• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Dapat Membantu Menyembuhkan Sariawan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Dapat Membantu Menyembuhkan Sariawan

6 Makanan yang Dapat Membantu Menyembuhkan Sariawan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 September 2021
6 Makanan yang Dapat Membantu Menyembuhkan Sariawan6 Makanan yang Dapat Membantu Menyembuhkan Sariawan

“Sariawan adalah gangguan kesehatan yang rentan untuk dialami siapa saja. Faktor pemicunya pun beragam, salah satunya adalah kekebalan tubuh yang sedang menurun. Namun, penting untuk diketahui bahwa mengatasi sariawan juga dapat dilakukan melalui konsumsi makanan tertentu. Mulai dari yoghurt, hingga makanan yang kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk.”

Halodoc, Jakarta – Sariawan atau canker sores adalah gangguan kesehatan yang dapat muncul kapan saja.  Ada beberapa faktor yang memicu timbulnya sariawan seperti menurunnya kekebalan tubuh, hingga kurangnya asupan vitamin B dan zat besi. Namun, bila kamu mengalami sariawan, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi selain menggunakan obat-obatan untuk mengatasinya. 

Beberapa makanan tertentu dapat membantu mempercepat penyembuhan sariawan, dan mengurangi risiko luka sariawan menjadi lebih buruk. Lantas, apa saja makanan tersebut? Simak ulasannya di sini!

Baca juga: Cara Mencegah Sariawan yang Sering Kambuh

Makanan yang Dapat Membantu Mengatasi Sariawan

Sariawan adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya luka di area mulut dan dapat memicu ketidaknyamanan akibat rasa nyeri yang ditimbulkan. Luka yang muncul tersebut sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, luka sariawan dapat mengganggu pengidapnya karena dapat menimbulkan kesulitan mengunyah, menelan makanan dan membuka mulut.

Oleh sebab itu, ada baiknya sariawan diatasi sedini mungkin agar lukanya tidak semakin parah. Nah, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu mengatasi sariawan, antara lain:

  1. Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Menurunnya sistem kekebalan tubuh dapat menjadi penyebab sariawan. Maka dari itu, makanan yang kaya akan kandungan vitamin C tinggi seperti buah jeruk, buah delima, dan berbagai sayuran hijau cocok untuk mengatasi sariawan. Sebab, vitamin C dapat meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh dan melawan sariawan yang membandel.  

  1. Yoghurt

Yogurt probiotik mengandung bakteri baik yang dapat mempercepat pemulihan luka sariawan. Di samping itu, yoghurt juga dapat membantu mulut mengembalikan keseimbangan antara bakteri baik dan jahat dalam mulut. Yoghurt juga merupakan makanan yang lembut, sehingga cocok untuk dikonsumsi pengidap sariawan yang sulit menelan makanan. Selain kaya akan probiotik, yoghurt juga tinggi akan nutrisi lain yang baik bagi tubuh, seperti protein, vitamin B, dan kalsium.

  1. Madu

Madu adalah salah satu obat sariawan alami dan dinilai cukup efektif untuk mengatasi sariawan. Sebab, madu memiliki sifat antibakteri dan juga antiradang. Keduanya dapat mempercepat pemulihan sariawan dan mengurangi rasa perih akibat luka yang ditimbulkan. Kamu dapat meminum atau mengoleskan madu pada luka sariawan yang muncul di sekitar area mulut.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh, Sariawan Bisa Menandai 6 Penyakit Ini

  1. Makanan yang Kaya Akan Vitamin B

Sariawan dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B pada tubuh. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B bila kamu mengalami sariawan. Misalnya seperti telur, ikan, susu kedelai, daging, dan tiram agar sariawan cepat pulih.

  1. Makanan Tinggi Zat Besi

Penting diketahui bahwa kurangnya asupan zat besi pada tubuh juga dapat menjadi penyebab timbulnya sariawan. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan kaya zat besi. Misalnya seperti daging sapi, tiram, hati ayam, kalkun, wijen, labu, kentang, dan brokoli. Selain untuk meredakan sariawan, makanan yang kaya zat besi juga dapat menguatkan tulang dan otot pada tubuh.

  1. Air Kelapa

Meski bukan termasuk sebagai makanan, tapi siapa sangka bahwa air kelapa dapat dikonsumsi untuk mengatasi sariawan. Sebab, dalam air kelapa terkandung antioksidan yang baik untuk tubuh dalam melawan penyakit. Selain itu, air kelapa juga mengandung nutrisi seperti magnesium, potassium hingga vitamin C.  

Baca juga: Sariawan Mengganggu, Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Selain makanan di atas, memenuhi asupan nutrisi penting seperti vitamin C, B, zat besi, serta asam folat penting dilakukan. Hal ini bertujuan agar risiko terjadinya sariawan dapat dikurangi. Kamu juga dapat memenuhi asupan nutrisi tersebut melalui konsumsi vitamin dan suplemen. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membeli vitamin atau suplemen yang penting untuk kesehatan tubuh. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama di Apotek, Jadi tunggu apa lagi? Yuk segera download aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 16 Ways to Get Rid of Canker Sores
Healthline. Diakses pada 2021. Canker Sore: Treatments, Causes, and Symptoms
Media Merdeka. Diakses pada 2021. 5 Makanan pereda sariawan