6 Tips agar Selalu Senang saat Menstruasi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Maret 2021
6 Tips agar Selalu Senang saat Menstruasi6 Tips agar Selalu Senang saat Menstruasi

Halodoc, Jakarta - Bagi sebagian wanita, menstruasi mungkin menjadi hal yang paling tidak menyenangkan. Pasalnya, ketika tamu bulanan ini datang, kamu harus berhadapan dengan kram perut, sakit kepala, nyeri punggung, hingga suasana hati yang terasa tidak menentu dan lebih sensitif. Bahkan, beberapa wanita mengatakan bahwa gejala yang tidak menyenangkan ini berdampak pada aktivitas dan produktivitas. 

Namun, sebenarnya menstruasi bisa kok menjadi hal yang tetap menyenangkan tanpa harus mengganggu aktivitas atau produktivitas kamu. Coba kamu lakukan tips berikut ini agar tetap selalu senang saat menstruasi: 

1. Tetap Berpikir Positif

Menstruasi dan berpikir positif terasa tidak berhubungan, ya? Padahal, menstruasi menandakan bahwa sistem reproduksi kamu sehat. Justru, ketika menstruasi tidak lancar atau bahkan tidak menstruasi, tandanya ada masalah dengan kesehatan tubuhmu.

Mengalami menstruasi juga berarti kemungkinan besar tubuh sedang berovulasi, yang berarti kamu memiliki kesempatan untuk mencoba dan hamil jika memang menginginkannya. Menstruasi menjadi indikator nomor satu untuk memberi tahu apakah kamu sedang hamil atau tidak.

Baca juga: Inilah 4 Fase yang Terjadi saat Menstruasi

2 Berolahraga

Berolahraga terlalu intens memang dapat membebani otot. Pun, tubuh lebih rentan mengalami cedera selama menstruasi. Meski begitu, berolahraga dengan intensitas rendah hingga sedang dapat memberikan suntikan energi pada tubuh. Olahraga, meskipun kedengarannya buruk selama menstruasi, tetapi sangat penting untuk membantu aliran darah, hormon, energi, dan mencegah perut kembung.

3. Beraktivitas di Luar Rumah

Tak ada salahnya pergi berjalan-jalan keluar rumah, meski gejala menstruasi sedang cukup mengganggu. Berjalan-jalan di luar dapat memberi energi baru. Mengunjungi tempat wisata alam bisa menjadi pilihan tepat karena memberikan kesempatan bagi paru-paru untuk mendapatkan pasokan oksigen yang menyehatkan.

Tidak hanya itu, sirkulasi dari berjalan kaki dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan mental di otak. Nantinya, hal ini dapat membuat kamu lebih siap untuk aktif dan produktif kembali pada pekerjaan.

Baca juga: Ini 3 Bagian Tubuh yang Nyeri Akibat Datang Bulan

4. Sempatkan Tidur Siang

Tidur siang sebentar, kira-kira sekitar 10 hingga 20 menit, di tengah hari (pastikan tidak setelah jam 4 sore akan membuat tubuh lebih segar. Selain itu, tidur siang juga dapat membuat kamu menjadi lebih kreatif, dan hal ini tentu sangat bagus untuk tugas kerja yang melelahkan yang membutuhkan ide baru.

5. Minum Air Putih Lebih Banyak

Tetap terhidrasi akan membantu tubuh tetap berenergi dan memiliki suasana hati yang stabil dan seimbang sepanjang hari. Jika tubuh mengalami dehidrasi, hal itu mungkin membuat kamu merasa lebih lesu dan kurang bisa berkonsentrasi. Bawalah sebotol air setiap saat agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

6. Konsumsi Makanan Kaya Magnesium

Magnesium dapat membantu mengendurkan otot dan memberikan energi yang berkelanjutan, yang keduanya dapat berguna selama kamu menstruasi. Cara itu bisa mengurangi rasa lelah dan membuat kamu merasa lebih seimbang dan bahagia secara emosional, dua hal yang pasti dibutuhkan selama ini. Nikmati pisang sebagai camilan, atau konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, misalnya quinoa, beras merah, atau oat, alpukat, dan sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung.

Baca juga: Wanita, Wajib Tahu Cara Menghilangkan Nyeri Menstruasi

Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen dan vitamin jika memang diperlukan. Oleh karena itu, selalu tanyakan terlebih dahulu pada dokter sehingga kamu mendapatkan solusi kesehatan yang tepat. Kamu bisa tanya jawab dengan dokter kapan saja dan membeli vitamin atau obat cukup dari aplikasi Halodoc. Jadi, pastikan kamu sudah download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya!

Referensi: 
Bustle. Diakses pada 2021. How To Feel More Energized During Your Period.
Healthline. Diakses pada 2021. How I Hacked My Way to Pain-Free Periods: 4 Essential Tips.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan