• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Minuman Alkohol

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut Akibat Minuman Alkohol

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Orang yang suka minum alkohol biasanya akan meninggalkan bau di mulut. Bau mulut akibat minum alkohol dapat bertahan begitu lama, terkadang sulit untuk menghilangkan baunya bahkan hingga keesokan harinya. Padahal, minuman alkohol itu sendiri tidak memiliki bau. Adapun aroma yang kamu cium dari botol alkohol adalah bahan lainnya. 

Meskipun kamu sangat menikmati saat-saat minum alkohol, tentu kamu tidak menginginkan bau mulut yang ditinggalkannya. Supaya mulut terhindar dari bau tidak sedap setelahnya, ada beberapa cara untuk membantu menghilangkan bau mulut setelah minum alkohol, di antaranya:

Baca juga: Alasan Sering Bau Mulut ketika Puasa

  • Mengunyah Permen Karet

Permen karet membantu menghilangkan napas bau alkohol. Aroma segar dari permen karet tidak hanya bisa menutupi bau minuman, tapi juga bisa menyebabkan kamu mengeluarkan air liur. Hal ini juga bisa mengurangi bau mulut setelah minum alkohol. 

Coba kunyah permen karet rasa asam, karena menyebabkan air liur berlebih yang bisa menghilangkan bau mulut lebih cepat hilang. Selain itu, kamu juga bisa mengunyah permen karet mint, rasa mentol yang kuat dari permen ini dapat dengan cepat menutupi bau mulut setelah minum alkohol. 

  • Mengunyah Daun Mint

Selain mengunyah permen karet, kamu juga bisa mengunyah daun mint. Sediakan selalu daun mint dalam kulkas agar bisa kamu kunya setiap saat setelah minum alkohol. Mengunyah daun mint jauh lebih baik dibanding mengunyah permen karet. 

Cukup gulung dua atau tiga lembar daun mint, kunyah sedikit dan biarkan menempel di antara gigi kamu. Setelah itu, minum beberapa teguk air hangat dan telan tanpa menelan daun mint. 

Baca juga: Karang Gigi Bisa Menjadi Penyebab Bau Mulut?

  • Menyemprotkan Semprotan Mulut

Sejumlah produk semprotan mulut memiliki formulasi hanya untuk menutupi bau akibat minum alkohol. Jika kamu dan teman-teman merencanakan acara malam dan pesta minum, siapkan semprotan mulut di dalam kantong atau tas. Jangan pernah menggantinya dengan parfum atau deodoran, karena itu tidak akan bekerja dengan baik.

  • Berkumur dengan Obat Kumur

Ini adalah cara yang paling umum dilakukan. Berkumur dengan obat kumur tidak hanya menghilangkan bau mulut akibat alkohol, tapi juga membersihkan mulut secara menyeluruh. Selain memberikan rasa segar di mulut, obat kumur mampu menghilangkan bau rokok jika selama ini kamu merokok. 

  • Menyikat Gigi

Menyikat gigi juga membantu mengurangi bau mulut setelah minum alkohol. Gunakan pasta gigi yang mengandung mentol karena efektif untuk menghilangkan bau mulut. Untuk menghilangkan bau mulut setelah minum alkohol, gosok gigi lebih lama dari biasanya. 

Penyebab Bau Mulut Setelah Minum Alkohol

Memang tidak dapat disangkal bahwa hampir setiap setelah minum alkohol pasti meninggalkan bau mulut. Karena pada faktanya apa yang kamu minum akan bertahan beberapa saat setelah kamu meminumnya. Baik itu kopi, soda, atau minum-minuman beralkohol. 

Baca juga: Jangan Sepelekan Bau Mulut, Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Ini

Sebenarnya, bau mulut itu tidak berasal dari alkohol itu sendiri. Bau sebenarnya berasal dari zat yang kamu minum dalam alkohol berumur pendek. Bau mulut setelah minum alkohol sebenarnya dianggap lebih bersifat internal dan lebih sulit dihilangkan. 

Pencegahan terbaik adalah meminimalkan penumpukan alkohol di tubuh dan tetap terhidrasi. Jika kamu mengalami gangguan setelah minum alkohol, sebaiknya segeralah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai penanganannya. Yuk, download aplikasi Halodoc agar sehat lebih mudah. 

Referensi:
Huffpost. Diakses pada 2020. Why Alcohol Lingers On Your Breath
Healthline. Diakses pada 2020. Alcoholic Drinks Kill Good Mouth Bacteria but Leave the Bad
MensXP. Diakses pada 2020. 6 Super Easy And Quick Ways To Cover Up Alcohol Breath After Partying All Night