30 April 2018

Selain Insomnia, Kondisi Ini yang Bisa Diobati Olahraga

Selain Insomnia, Kondisi Ini yang Bisa Diobati Olahraga

Halodoc, Jakarta – Jika kamu sering mengalami insomnia alias gangguan tidur di malam hari, maka olahraga adalah jawabannya. Rutin berolahraga terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

Insomnia nyatanya bisa menjadi pemicu berbagai masalah, mulai dari bangun tidur kesiangan, tidak segar saat bangun di pagi hari, hingga masalah kesehatan yang bisa menyeran saat tubuh kurang beristirahat. Rutin berolahraga bisa membantu menekan risiko insomnia, bahkan mengobatinya. Namun, sebaiknya kamu menghindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur.

Pada dasarnya olahraga adalah kegiatan menyehatkan yang mudah bahkan tidak memerlukan banyak biaya. Sayangnya hal ini sering terabaikan dan seringnya seseorang merasa terlalu malas untuk sekadar bergerak. Kalau sudah begini, risiko penyakit pun semakin tinggi.

Selain insomnia, rutin berolahraga ternyata juga bisa “mengobati” beragam kondisi tubuh lainnya, lho. Yuk, cari tahu manfaat sehat dari rutin berolahraga!

(Baca juga: Susah Tidur? Ini Cara Mengatasi Insomnia)

  • Obat Stres

Tinggal di wilayah perkotaan dengan sejumlah tuntutan bisa membuat siapa saja rentan mengalami stres. Untuk mencegah stres berlebihan yang bisa mengganggu kondisi kesehatan, mulailah berolahraga! Pasalnya rutin berolahraga bisa memberi efek psikologis yang positif.

Orang yang berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu disebut lebih kebal terhadap stres. Olahraga dapat mengurangi depresi serta meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengatasi stres.

  • Meningkatkan Mood Positif

Memiliki suasana hati alias mood yang buruk juga bisa meningkatkan risiko stres dan mengganggu kesehatan, lho. Nah, untuk meningkatkan mood positif, cobalah untuk berolahraga. Salah satu pilihan terbaik adalah berjalan cepat selama 30 menit di taman. Selain mendapatkan manfaat olahraga, pilihan yang satu ini pun bisa menyegarkan pikiran karena beraktvitas di luar ruangan.

  • Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Salah satu keajaiban dan berolahraga adalah dapat membantu mencegah serangan penyakit jantung dan stroke. Sebab rutin berolahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol “jahat” serta meningkatkan kolesterol “baik”.

  • Menjauhkan Nyeri Punggung

Jika sejumlah bagian tubuh terutama bagian belakang, mulai terasa sakit, artinya kamu harus segera mulai berolahraga. Salah satu penyebab nyeri punggung adalah kurang berolahraga. Selain itu, rutin berolahraga pun berguna untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, serta fleksibilitas tubuh. Manfaat inilah yang berperan dalam membantu mencegah nyeri punggung.

Berolahraga juga akan melatih kekuatan tulang. Sehingga kamu juga akan terhindar dari risiko gangguan tulang, seperti osteoporosis.

  • Mengendalikan Diabetes

Rutin berolahraga dapat memberi dampak langsung pada berat badan dan jumlah lemak yang ada dalam tubuh. Artinya, berolahraga bisa mencegah kamu mengalami berat badan berlebih alias obesitas. Obesitas adalah salah satu faktor risiko penyakit diabetes tipe 2. Menekan risiko obesitas berarti juga menurunkan sekaligus bisa mengendalikan serangan penyakit yang satu ini.

  • Gairah Seksual

Berolahraga juga bisa mengatasi masalah gairah seksual. Misalnya saat kamu mulai merasa tidak nyaman karena masalah bentuk tubuh atau berat badan. Pada sebagian orang, masalah ini bisa saja menghambat keintiman dengan pasangan.

Jika itu yang terjadi, mulailah berolahraga. Tak hanya berguna untuk membuat penampilan lebih menarik, berolahraga ternyata juga dapat meningkatkan gairah pada wanita. Sementara pria yang rutin olahraga cenderung memiliki risiko disfungsi ereksi lebih rendah.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi beli obat dan tips menjaga kesehatan terbaik. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!