6 Fakta Unik Khasiat Buah Parijoto

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 September 2021
6 Fakta Unik Khasiat Buah Parijoto6 Fakta Unik Khasiat Buah Parijoto

“Mungkin buah parijoto tidak terdengar familiar pada beberapa orang. Namun,  faktanya buah yang mirip dengan anggur ini sering digunakan sebagai pengobatan herbal. Buah yang tumbuh di Indonesia ini, biasanya digunakan untuk meningkatkan kesuburan wanita dalam program hamil yang dilakukan secara alami.”

Halodoc, Jakarta – Familiar dengan buah parijoto? Buah parijoto berukuran kecil dan berbentuk bulat, yang tumbuh secara berkelompok pada batang tebal dan berserat. Buah ini berwarna merah mudah dan keunguan saat matang,  serta memiliki kulit yang halus. Buah parijoto renyah dikunyah, lembut, dan sedikit terasa asam dan manis. 

Buah parijoto atau yang dikenal dengan nama ilmiah Medinilla speciosa dipercaya memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal. Hal ini berkat kandungan tanin, glikosida, saponin, dan flavonoid di dalamnya. Kandungan tersebut berkontribusi pada sifat antiinflamasi. Agar lebih mengenal buah parijoto serta manfaatnya, berikut fakta yang perlu diketahui:

Baca juga: Hipertensi Sekunder dan Hipertensi Primer, Apa Bedanya?

  1. Buah Parijoto Tumbuh di Indonesia

Mungkin kamu masih asing dengan buah parijoto. Buah yang menyerupai anggur ini bisa dikonsumsi. Menurut sejarah, buah parijoto tumbuh di daerah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Bahkan ia tumbuh liar di daerah dataran tinggi. 

Buah parijoto biasanya tumbuh subur pada ketinggian 800 sampai 2.300 mdpl dan di wilayah hutan hujan tropis. Kamu bisa mudah menemukannya di Gunung Andong dan Gunung Muria, Indonesia. Buah parijoto kemudian menyebar sampai Kalimantan dan Filipina, hingga dikenal sebagai anggur Asia.

  1. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Buah parijoto disebut berpotensi sebagai bahan produk kecantikan. Ekstrak buah parijoto terdiri dari flavonoid, sebagai sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak buah parijoto layak dijadikan bahan produksi hand and body lotion.

Buah ini juga secara alami bisa digunakan sebagai tabir surya. Sebuah penelitian juga menyebutkan buah parijoto berpotensi untuk dijadikan bahan baku pembuatan tabir surya. Manfaat ini berkat kandungan flavonoid, komponen yang mampu mencegah efek berbahaya akibat paparan sinar ultraviolet.

Baca juga: Ini 8 Makanan yang Membuat Hipertensi Kambuh

  1. Meningkatkan Kesuburan Wanita

Buah yang satu ini juga diduga dapat meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini berkat antioksidan alami, seperti tanin, flavonoid, dan saponin didalamnya. Kandungan tersebut bisa menangkal efek radikal bebas. Tentu sangat baik untuk meningkatkan nutrisi bagi wanita yang sedang program hamil. Namun,  mungkin masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hasilnya.

  1. Bisa Digunakan Sebagai Obat Sariawan

Cara menggunakan buah parijoto sebagai obat sariawan, yaitu cukup mengambil buah parijoto sebanyak 4 atau 6 gram yang sudah dicuci bersih. Lalu tumbuk hingga halus, dan larutkan dalam 100 mililiter air mineral. Kemudian gunakan untuk berkumur sebanyak 2 kali sehari, hingga sariawan hilang. 

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Banyak pengidap diabetes yang mencari pengobatan herbal. Saat ini sudah ada beberapa pilihan bahan alami untuk dijadikan obat diabetes alternatif. Salah satunya buah parijoto. Ternyata, kandungan flavonoid yang terkandung di dalamnya berpotensi menurunkan kadar gula darah. Namun, untuk memastikannya, masih diperlukan banyak penelitian, atau tanyakan pada dokter yang merawatmu. 

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

  1. Mempertahankan Berat Badan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan, ekstrak etanol dalam buah parijoto diketahui mampu menurunkan kadar trigliserida secara signifikan. Hal ini juga menyebabkan penurunan risiko kenaikan berat badan sebanyak hampir 35 persen. 

Nah, itulah beberapa fakta menarik yang perlu diketahui dari buah parijoto. Mengenai manfaatnya, mungkin masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Jika kamu tertarik untuk memanfaatkan buah parijoto untuk mengatasi masalah kesehatan, sebaiknya tanyakan terlebih dulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tanyakan juga manfaat potensial lainnya dari buah ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Specialty Produce. Diakses pada 2021. Parijoto Fruit
IOP Science. Diakses pada 2021. pplication of parijoto (medinilla speciosa l.,) extract as body lotion
Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas. Diakses pada 2021. FORMULASI KRIM TABIR SURYA EKSTRAK BUAH PARIJOTO
AIP Conference. Diakses pada 2021. Bioprospecting of parijoto fruit extract (Medinilla speciosa) as antioxidant and immunostimulant: Phagocytosis activity of macrophage cells

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan