6 Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 April 2022

“Berpuasa membuat cairan dalam tubuh berkurang secara signifikan, sehingga bisa membuat kulit kering. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kamu bisa mencegah kulit kering.”

6 Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa6 Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Selain bibir pecah-pecah, kulit kering juga menjadi keluhan umum banyak orang saat menjalani ibadah puasa. Hal itu sebenarnya wajar karena asupan cairan dalam tubuh akan berkurang secara signifikan selama berpuasa. Nah, kulit mungkin akan mendapatkan lebih sedikit hidrasi karena cairan dalam tubuh akan dikirim ke organ vital lainnya.

Belum lagi perubahan pola tidur selama bulan puasa juga bisa memperparah kondisi kulit dan menyebabkan wajah terlihat lelah dan lesu. Kamu tentunya enggak mau dong kulit kering mengurangi penampilan kamu saat puasa? Karena itu, simak  beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kulit kering saat puasa di sini.

Cara Mencegah Kulit Kering saat Puasa

Berikut tips-tips yang bisa kamu coba untuk mencegah kulit kering saat puasa:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Kamu mungkin sudah tahu bila kurang minum air putih bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi tersebut bisa ditandai dengan kulit kering, kusam, bersisik, dan kasar saat disentuh. Oleh sebab itu, kamu perlu memperbanyak minum air putih saat berpuasa, minimal 8 gelas (2-3 liter) sehari. Kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan menerapkan pola 2-4-2, yaitu dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.

2. Penuhi Kebutuhan Serat dan Vitamin

Selama berpuasa jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan serat dan vitamin dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Hal itu bisa membantu menjaga kelembaban, kekenyalan, kehalusan, serta elastisitas kulit saat puasa. Beberapa buah dan sayur yang bisa kamu konsumsi saat puasa diantaranya tomat, bayam, brokoli, stroberi, apel, pisang, serta buah dan sayuran lain yang kamu sukai. 

Selain dari makanan sehat, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dengan mengonsumsi suplemen. Cek kebutuhan obat dan vitamin yang kamu butuhkan lewat aplikasi Halodoc.

3. Batasi Konsumsi Kafein

Bagi kamu pecinta kopi, sebaiknya kurangi mengonsumsi minuman tersebut saat puasa bila tidak mau kulit menjadi kering dan kusam. Pasalnya, minuman berkafein seperti kopi bisa memberikan efek dehidrasi yang juga akan memengaruhi kondisi kulit. Melansir dari Cleveland Abu Dhabi, kadar kafein yang masih aman saat puasa adalah 200-300 miligram sehari atau setara dengan 1-2 cangkir kopi per hari.

Selain minuman berkafein, kamu juga perlu membatasi konsumsi minuman bersoda. Sebab, minuman bersoda bisa menyerap kandungan nutrisi dan mineral yang akan membuat kulit kering dan kusam.

4. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Tips lainnya yang juga penting untuk mencegah kulit kering saat puasa adalah menggunakan pelembab dan tabir surya. Pelembab bisa membantu menjaga kelembapan kulit, sedangkan tabir surya bisa melindungi kulit agar tidak kering dan mudah iritasi. Kamu bisa memilih pelembab yang sesuai jenis kulit dan tabir surya dengan SPF (Sun Protector Factor) minimal 30.

5. Kurangi Paparan Sinar Matahari

Selain menggunakan tabir surya secara rutin, penting juga untuk membatasi paparan sinar matahari untuk mencegah kulit kering. Hal itu karena sinar matahari bisa menambah beban pada kulit yang sudah mengalami dehidrasi akibat puasa. 

Jadi, hindarilah beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik-teriknya. Kamu juga bisa berteduh dulu di tempat tertutup ketika cuaca sedang panas. Jangan lupa untuk menggunakan baju yang tertutup, topi, atau payung untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

6. Tetap Berolahraga

Saat berpuasa, kamu mungkin kehilangan semangat untuk berolahraga. Namun, berolahraga secara rutin bukan hanya bisa menjaga kesehatanmu saat puasa, tapi juga bermanfaat untuk mencegah kulit kering lo. Hal itu karena olahraga bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan sirkulasi oksigen di tubuh, sehingga kulit wajah pun menjadi lebih segar dan cerah.

Jadi, usahakan lah untuk tetap berolahraga secara rutin selama berpuasa. Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan diantaranya adalah jalan santai, lari, bersepeda, berenang, pilates, yoga, dan planking.

Jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc sekarang juga ya untuk membantu kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap selama berpuasa.

Referensi:
Cetaphil. Diakses pada 2022. Tips to keep skin healthy during Ramadan
Cleveland Clinic Abu Dhabi. Diakses pada 2022. Easy ways to manage caffeine consumption while fasting

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan