• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Bidan

6 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Bidan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Bidan

“Memiliki rasa aman dan nyaman dengan seorang bidan adalah salah satu yang penting saat memilih bidan. Selain memiliki lisensi atau sertifikat khusus, seorang bidan juga harus komunikatif dan selalu menyediakan waktu untuk mendengar ibu hamil secara seksama. Bidan harus mudah dihubungi dan hadir sejak awal proses persalinan hingga kelahiran.”

Halodoc, Jakarta – Saat memutuskan untuk memilih bidan selama kehamilan hingga persalinan, penting untuk menemukan bidan yang membuat ibu hamil merasa nyaman dan percaya. Sama seperti praktisi kesehatan lainnya, ibu tentu ingin memastikan bahwa bidan yang dipilih cocok secara filosofis. 

Untuk bisa memilih yang tepat, mungkin perlu beberapa perhatikan dan penggalian dengan mengajukan pertanyaan dan mengunjungi bidan di tempat ia praktik. Bidan yang terpilih nantinya akan menjadi seharusnya menjadi pasangan yang cocok.

Baca juga: Ini Barang yang Wajib Dibawa ke Rumah Sakit saat Ibu Melahirkan

Perhatikan Hal ini saat Memilih Bidan

Ada baiknya ibu memerhatikan beberapa hal ini saat memilih bidan untuk membantu selama masa kehamilan hingga persalinan, yaitu: 

1. Apakah Bidan Membuat Ibu Nyaman?

Bagaimana perasaan ibu dengan bidan di masa-masa rentan kehamilan, kelahiran, dan pasca persalinan sangat penting. Ketika ibu percaya dan merasa nyaman dengan bidan yang mendukung ibu, akan lebih mudah untuk terbuka dengan pertanyaan, kekhawatiran, dan emosi. Ketika ibu merasa dihakimi atau seperti tidak bisa menjadi diri sendiri, kemungkinan ibu tidak akan merasa nyaman untuk bertanya atau mencari bantuan saat dibutuhkan. 

Hal pertama yang perlu diperhatikan, ketahui diri ibu sendiri. Apakah selalu bisa menanyakan semua pertanyaan pada bidan atau justru menahan diri? Apakah tubuh terasa rileks saat bersama bidan? Bisakah ibu bayangkan untuk berbagai perasaan termasuk emosi yang menantang pada bidan?

2. Bagaimana Rekam Jejaknya?

Ibu dan ayah perlu mencari tahu seperti apa rekam jejak bidan dalam mendampingi selama proses kehamilan dan kelahiran. Rekam jejak bisa didapatkan melalui ulasan di internet dan rekomendasi kerabat yang pernah ditangani oleh bidan tersebut. Cari tahu juga sertifikat atau lisensi yang dimiliki oleh bidan tersebut. 

Baca juga: Hal yang Perlu Ibu Tahu Tentang Kelahiran Sungsang

3. Apakah Bidan Hadir dan Mendampingi Proses Persalinan?

Pastikan bidan mendampingi sejak awal proses persalinan. Jangan sampai ia hanya datang dan mendampingi saat pembukaan sudah lengkap saja. Pilih juga bidan yang mudah dihubungi apabila sewaktu-waktu ibu mengalami kondisi gawat darurat. Pastikan bidan bisa dengan sigap menolong dan memberikan penanganan yang tepat. 

4. Bagaimana Pandangan Bidan Terhadap Proses Persalinan dan Kelahiran?

Amati jawabannya, dari situ ibu bisa menganalisis dan menilai seperti apa sikap bidan saat mendampingi proses persalinan:

  • Bolehkah ibu berjalan/ bergerak/ mobilisasi selama persalinan?
  • Apa saja posisi persalinan yang bisa ibu lakukan?
  • Bolehkah ibu makan dan minum selama persalinan?
  • Bagaimana cara dia memantau kesejahteraan janin?
  • Seberapa sering ia akan memonitor janin?
  • Bisakah ibu melahirkan di air?
  • Apakah harus diinfus saat melahirkan?

5. Kondisi Ibu yang Bagaimana yang akan Ia Rujuk untuk Mendapatkan Pelayanan yang Lebih Maksimal?

Apakah bidan akan memberikan perawatan prenatal yang lengkap?Apakah 

bidan akan terus mendampingi sepanjang persalinan dan kelahiran?

6. Memiliki Fasilitas dan Peralatan Medis yang Memadai

Selain biaya dan kinerja seorang bidan, fasilitas juga harus diperhatikan sejak awal. Tanyakan apakah ia memiliki ruang perawatan persalinan atau memiliki peralatan medis yang memadai. Tidak ada salahnya untuk melihat-lihat ruang perawatan dan peralatan medis yang ia gunakan. 

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Melahirkan di Usia 38 Minggu

Saat ini banyak klinik bidan yang sudah dilengkapi oleh pemeriksaan cardiotocography (CTG). Pemeriksaan ini berfungsi memeriksa kondisi kesejahteraan janin menjelang persalinan.

Apabila janin sampai mengalami bahaya, pemeriksaan CTG akan mendeteksinya dengan cepat sehingga bidan bisa membuat keputusan rujukan lebih cepat pula. Bayi dalam bahaya bisa lebih mungkin diselamatkan. Jadi, jangan lupa untuk menanyakan hal ini. 

Jika ibu masih ragu harus memilih bidan atau dokter kandungan, ibu bisa berdiskusi lebih dulu dengan dokter kandungan melalui aplikasi Halodoc untuk menambah bahan pertimbangan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:

Sehati Ibu. Diakses pada 2021. Apa Saja yang Perlu Bunda Perhatikan saat Memilih Bidan?

Bidan Kita. Diakses pada 2021. Check List untuk memilih Bidan/Dokter Terbaik

Healthy Women. Diakses pada 2021. Choosing a Midwife: What You Need to Know

Today’s Parent. Diakses pada 2021. 9 questions to ask before choosing a midwife