• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Sering Bau Mulut ketika Puasa

Alasan Sering Bau Mulut ketika Puasa

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Alasan Sering Bau Mulut ketika Puasa

Halodoc, Jakarta – Bau mulut adalah masalah yang sering terjadi pada saat menjalankan ibadah puasa. Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa hal ini bisa terjadi? Apa alasan sering bau mulut ketika puasa? Ternyata hal ini muncul karena dipengaruhi oleh kondisi mulut yang kering dan tidak mendapat asupan minum atau air putih dalam waktu yang lama.

Bau mulut yang muncul saat puasa bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Namun jangan khawatir, dengan mengetahui penyebabnya, kamu bisa mencari tahu cara untuk mengatasinya. Tanpa harus membatalkan puasa, kamu bisa mencoba menerapkan beberapa hal untuk mengatasi bau mulut ketika puasa.

Baca Juga: 4 Masalah Kecantikan yang Muncul Saat Puasa

Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut

Alasan utama bau mulut muncul saat puasa adalah berkurangnya produksi air liur di mulut karena tidak ada asupan cairan selama puasa. Padahal, air liur adalah cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Air liur juga berfungsi sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

Akibat kondisi ini, maka rongga mulut kering dan menjadi tempat yang baik untuk berkembangnya koloni bakteri dalam lidah, gigi dan mulut. Nah hal itulah yang menjadi pemicu munculnya bau mulut ketika puasa. Namun perlu diingat, penyebab bau mulut tidak hanya karena kekurangan cairan, tapi bisa karena masalah kesehatan gigi dan mulut serta gangguan asam lambung.

Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan mulut dengan rutin menyikat gigi Sebab sisa-sisa makanan yang menumpuk di permukaan lidah, gusi, dan di antara gigi bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri untuk berkembang biak. Semakin lama, hal ini bisa menjadi penyebab terjadinya bau mulut, termasuk bau mulut ketika puasa.

Penyebab terakhir bau mulut adalah gangguan pada kesehatan pencernaan. Cairan pencernaan ini akan tetap keluar meski tidak ada asupan makanan selama puasa. Nah, kondisi ini yang memengaruhi lapisan perut sehingga mengakibatkan timbulnya bau busuk seperti bau makanan basi. Selain itu, proses metabolisme menggunakan cadangan lemak dalam tubuh melepaskan bahan kimia berupa keton yang keluar bersamaan dengan keluarnya napas.

Meski banyak hal yang menyebabkan bau mulut, tapi untungnya ada berbagai cara untuk mengatasi masalah ini. Agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga selama puasa, dan kamu bisa tampil dengan percaya diri, berikut cara mudah untuk mengusir bau mulut.

  • Obat Kumur

Sikat gigi terkadang tidak menjamin kondisi rongga mulut bersih seluruhnya. Hal ini karena sikat gigi tidak bisa menjangkau semua sela-sela gigi. Akibatnya, bakteri dan sisa-sisa makanan enggak tergerus dengan sempurna. Nah, alternatifnya gunakan obat kumur antibakteri untuk memaksimalkan proses pembersihan seluruh sela-sela gigi atau rongga mulut.

  • Konsumsi Air yang Cukup

Cobalah untuk meminum setidaknya dua atau tiga gelas air putih setelah sahur. Kamu bisa minum ketika menunggu waktu imsak tiba. Konsumsi air putih ini bisa menjaga agar mulut tidak terlalu kering sehingga bau mulut dapat dicegah. 

  • Bersihkan Lidah

Selain gigi, kebersihan lidah juga harus selalu dijaga selama berpuasa. Kata ahli, lidah juga bisa menjadi tempat menempelnya sisa-sisa makanan. Cara membersihkannya cukup mudah, kamu bisa menggunakan pembersih lidah setidaknya dua kali dalam sehari untuk menghilangkan bakteri dan plak yang bisa menimbulkan bau mulut.

Baca Juga: 7 Tips Cegah Bibir Kering Saat Puasa

Agar tehindar dari bau mulut ketika puasa, selalu sediakan produk pembersih gigi dan mulut di rumah. Biar lebih mudah, beli di aplikasi Halodoc saja. Kamu juga bisa membeli kebutuhan kebersihan dan produk kesehatan lainnya. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. Download Halodoc sekarang!


Referensi
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Potential Intermittent Fasting Side Effects.
TheraBreath. Diakses pada 2021. FASTING CAN CAUSE BAD BREATH.
Livestrong. Diakses pada 2021. The Body's Reactions to Fasting.
Healthline. Diakses pada 2021. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath.