• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Selama PSBB

5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Selama PSBB

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Selama masa PSBB akibat COVID-19 ini, tentu banyak dari kamu yang menjalankan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH) untuk mencegah penyebaran virus corona. Pasalnya, WFH dan masa PSBB memberikan efek suka ataupun duka, terutama pada pasangan suami istri. Masa PSBB ini “memaksa” setiap pasangan suami istri untuk terus berpapasan di rumah.

Bagian “suka” mungkin terasa di awal-awal PSBB, ketika suami dan istri jadi memiliki banyak waktu bersama di rumah. Setelah sekian lama memiliki kesibukan masing-masing di waktu dan hari kerja. Namun, berpapasan setiap hari di rumah lama-kelamaan juga bisa menimbulkan duka. Pasti ada saja cekcok atau pertengkaran kecil hingga besar yang muncul. Maka dari itu, sebaiknya ketahui tips untuk menjaga keharmonisan rumah tangga selama masa PSBB.

Baca juga: 5 Tips Melawan Rasa Bosan dalam Pernikahan


Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga Selama PSBB

Menghabiskan hari demi hari di tempat yang sama, dapat membuat pasangan suami istri menjadi jenuh. Bahkan jika tadinya kamu dan pasangan yang sebelumnya harmonis dan saling merindukan bisa muncul cekcok atau perdebatan akibat kehilangan kesadaran waktu. 

Perasaan monoton dan menghadapi ketidakpastian di dunia saat ini bisa menyebabkan perasaan mati rasa. Tentu kamu dan pasangan tidak ingin mempertaruhkan keharmonisan rumah tangga selama masa PSBB ini. Untuk menjaga agar rumah tangga tetap harmonis, cobalah lakukan beberapa tips ini:


  • Tetapkan Waktu Bekerja Seefektif Mungkin

Jika kamu dan pasangan sama-sama bekerja di rumah, sebaiknya buat batasan jam kerja dan waktu yang dihabiskan bersama. Entah itu dengan menyamakan jam kerja sama dengan saat bekerja di kantor, ataupun membuat jam kerja lebih efektif dan disiplin agar sisa waktunya bisa digunakan untuk keluarga, 

Perlu diketahui, WFH selama masa PSBB ini cukup rentan membuat kamu “tenggelam” dalam pekerjaan. Batasan jam kerja, jam istirahat, waktu selesai kerja, dan hari libur terkadang sudah tidak terlihat lagi. Jadi, pastikan jam kerja kamu dan pasangan sama-sama mampu mengatur waktu kerja seefektif mungkin.


  • Rencanakan Refreshing dengan Cara yang Aman di Hari Libur

Mungkin sebelum adanya COVID-19 kamu, pasangan, dan anak-anak bisa sangat leluasa merencanakan liburan ke tempat rekreasi. Selama PSBB, kamu dan pasangan perlu beberapa perubahan dan pembiasaan diri untuk tetap di rumah. 

Jika situasi memungkinkan, kamu dan pasangan bisa berjalan-jalan atau berolahraga di sekitar rumah, misalnya ke tempat terbuka seperti taman. Namun, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, ya!

Baca juga: Jurus Menjalin Ikatan Keluarga yang Harmonis


  • Bermain Bersama Anak

Anak-anak yang terisolasi di rumah selama pandemi mengalami dimensi lain dari kebersamaan keluarga. Terutama ketika anak melihat salah satu atau kedua orangtuanya sedang bekerja di rumah dan tidak memiliki waktu untuk bermain dengan Si Kecil. 

Namun, waktu bermain dengan anak bisa terjadi jika kamu dan pasangan sama-sama efektif memanfaatkan waktu kerja. Sediakan waktu di tengah jam kerja untuk tetap dapat berinteraksi dengan anak. Sementara itu di hari libur, sediakan waktu sepenuhnya untuk bermain bersama anak.


  • Berlatih Bersyukur

Mungkin ini terdengar klise, tapi di masa-masa sulit seperti ini, mengingat apa yang harus disyukuri dapat meredakan ketegangan dan kecemasan. Bicarakan tentang apa yang kamu syukuri dan hargai dari satu sama lain.

Meskipun kamu tahu bahwa kamu menghargai pasangan, tapi mungkin pasangan tidak menganggapnya sebagai hal yang biasa. Dengan menyampaikan pada pasangan betapa kamu menghargainya itu dapat membantu menenangkan batin satu sama lain. 


  • Tertawa Bersama Sesering Mungkin

Bagikan candaan lucu, baik secara langsung atau mengirim tautan meme lucu dari media sosial. Jangan merasa kamu tidak bisa tertawa di tengah masa seperti ini. Tertawa terbukti dapat bermanfaat untuk meredakan stres. 

Baca juga: Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat dan Langgeng

Situasi pandemi seperti sekarang ini sebaiknya menjadi kesempatan kamu dan pasangan untuk saling lebih mengenal. Mempelajari lebih banyak tentang pasangan membantu tumbuhnya keintiman dan menciptakan fondasi rumah tangga yang semakin kuat. 

Terpenting juga, kamu dan pasangan harus saling menjaga kesehatan agar tidak terinfeksi virus corona. Jika mengalami gejala yang mirip dengan COVID-19, segeralah bicarakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Hopkins Medicine. Diakses pada 2020. How to Keep Your Relationship Healthy During the Coronavirus Pandemic
Park Slope Parents. Diakses pada 2020. Relationship Tips for Maintaining Harmony During COVID-19