• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Tetap Sehat Meski Begadang Menonton Piala Dunia Tiap Hari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Tetap Sehat Meski Begadang Menonton Piala Dunia Tiap Hari

5 Tips Tetap Sehat Meski Begadang Menonton Piala Dunia Tiap Hari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 November 2022

“Ada berbagai tips yang bisa bisa kamu lakukan agar tetap sehat selama menyaksikan Piala Dunia 2022. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi makanan sehat dan menghindari alkohol agar imun tubuh tetap optimal.”

5 Tips Tetap Sehat Meski Begadang Menonton Piala Dunia Tiap Hari5 Tips Tetap Sehat Meski Begadang Menonton Piala Dunia Tiap Hari

Halodoc, Jakarta – Saat ini Piala Dunia 2022 sedang berlangsung di Qatar. Seluruh pecinta sepak bola tentunya tidak akan melewatkan berbagai pertandingan beberapa negara yang menjadi jagoannya. 

Sayangnya, karena perbedaan waktu antara Qatar dan Indonesia, beberapa pertandingan hanya dapat kamu saksikan secara langsung pada malam hari. Untuk terhindar dari masalah kesehatan akibat terlalu sering begadang, sebaiknya ketahui berbagai tips sehat selama menyaksikan pertandingan Piala Dunia berikut ini! 

Tips Sehat Menyaksikan Piala Dunia

Beberapa jadwal negara yang akan bertanding dalam laga Piala Dunia 2022 bisa kamu nikmati secara langsung melalui televisi. Beberapa pertandingan akan mulai pukul 17.00. Akan tetapi, tidak jarang permainan sepak bola baru dimulai pada pukul 20.00, 23.00, hingga 02.00 dini hari.

Kondisi ini membuat masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan berisiko mengalami kurang tidur. Terganggunya waktu istirahat atau tidur dapat menyebabkan dampak pada kesehatan, seperti terganggunya fokus, kurang konsentrasi, rasa kantuk yang berlebih pada siang hari, menurunnya produktivitas, hingga gangguan pada fisik dan mental.

Untuk itu, sebaiknya ketahui berbagai tips sehat yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan kesehatan selama menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2022. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan penyakit yang bisa terjadi. 

Berikut ini beberapa tips sehat yang bisa kamu lakukan:

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan sehat yang bernutrisi. Makanan yang bernutrisi membuat kebutuhan nutrisi dalam tubuh terpenuhi dengan baik sehingga imun tubuh dapat berfungsi secara optimal. Dengan begitu, tubuh akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai virus maupun bakteri yang bisa menyebabkan infeksi dalam tubuh.

  1. Siapkan Camilan Sehat

Saat menyaksikan pertandingan Piala Dunia, kamu bisa menyiapkan berbagai camilan sehat. Berikut ini beberapa camilan sehat yang bisa membuat tidur kamu semakin berkualitas:

  • Pisang.
  • Kiwi.
  • Goji beri.
  • Sereal.
  • Yogurt.
  • Edamame.
  1. Perhatikan Minuman yang Dikonsumsi

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya agar terhindar dari kondisi dehidrasi. Sebaiknya perbanyak asupan air putih pada siang hari. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi berbagai jenis buah yang memiliki kandungan air tinggi untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan.

Saat malam pertandingan, sebaiknya perhatikan minuman yang kamu konsumsi. Hindari mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol, kafein, atau soda. Minuman tersebut akan membuat kamu kesulitan untuk beristirahat setelah pertandingan sepak bola selesai. 

  1. Lakukan Peregangan

Ketika menikmati pertandingan, sebaiknya lakukan peregangan tubuh untuk membuat tubuh menjadi lebih fleksibel dan tidak kaku. Kamu juga bisa melakukan olahraga secara rutin pada pagi atau siang hari agar kondisi kesehatan tubuh tetap optimal.

  1. Hentikan Kebiasaan Merokok

Sebaiknya hindari kebiasaan merokok. Kebiasaan ini dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga kamu akan rentan mengalami berbagai keluhan maupun gangguan kesehatan. 

Apalagi jika kamu mengalami kurang tidur akibat menyaksikan pertandingan piala dunia, hal ini berisiko menyebabkan daya tahan tubuh tidak dapat bekerja dengan optimal. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, menghentikan kebiasaan ini juga bisa membuat kesehatan paru-paru dan jantung menjadi lebih baik.

Itulah berbagai tips sehat menyaksikan Piala Dunia 2022 di rumah bersama keluarga. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Cek kebutuhan vitamin atau suplemen yang kamu butuhkan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Cosway. Diakses pada 2022. How To Stay Healthy While Wnjoying the World Cup.
The Government of Hong Kong. Diakses pada 2022. Health Tips for World Cup Fans.
Healthline. Diakses pada 2022. The 15 Best Healthy Late-Night Snacks.