• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Insomnia, Kondisi Ini yang Bisa Diobati Olahraga

Selain Insomnia, Kondisi Ini yang Bisa Diobati Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Selain Insomnia, Kondisi Ini yang Bisa Diobati Olahraga

Halodoc, Jakarta - Olahraga adalah salah satu rahasia hidup sehat yang sebaiknya kamu mulai rutin untuk lakukan. Dengan olahraga, kamu bisa hidup lebih lama, mendapatkan berat badan ideal, dan mendapatkan jantung yang lebih kuat. 

Olahraga juga bisa disebut sebagai salah satu obat terbaik yang tersedia, meski tidak semua dokter akan menganjurkannya. Jika kamu sakit dan harus membayar mahal untuk obat-obatan mahal yang tidak berhasil, sebagian dokter mengatakan bahwa resep olahraga sederhana mungkin yang dibutuhkan.

Faktanya, ada juga beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga juga merupakan obat efektif untuk sejumlah masalah kesehatan. Lantas, kondisi apa yang bisa diobati dengan olahraga? Cari tahu jawabannya berikut ini!

Baca juga: Olahraga Bisa Bikin Kulit Sehat, Ini Alasannya

Kondisi yang Bisa Diobati dengan Olahraga 

Selain insomnia, rutin berolahraga ternyata juga bisa mengobati beberapa masalah kesehatan lain. Berikut adalah beberapa hal yang bisa diatasi dengan rutin olahraga: 

Stres

Tinggal di wilayah perkotaan dengan sejumlah tuntutan nyatanya bisa membuat siapa saja rentan mengalami stres. Pekerjaan yang menumpuk, kemacetan lalu lintas, bayar tagihan, dan semacamnya adalah beberapa pemicunya. Untuk mencegah stres berlebihan yang bisa mengganggu kondisi kesehatan, mulailah berolahraga. Pasalnya, rutin berolahraga bisa memberi efek psikologis yang positif.

Orang yang berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu disebut lebih kebal terhadap stres. Olahraga dapat mengurangi depresi serta meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengatasi stres.

Meningkatkan Suasana Hati

Memiliki suasana hati alias mood yang buruk juga ternyata bisa meningkatkan risiko stres dan mengganggu kesehatan. Untuk meningkatkan suasana hati yang positif, cobalah untuk berolahraga. Salah satu pilihan terbaik adalah berjalan cepat selama 30 menit di taman. Selain mendapatkan manfaat olahraga, pilihan yang satu ini pun bisa menyegarkan pikiran karena beraktivitas di luar ruangan.

Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Salah satu keajaiban dan berolahraga adalah dapat membantu mencegah serangan penyakit jantung dan stroke. Sebab, rutin berolahraga akan memperkuat otot jantung, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol “jahat” serta meningkatkan kolesterol “baik”.

Mencegah Nyeri Punggung

Jika sejumlah bagian tubuh terutama bagian belakang, mulai terasa sakit, artinya kamu harus segera mulai berolahraga. Salah satu penyebab nyeri punggung adalah kurang berolahraga. Selain itu, rutin berolahraga pun berguna untuk meningkatkan kekuatan dan ketahanan otot, serta fleksibilitas tubuh. Manfaat inilah yang berperan dalam membantu mencegah nyeri punggung.

Berolahraga juga akan melatih kekuatan tulang. Sehingga kamu juga akan terhindar dari risiko gangguan tulang, seperti osteoporosis.

Baca juga: Olahraga Tanpa Pemanasan Bisa Sebabkan Sakit Pinggang

Mengendalikan Diabetes

Rutin berolahraga dapat memberi dampak langsung pada berat badan dan jumlah lemak yang ada dalam tubuh. Artinya, berolahraga bisa mencegah kamu mengalami berat badan berlebih alias obesitas. Obesitas adalah salah satu faktor risiko penyakit diabetes tipe 2. Menekan risiko obesitas berarti juga menurunkan sekaligus bisa mengendalikan serangan penyakit yang satu ini.

Memperbaiki Gairah Seksual

Berolahraga juga bisa mengatasi masalah gairah seksual. Misalnya saat kamu mulai merasa tidak nyaman karena masalah bentuk tubuh atau berat badan. Pada sebagian orang, masalah ini bisa saja menghambat keintiman dengan pasangan.

Jika itu yang terjadi, mulailah berolahraga. Tak hanya berguna untuk membuat penampilan lebih menarik, berolahraga ternyata juga dapat meningkatkan gairah pada wanita. Sementara pria yang rutin olahraga cenderung memiliki risiko disfungsi ereksi lebih rendah.

Baca juga: Olahraga atau Diet yang Cepat Merampingkan Badan?

Selain olahraga dan istirahat yang cukup, jangan lupa juga untuk tetap menerapkan pola hidup sehat lain seperti menjaga pola makan sehat supaya terhindar dari penyakit. Jika kamu mulai merasakan gejala yang mencurigakan pun kamu bisa segera tanya dokter di Halodoc mengenai solusi kesehatan yang bisa dilakukan. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan saran kesehatan untuk setiap masalah kesehatan yang kamu rasakan.

Referensi:
ABC News. Diakses pada 2021. 9 Health Problems You Can Treat with Exercise.
Life Time. Diakses pada 2021. How Exercise Heals. 
National Health Service UK. Diakses pada 2021. Benefits of Exercise.