6 Cara Menjaga Kesehatan Menjelang Bulan Puasa

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Maret 2022

“Sebelum menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh, ada baiknya persiapkan tubuh agar tidak kaget dengan perubahan yang terjadi saat berpuasa. Persiapan sebelum puasa juga penting untuk mencegah berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat puasa.”

6 Cara Menjaga Kesehatan Menjelang Bulan Puasa6 Cara Menjaga Kesehatan Menjelang Bulan Puasa

Halodoc, Jakarta – Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Pada bulan suci tersebut, umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Nah, menjelang bulan Ramadan, ada baiknya kamu mempersiapkan tubuh agar siap untuk berpuasa. Dengan mulai membuat perubahan pada kebiasaan makan dan tidur kamu dari sekarang, tubuh akan lebih mudah untuk beradaptasi saat puasa nanti. Hal itu juga bisa menghindarkan kamu dari berbagai gangguan kesehatan yang bisa terjadi saat puasa. Yuk, simak cara menjaga kesehatan sebagai persiapan sebelum puasa di sini.

6 Cara Menjaga Kesehatan Menjelang Bulan Puasa

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Sebelum Puasa

Berikut cara menjaga kesehatan tubuh agar siap menyambut bulan puasa:

  1. Mulai Minum Lebih Banyak Air dari Sekarang

Dalam satu atau dua minggu sebelum bulan puasa, cobalah untuk meningkatkan asupan air kamu untuk membuat tubuh berada dalam kondisi hidrasi yang optimal. Kamu bisa mulai minum satu atau dua gelas air putih lebih banyak dalam sehari untuk mengurangi risiko dehidrasi yang bisa dialami tubuh selama puasa, terutama saat cuaca sedang panas.

  1. Sarapan Lebih Awal

Selama bulan Ramadan, kamu akan bangun pagi-pagi sekali setiap hari untuk Sahur dan penting untuk tidak melewatkan waktu makan ini. Nah, cobalah untuk mulai sarapan lebih awal dari sekarang agar tubuh kamu terbiasa makan sahur selama bulan puasa, terutama bagi kamu yang tidak terlalu suka sarapan.

  1. Kurangi Asupan Makanan

Beberapa orang akan tergoda untuk makan sepuasnya sebelum menjalani puasa selama bulan Ramadan. Namun, sebenarnya hal yang perlu kamu lakukan sebagai persiapan sebelum puasa justru adalah sebaliknya. Makan lebih banyak makanan akan membuat tubuh terbiasa makan banyak, sehingga kamu akan sulit menahan lapar saat berpuasa nanti. Sebaliknya, cobalah untuk mulai mengurangi asupan kalori harian kamu dari sekarang dengan mengganti makanan tinggi lemak dengan makanan berprotein tinggi agar tubuh siap untuk berpuasa.

  1. Kurangi Kafein dan Rokok

Bila kamu adalah seorang pecinta kopi dan tidak mau mengalami sakit kepala berdenyut selama beberapa hari pertama bulan Ramadan, cobalah untuk mengurangi asupan kafein kamu dari sekarang. Kamu bisa memulainya dengan beralih ke kopi tanpa kafein atau mengurangi jumlah kopi yang biasa kamu minum sehari-hari.

Begitu juga dengan perokok. Tidak merokok selama menjalani puasa berpotensi menyebabkan perokok mengalami berbagai gejala penarikan, seperti mudah marah, gelisah, tidak sabar, dan sulit berkonsentrasi selama jam-jam puasa. Jadi, untuk mencegahnya, kurangilah kebiasaan merokok pada siang hari untuk mempersiapkan diri untuk berpuasa nanti. Kamu juga bisa melihat momen puasa sebagai kesempatan baik untuk berhenti merokok sama sekali. 

  1. Atur Pola Tidur

Bila biasanya kamu tidur larut malam dan bangun agak siang, cobalah untuk mulai mengatur waktu tidur kamu dari sekarang sebagai persiapan sebelum puasa. Pasalnya, selama bulan Ramadan, kamu akan bangun lebih awal untuk sahur. Jadi, cobalah untuk tidur lebih awal dari sekarang dan bangun lebih pagi. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk bangun pagi untuk sahur saat bulan puasa nanti.

  1. Temui Dokter

Bila kamu punya kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes atau maag, diskusikanlah pada dokter mengenai cara mengelola kondisi tersebut selama bulan puasa. Kamu juga bisa minta saran bagaimana agar bisa menjalani puasa dengan baik dengan kondisi kamu tersebut.

Itulah cara menjaga kesehatan yang bisa kamu lakukan sebagai persiapan sebelum puasa. Selain itu, kamu juga perlu mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kamu. Nah, cek kebutuhan obat dan vitamin kamu lewat aplikasi Halodoc saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Arab News. Diakses pada 2022. Ready, set, fast: Prepare your body for Ramadan with these health tips.
Alarabiya News. Diakses pada 2022. Ready for Ramadan? 10 ways to prepare your body for fasting
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022.The Holy Month can be an opportunity to reset your routine.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan