7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Efektif dan Aman

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Oktober 2023

“Bruntusan atau jerawat kecil pada wajah bisa membuat penampilan menjadi kurang maksimal dan percaya diri menurun. Jangan cemas, ada beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu coba sehingga kulit wajah menjadi lebih bersih dan sehat.”

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Efektif dan Aman7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Efektif dan Aman

Halodoc, Jakarta – Bruntusan atau jerawat kecil adalah munculnya bintik merah kecil yang menonjol pada kulit, sehingga membuat permukaan kulit menjadi kasar dan tidak rata. Benjolan ini bisa muncul pada bagian tubuh mana saja, termasuk wajah. Supaya tidak mengganggu, kamu tentunya perlu mengetahui bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah. 

Faktanya, bruntusan menjadi gangguan kulit yang sangat umum selain jerawat. Sebenarnya, kondisi ini tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, kemunculan jerawat kecil pada wajah ini tentu saja dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Inilah sebabnya, tak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bruntusan di wajah, mulai dari cara alami hingga medis.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah yang Efektif

Bruntusan paling sering terlihat pada kulit bagian lengan atas, paha, punggung, dan wajah. Khusus pada wajah, bintik kecil kemerahan ini kerap muncul pada area T-zone, yaitu dagu, dahi, dan hidung. 

Ada banyak sekali penyebab seseorang mengalami bruntusan. Mulai dari alergi, kegemukan, stres, mudah berkeringat, berat badan berlebih, sampai efek samping dari obat tertentu. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena masalah hormonal. Tak heran jika anak dan remaja paling rentan mengalami masalah ini. 

Supaya tidak semakin mengganggu, berikut ini beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang efektif yang bisa kamu coba lakukan di rumah:

1. Tidak lupa membersihkan wajah

Pertama, kamu tidak boleh lupa membersihkan wajah. Saat beraktivitas di luar rumah, kulit wajah akan rentan terkena paparan debu, polisi, dan kotoran yang bisa mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat. Alhasil, bruntusan dan jerawat akan lebih rentan muncul. 

Guna mencegahnya, kamu bisa melakukan double cleansing. Ini adalah metode membersihkan wajah dengan dua tahap, yaitu membersihkan muka dengan produk pembersih yang memiliki bahan dasar minyak. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan produk pembersih yang berbahan dasar air. 

Oleh karena melakukannya sampai dua kali, double cleansing dipercaya sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah yang efektif. Cara ini dapat mengangkat debu, kotoran, sel kulit mati, serta membuat wajah menjadi lebih bersih dan segar secara menyeluruh.

2. Rutin melakukan eksfoliasi 

Selanjutnya, kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah dengan menggunakan produk scrub lembut yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati lebih optimal. Selain itu, langkah perawatan wajah satu ini juga efektif untuk membuat pori-pori wajah mengecil.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi wajah sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu secara rutin. Akan tetapi, pastikan kulit wajah tidak sedang memiliki jerawat aktif. Bukan tanpa alasan, melakukan eksfoliasi pada wajah dengan kondisi jerawat yang meradang justru meningkatkan risiko terjadinya iritasi pada kulit.

3. Gunakan produk dengan kandungan retinoid

Cara menghilangkan bruntusan di wajah selanjutnya adalah menggunakan produk perawatan wajah atau kecantikan yang mengandung retinoid. Kandungan ini adalah senyawa aktif yang dapat merangsang pembentukan kolagen sekaligus regenerasi sel pada kulit wajah. 

Caranya, cukup oleskan produk retinoid setiap malam pada wajah yang mengalami bruntusan atau jerawat. Namun, tak ada salahnya untuk berdiskusi dengan dokter sehingga hasilnya lebih optimal. Selain itu, hindari memakai produk retinoid dan benzoil peroksida dalam waktu yang bersamaan karena bisa memicu efek samping.

4. Memakai masker lidah buaya

Bruntusan pada wajah juga bisa kamu atasi dengan memakai gel lidah buaya. Tanaman satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Ini berkat kandungan vitamin E dan sifat antibakteri yang dapat mencegah berbagai masalah kulit, termasuk bruntusan dan menjaga kulit tetap sehat. 

Selain mengatasi bruntusan dan jerawat, kamu bisa membaca artikel Tak Hanya Mencerahkan, Ini 10 Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

5. Cara menghilangkan bruntusan di wajah dengan masker madu

Tak kalah efektif, kamu juga bisa mencoba menggunakan masker madu sebagai cara menghilangkan jerawat kecil di wajah. Bahan alami satu ini mengandung berbagai senyawa yang kaya akan antioksidan dan mempunyai sifat antibakteri. Keduanya sangat baik untuk mengatasi peradangan pada jerawat dan mencegah munculnya bruntusan. 

Cara memakainya juga tidak sulit. Cukup oleskan madu murni pada wajah. Lalu, biarkan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit dan bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Kamu bisa menggunakan masker madu secara rutin setiap hari untuk hasil yang optimal. 

6. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Minum air putih menjadi cara menghilangkan bruntusan di wajah yang paling mudah. Asupan air yang cukup pada tubuh dapat membantu menjaga kulit tetap lembap dari dalam. Kamu setidaknya perlu mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter setiap hari. 

Kebutuhan tersebut bisa lebih dari itu sesuai dengan kondisi tubuh setiap orang. Kaitan antara bruntusan dan jerawat dengan minum air putih bisa kamu baca dari artikel Benarkah Minum Air Putih Mampu Mengatasi Jerawat?

Selain itu, jangan lupa untuk tetap membiasakan pola hidup sehat, rutin berolahraga, menghindari stres, dan cukup tidur untuk membantu menghilangkan bruntusan. 

7. Cara menghilangkan bruntusan dengan terapi laser

Tak sedikit orang melakukan terapi laser untuk menghilangkan bruntusan pada wajah. Dokter ahli kecantikan akan melakukan terapi ini dengan tujuan untuk meningkatkan pembentukan kolagen. Dengan begitu, masalah kulit seperti bekas jerawat, bruntusan, jerawat meradang, dan kerutan dapat berkurang.

Mau tahu cara menghilangkan bruntusan dengan bahan alami? Baca di artikel ini: “Ini 11 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami“.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bruntusan di wajah yang aman dan efektif. Apabila bruntusan tidak membaik, jangan ragu untuk bertanya pada dokter spesialis kulit, sehingga kamu bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu dapat mengecek rekomendasi dokter terbaik dari aplikasi Halodoc.

Referensi:
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2023. How to treat keratosis pilaris at home.
Healthline. Diakses pada 2023. Keratosis Pilaris (Chicken Skin).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan