Berikut beberapa kandungan yang bisa mengatasi rambut rontok:

1. Keratin

Jenis protein ini sebenarnya terdapat dalam rambut. Ketika kadarnya menurun, rambut menjadi kusam, kering dan mudah patah. Oleh sebab itu, pilih serum yang mengandung keratin untuk meningkatkan kadarnya dalam rambut. Dengan begitu, rambut tidak mudah rusak dan semakin kuat. 

2. Vitamin D

Vitamin D berfungsi merangsang pertumbuhan rambut sekaligus menguatkan bagian folikel-folikelnya. Alhasil, rambut rontok mudah teratasi. Sejumlah penelitian bahkan mengungkapkan kalau vitamin D bisa mengurangi gejala alopecia, yaitu masalah kebotakan akibat rambut rontok. 

3. Asam lemak omega-3

Kandungan yang satu ini dikenal manfaatnya untuk perkembangan otak. Ternyata, asam lemak omega 3 juga bisa ditambahkan ke dalam serum untuk menutrisi folikel-folikel rambut, lho. Senyawa ini disinyalir mampu mencegah peradangan pada folikel yang bisa menyebabkan rambut rontok. 

4. Minyak esensial

Minyak esensial kerap ditambahkan ke dalam serum untuk menambah kelembapan. Namun, ada tambahan khasiat lain tergantung pada jenis minyaknya. Misalnya, selain melembapkan, minyak kelapa juga bisa membuat rambut lebih berkilau. 

Sedangkan minyak serai bisa mengurangi ketombe sekaligus melenturkan lambut. Nah, untuk mengatasi rambut rontok, minyak geranium adalah yang paling cocok karena bisa memperkuat bagian folikel. 

5. Zinc

Kandungan yang satu ini juga sering ada dalam produk perawatan rambut rontok. Pasalnya, zinc dapat memelihara fungsi kelenjar minyak di sekitar folikel rambut, sehingga akar-akarnya menjadi lebih kuat.

Cara Tepat Menggunakan Serum Rambut

Menerapkan serum ke rambut juga tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang kudu kamu perhatikan supaya manfaatnya maksimal. Berikut cara tepat menggunakan serum rambut:

  • Keramasi rambut sampai bersih dengan sampo yang disesuaikan dengan jenis rambut.
  • Keringkan rambut dengan handuk sampai setengah kering saja.
  • Tuangkan satu sampai dua tetes serum ke tangan dan gosokkan dengan kedua tangan selama lima detik sampai terasa hangat.
  • Oleskan serum secara merata dari ujung bawah rambut hingga ke bagian tengah rambut secara perlahan.
  • Hindari mengoleskan serum terlalu banyak supaya rambut tidak berminyak. 
  • Sisir rambut secara menyeluruh supaya serum semakin merata. 
  • Jika kulit terasa perih usai mengoleskan serum, hentikan pemakaiannya dan temui dokter untuk mendapatkan produk yang tepat. 

Untuk mencegah ketidakcocokan produk, baca label kemasannya terlebih dahulu sebelum membeli serum. Tujuannya agar produk yang kamu beli sesuai kebutuhan dan kondisi rambut. Lebih baik lagi jika kamu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu terkait kerontokan yang kamu alami. Dokter bisa membantu kamu untuk memilih serum dengan kandungan yang paling tepat.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah rambut, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Serum Biotin Levels in Women Complaining of Hair Loss.
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Study of serum vitamin D levels in men with premature androgenetic alopecia.
Healthline. Diakses pada 2022. The 8 Best Supplements for Hair Growth, According to a Dietitian.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan