13 October 2017

Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat & Langgeng

Hanya Butuh Ini Agar Hubungan Bersama Pasangan Sehat dan Langgeng

Halodoc, Jakarta – Siapa yang tak mau menjalin hubungan pernikahan dengan tetap langgeng?. Mempunyai impian membangun keluarga yang harmonis, memang merupakan keinginan bagi setiap pasangan. Namun, realitanya banyak pasangan suami istri yang mengeluh akan problematika yang terjadi didalam keluarga, bahkan didalam pasangan yang baru menikah sekalipun.

Kira-kira apa saja yang menjadi penyebab ketidakharmonisan didalam suatu hubungan?
 

  • Hindari berbohong sekecil apapun

Retaknya suatu hubungan rumah tangga dapat terjadi apabila kamu dan pasangan melakukan suatu kebohongan. Untuk mengatasi kebohongan, kamu dapat menghindarinya sekecil apapun kebohongan tersebut karena serapih mungkin kamu membungkus sebuah kobohongan, pasti akan terbuka juga. Kunci utama di sini adalah dengan menaruh rasa percaya pasangan dan saling terbuka akan apapun masalah yang kamu dan si Dia hadapi.
 

  • Buang jauh-jauh sifat egois

Mempertahankan suatu hubungan bukanlah hal yang mudah. Kamu dan pasangan harus bekerjasama untuk bisa menjaganya agar selalu harmonis. Namun, menjaganya bukan hal itu yang mudah karena beberapa orang mempunyai tingkat keegoisan yang tinggi dan adanya rasa ingin menang sendiri. Hal tersebutlah yang membuat kamu merasa berjuang sendiri dalam suatu hubungan.
 

  • Bedakan posesif dan perhatian

Berikan perhatian pada si Dia memang kewajibanmu sebagai pasangan, tetapi hindari terlalu mengekang pasangan (posesif). Saat perhatian yang diberikan sudah melewati batas wajarnya, kamu pun akan merasakan ketidaknyamanan. Apabila pasangan sudah mulai posesif, ada baiknya kamu bicarakan berdua dan mulailah untuk berkomunikasi.

Lalu bagaimana caranya untuk menjaga hubungan dengan pasangan agar tetap sehat dan langgeng? Berikut cara-cara yang dapat kamu lakukan:

Karena rasa cinta berbeda dengan rasa peduli
Sering kali orang terkecoh dengan perasaan cinta mereka. Rasa cinta yang diberikan pada pasangan, bukanlah sebenarnya cinta, namun sebenarnya adalah bentuk kepedulian dan perhatian. Betapa bahagianya apabila kamu mempunyai seorang pendamping hidup yang memedulikan kita? Dia yang selalu ada saat kita membutuhkannya, menyemangati dan memberikan perhatian pada kita. Dengan begitu, mendengarkan pasangan, dan memberikan rasa peduli pada pasangan dapat dilakukan agar hubungan tetap harmonis.

Berikan komunikasi secara teratur
Cara lain yang bisa kamu coba, yaitu berkomunikasi paling tidak 10-15 menit sehari. Berdasarkan penelitian Wall Street Journal, konflik yang terjadi mengenai komunikasi yang buruk, menyebabkan pasangan tidak bahagia. Oleh karena itu, kamu dapat melakukan cara komunikasi dengan cara:

- Membicarakan secara terbuka dan santai mengenai masalah yang ada
- Jika memang harus berdebat, maka lakukan dengan baik an menghasilkan solusi
- Komunikasikan secara benar kondisi finansial kamu dan pasangan, karena jika masalah finansial tak dikomunikasikan dengan baik, maka tak heran hubungan pun akan merenggang.

Ciptakan suasana romantisme berdua
Menciptakan dan meluangkan sedikit waktu demi mendapatkan momen romantis, merupakan salah satu factor pendukungan hubungan tetap sehat dan awet. Tidak semua orang mempunyai bakat untuk bisa memberikan suasana yang romantis dengan pasangan. Namun, kamu dapat mencobanya dengan hal-hal kecil yang membuat hati pasangan senang, seperti misalnya memberikan senyuman yang tulus, mengungkapkan cinta melalui kata-kata, mengatur waktu berdua walaupun kamu dan pasangan mempunyai kesibukan masing-masing, dan mulai untuk rencanakan piknik bersama keluarga.


Selain beberapa poin diatas, kamu pun dapat mengetahui cara menjaga utuhnya suatu hubungan dengan langsung menanyakan pada dokter ahli yang ada di aplikasi Halodoc. Kamu dapat menghubunginya melalui pilihan metode Voice/Video Call dan Chat di Halodoc menggunakan smartphone, kapan saja dan dimana saja. Selain itu, kamu pun bisa membeli produk kesehatan untuk menunjang kesehatan kamu dan pasangan, dengan membeli obat ataupun vitamin di fitur Apotik Antar yang akan diantar dalam waktu 1 Jam. Yuk! download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.