6 Cara Mengatasi Insomnia bagi Pekerja Kantoran

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   08 Juni 2021
6 Cara Mengatasi Insomnia bagi Pekerja Kantoran6 Cara Mengatasi Insomnia bagi Pekerja Kantoran

Halodoc, Jakarta – Beban pekerjaan dan rotasi pada jam kerja kerap membuat orang-orang kantoran mengalami insomnia. Pada akhirnya, insomnia tidak hanya memberikan gangguan bagi kesehatan, tetapi juga kualitas pekerjaanmu. Bayangkan saja, kalau kamu kehilangan jam tidur pada malam hari, besoknya tentu akan sangat mengantuk dan tidak bisa bekerja.

Baca juga: 7 Alasan Stres Bisa Bikin Cepat Tua

Selain kondisi mengantuk dan kurang produktif, nyatanya insomnia pun dapat meningkatkan berbagai risiko kesehatan. Mulai dari gangguan kesehatan mental, meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, hingga memicu gangguan kesehatan jantung. Untuk itu, simak beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia!

Lakukan Langkah Ini untuk Mengatasi Insomnia

Sebaiknya jangan anggap sepele masalah insomnia yang kamu alami. Bukan hanya kesulitan tertidur saat malam hari, insomnia memiliki gejala lain, seperti sering terbangun saat malam hari, bangun terlalu awal, merasa kelelahan saat bangun tidur, hingga kesulitan untuk konsentrasi saat siang hari.

Jika tidak diatasi dengan baik, kondisi ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang dapat merugikan. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa cara tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia bagi pekerja kantoran. 

1.Pulang Tepat Waktu

Pulang tepat waktu dan tidak mengambil lembur bisa menjadi salah satu cara mengobati insomnia. Kalau kamu mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas, dimulai dari menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, sehingga jam tidurmu tidak terganggu, kemudian menjadikan ini sebagai rutinitas, kebiasaan ini bisa mengecilkan risiko insomnia.

2.Olahraga

Olahraga memang menjadi salah satu cara mujarab untuk mengobati insomnia. Kamu bisa memilih waktu yang idealmu sendiri, bisa pagi atau malam hari. Olahraga bisa memperlancar sirkulasi darah dan membuat rileks, sehingga tidur malammu bisa lebih lelap. Berkeringat dan rasa lelah yang diakibatkan dari melakukan olahraga, sejatinya bisa membantumu mengatasi insomnia.

Baca juga: Selain Insomnia, Kondisi Ini yang Bisa Diobati dengan Olahraga

3.Menghindari Minum Kafein Sebelum Tidur

Cara lain untuk mencegah insomnia adalah dengan memperhatikan jam-jam di mana kamu minum kopi. Kalau kamu minum kopi sore bisa bikin tidak bisa tidur, sebaiknya hindari minum kopi pada saat tersebut. Mengurangi asupan kafein dapat membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas.

4.Mandi Air Hangat

Ada sensasi relaksasi saat kamu mandi air hangat sebelum tidur. Kucuran air hangat di badan, terutama di punggung bisa jadi sarana relaksasi yang mujarab. Mandi air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah, membuat rileks, dan mengenyahkan penat di kepala, sehingga tidur malammu bisa lebih rileks.

5.Mengatur Suhu Kamar

Suhu kamar juga berperan serta untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Kalau kamu tidur dengan ruangan ber-AC sebisa mungkin mengatur suhu senyamannya supaya enggak kedinginan juga tidak kepanasan. Selain suhu, kenyamanan dan kebersihan kamar juga menjadi penunjang tidur nyenyakmu. Upayakan kamar senantiasa dalam suasana bersih, rapi, dan tenang, sehingga kamu nyaman berlama-lama di sana.

6.Hindari Gadget

Bunyi gadget bisa jadi sangat mengganggu dan membuat tidurmu terganggu. Kalau kamu mau mendapatkan tidur yang berkualitas, jangan lupa untuk mematikan suara gadget-mu. Kemudian ada baiknya juga, kamu menempatkan gadget ke tempat yang tidak terjangkau, sehingga bisa beristirahat dengan tenang.

Baca juga: Bayi Juga Bisa Insomnia, Benarkah?

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai cara mengatasi insomnia bagi pekerja kantoran dan informasi kesehatan lainnya, kamu bisa tanyakan langsung pada dokter melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc lewat Google Play atau App Store sekarang juga.

Referensi:
Help Guide. Diakses pada 2021. Insomnia: Symptoms, Causes, and Treatments.
National Health Service UK. Diakses pada 2021. 10 Tips to Beat Insomnia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Insomnia.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan