Benarkah Minum Air Putih Mampu Mengatasi Jerawat?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Maret 2022

“Kulit berjerawat bisa mengganggu penampilan dan membuat banyak cara dilakukan untuk mengatasinya. Minum air putih yang banyak bukan cara yang bisa langsung berdampak pada kondisi ini. Namun, ada banyak manfaat air putih bagi kesehatan tubuh.”

Benarkah Minum Air Putih Mampu Mengatasi Jerawat?Benarkah Minum Air Putih Mampu Mengatasi Jerawat?

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mendapatkan saran untuk banyak minum air putih saat kulit tengah berjerawat? Katanya, banyak minum air putih mampu mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya. Benarkah demikian? 

Jerawat adalah masalah kulit yang bisa muncul akibat adanya peradangan yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit. Kondisi ini juga bisa muncul karena infeksi bakteri. Faktanya, minum air putih yang banyak tidak serta-merta menghilangkan jerawat di permukaan kulit. Dibutuhkan waktu yang cukup lama dan penggunaan obat-obatan untuk mengatasinya. Jadi, benarkah minum air putih mampu mengatasi jerawat? Jawabannya tidak! 

Namun, Ada Banyak Manfaat Minum Air Putih 

Manfaat air putih memang tidak secara langsung bisa menghilangkan jerawat. Namun, asupan air yang cukup nyatanya menjadi salah satu faktor untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk mencegah munculnya jerawat kembali. Nyatanya, kesehatan kulit dipengaruhi oleh kondisi tubuh secara keseluruhan. Pola makan sehat dan banyak minum air putih merupakan penunjang kesehatan terbaik. 

Tubuh manusia terdiri dari banyak air, hampir 75 persen. Maka dari itu, asupan cairan yang cukup sangat dibutuhkan tubuh, dan organ-organnya, untuk dapat berfungsi dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk organ kulit. Kurang minum air putih bisa menyebabkan kulit kering. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, hal ini bisa memicu sekresi minyak berlebih dan berujung pada munculnya jerawat. 

Selain itu, ada sederet manfaat air putih bagi kesehatan kulit yang sayang untuk dilewatkan. Minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap hari bisa memberi manfaat sebagai berikut: 

  1. Kulit Terhidrasi 

Masalah kulit kering bisa dihindari jika tubuh cukup terhidrasi, salah satu caranya dengan mengonsumsi cukup air putih setiap hari. Manfaat air putih untuk kelembaban kulit akan lebih maksimal jika dibarengi dengan penggunaan produk perawatan kulit, terutama pelembap. Jadi, konsumsi air putih yang dikombinasikan dengan produk kecantikan yang tepat bisa menurunkan risiko kulit kering penyebab jerawat. 

  1. Detoksifikasi Alami 

Salah satu faktor risiko jerawat adalah organ kulit tidak bisa mengeluarkan racun dari tubuh, sehingga terjadi penumpukan yang memicu peradangan. Maka dari itu, disarankan untuk banyak minum air putih setiap hari. Air akan dikeluarkan dari kulit sebagai keringat yang membawa racun serta logam berat dari tubuh. Proses pengeluaran racun yang lancar merupakan salah satu cara mencegah jerawat. 

  1. Mengontrol Produksi Minyak 

Ternyata, ada kaitan antara jerawat dengan kadar gula darah dan insulin. Saat kadar insulin di dalam tubuh terlalu tinggi, risiko peningkatan sekresi minyak terjadi. Hal ini bisa memperparah jerawat dan memicu peradangan semakin banyak. Nah, minum air putih disebut sebagai salah satu cara untuk mengatur kadar gula darah dan insulin. Saat kadar insulin terkontrol, produksi minyak juga bisa terkendali dan menurunkan risiko munculnya jerawat. 

Bermanfaat untuk Kekebalan Tubuh 

Selain baik untuk kulit, nyatanya banyak minum air putih juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Orang yang cukup banyak minum air putih disebut memiliki fungsi kekebalan tubuh alias imunitas yang cukup kuat. Hal ini bisa membantu melindungi tubuh dari serangan virus maupun bakteri penyebab penyakit. 

Risiko infeksi bakteri penyebab jerawat, yaitu Cutibacterium acnes (C. acnes) juga akan menjadi lebih kecil. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini. Kendati begitu, tidak ada salahnya untuk memenuhi jumlah asupan air putih agar kesehatan tubuh selalu terjaga. 

Jika memiliki jerawat yang tidak kunjung membaik, coba bicarakan dengan dokter kulit. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc sebagai pertolongan pertama. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat untuk menyampaikan masalah kesehatan kulit. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Acne. 
Healthline. Diakses pada 2022. Does Drinking Water Help with Acne?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan